Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019)

Contoh Soal Materi Teks Diskusi (Kelas IX)

DMCA.com Protection Status
Loading...
1. Simak kutipan teks berikut!
Hari valentine atau Valentine Day agaknya tidak asing lagi di kalangan remaja. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang menunggu-nunggu kedatangannya. Bagi mereka, Valentine Day adalah momentum mencurahkan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Jutaan orang bertukar kartu cinta, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentine yang diyakini jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Adanya publikasi di media terutama televisi yang mengumbar peringatan Valentine membuat hari itu menjadi seakan spesial. Namun, di negara kita, peringatan Valentine mengundang kontroversi.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a. Isu
b. Argumen Pro
c. Argumen Kontra
d. Simpulan/Saran

2. Simak kutipan teks berikut!
Banyak yang mendukung keputusan pemerintah itu, namun banyak juga yang menentang. Mereka yang mendukung beralasan penerbangan murah itu yang membuat masyarakat Indonesia lebih cenderung bertamasya ke negara tetangga. Padahal banyak obyek wisata indah di Indonesia, hanya memang masih kurang dipromosikan oleh pemerintah.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a. Isu
b. Argumen Pro
c. Argumen Kontra
d. Simpulan/Saran

3. Simak kutipan teks berikut!
Facebook adalah pintu gerbang dunia maya. Segala sesuatu, baik hal-hal yang baik maupun yang buruk dapat terhubung ke akun Facebook anak. Sering kali bukan teman anak yang memberi pengaruh buruk, melainkan teman-teman dari temannya.
Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.
Studi yang disebutkan oleh Rosen menyatakan bahwa murid sekolah dan kuliahan yang membuka Facebook setidaknya 15 menit ketika sedang belajar, cenderung mendapatkan nilai yang rendah.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a. Isu
b. Argumen Pro
c. Argumen Kontra
d. Simpulan/Saran

4. Perhatikan kutipan teks diskusi berikut!
(5) Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya Facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu.
(3) Kenyataannya, Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat orangtua hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.
(8) Positifnya, mengelola halaman Facebook mengajarkan anak dapat menguasai keterampilan media sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah.
(4) Yang tak kalah pentingnya, sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas pekerjaan sekolah.
(6) Negatifnya, jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar.
(1) Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain.
(7) Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.
(2) Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun.

Susunan teks diskusi yang sesuai dengan struktur teks adalah ....
a. (5) - (2) - (8) - (1) - (6) - (4) - (7) - (3)
b. (7) - (2) - (8) - (4) - (6) - (1) - (7) - (3)
c. (7) - (6) - (8) - (4) - (2) - (1) - (7) - (3)
d. (5) - (3) - (8) - (4) - (6) - (1) - (7) - (2)
Loading...

Terima kasih sudah membaca Contoh Soal Materi Teks Diskusi (Kelas IX)
Bagikan:
Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Contoh Soal Materi Teks Diskusi (Kelas IX)"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Loading...