Widget HTML Atas

Contoh Soal Materi Teks Diskusi (Kelas IX)

A. SOAL PILIHAN GANDA (OBYEKTIF)

1. Simak kutipan teks berikut!
Hari valentine atau Valentine Day agaknya tidak asing lagi di kalangan remaja. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang menunggu-nunggu kedatangannya. Bagi mereka, Valentine Day adalah momentum mencurahkan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Jutaan orang bertukar kartu cinta, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentine yang diyakini jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Adanya publikasi di media terutama televisi yang mengumbar peringatan Valentine membuat hari itu menjadi seakan spesial. Namun, di negara kita, peringatan Valentine mengundang kontroversi.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a. Isu
b. Argumen Pro
c. Argumen Kontra
d. Simpulan/Saran

2. Simak kutipan teks berikut!
Banyak yang mendukung keputusan pemerintah itu, namun banyak juga yang menentang. Mereka yang mendukung beralasan penerbangan murah itu yang membuat masyarakat Indonesia lebih cenderung bertamasya ke negara tetangga. Padahal banyak obyek wisata indah di Indonesia, hanya memang masih kurang dipromosikan oleh pemerintah.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a. Isu
b. Argumen Pro
c. Argumen Kontra
d. Simpulan/Saran

3. Simak kutipan teks berikut!
Facebook adalah pintu gerbang dunia maya. Segala sesuatu, baik hal-hal yang baik maupun yang buruk dapat terhubung ke akun Facebook anak. Sering kali bukan teman anak yang memberi pengaruh buruk, melainkan teman-teman dari temannya.
Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.
Studi yang disebutkan oleh Rosen menyatakan bahwa murid sekolah dan kuliahan yang membuka Facebook setidaknya 15 menit ketika sedang belajar, cenderung mendapatkan nilai yang rendah.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a. Isu
b. Argumen Pro
c. Argumen Kontra
d. Simpulan/Saran

4. Perhatikan kutipan teks diskusi berikut!
(1) Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain.
(2) Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun.
(3) Kenyataannya, Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat orangtua hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.
(4) Yang tak kalah pentingnya, sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas pekerjaan sekolah.
(5) Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya Facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu.
(6) Negatifnya, jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar.
(7) Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.
(8) Positifnya, mengelola halaman Facebook mengajarkan anak dapat menguasai keterampilan media sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah.

Susunan teks diskusi yang sesuai dengan struktur teks adalah ....
a. (5) - (2) - (8) - (1) - (6) - (4) - (7) - (3)
b. (7) - (3) - (8) - (4) - (6) - (1) - (5) - (2)
c. (7) - (6) - (8) - (4) - (2) - (1) - (5) - (3)
d. (5) - (3) - (8) - (4) - (6) - (1) - (7) - (2)

5. Bacalah teks berikut!
Remaja saat ini tumbuh di zaman internet. Tetapi apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi walaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi, nomor telepon, alamt, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak diekspos. Siapa saja langsung dapat berkenalan meskipun tanpa mengetahui latar belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada pengawasan yang ketat di kehidupan remaja tersebut.
Inti paragraf teks diskusi tersebut adalah....
a. remaja tumbuh di zaman internet
b. dampak ketika mereka dewasa
c. jejaring sosial
d. orang dapat berkomunikasi walau jauh jaraknya

Kutipan teks berikut untuk soal no. 6 dan 9!
Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi remaja. Namun, lingkungan sosialnya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain. Semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.

6. Kutipan teks diskusi tersebut termasuk bagian ....
a. argumen mendukung
b. pendahuluan
c. simpulan
d. argumen menentang

7. Konjungsi yang terdapat dalam teks tersebut adalah ....
a. dan, namun, tetapi
b. bahwa, sangat, jadi
c. dan, untuk, bahwa
d. namun, baik, tetapi

8. Kata hubung yang terdapat dalam teks tersebut menunjukkan makna ....
a. penambahan dan urutan waktu
b. penambahan dan pertentangan
c. urutan waktu dan pertentangan
d. syarat dan penambahan

9. Kata baik dan buruk pada teks tersebut adalah kata yang memiliki hubungan ....
a. akronim
b. sinonim
c. hiponim
d. antonim

10. Simak kutipan teks berikut!
Selain dapat membantu mempercepat transportasi, perkembangan teknologi juga mampu menghubungkan manusia sekalipun dalam jarak yang cukup jauh. Teknologi komunikasi tersebut adalah smartphone, perangkat ini memungkinkan kita berkomunikasi jarak jauh baik secara audio maupun visual.
Pokok pikiran pada kutipan paragraf tersebut adalah ....
a. teknologi menghubungkan manusia sekalipun jauh jaraknya
b. perkembangan teknologi smartphone
c. berkomunikasi jarak jauh
d. berkomunikasi secara audio maupun visual

KUNCI JAWABAN

B. SOAL URAIAN (ESSAY)

Simaklah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
(1) Pertama, ponsel dapat merusak fokus pengendara. Kedua, pengendara tidak dapat memerhatiknn jalan karena mereka akan memerhatikan ponselnya dan tidak akan memerhatikan jalan yang dapat membahayakan dirinya. Ketiga, penggunaan ponsel saat berkendara akan membahayaknn nyawa orang lain.
(2) Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pro dan kontra mengenai penggunaan ponsel bagi pengendnra. Sebaiknya, para pengendara tidak menggunaknn ponsel saat berkendara. Jika mendapat telepon penting, para pengendara dapat memberhentikan kendaraan untuk sementara atau dapat menggunakan headset.

1. Berdasarkan struktur teks diskusi, paragraf nomor (1) tersebut terdapat pada bagian apa? Jelaskan!
2. Berdasarkan struktur teks diskusi, paragraf nomor (2) tersebut terdapat pada bagian apa? Jelaskan!

Simaklah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 - 5!
Seperti yang kita ketahui, sekarang merupakan era perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut juga memengaruhi perkembangan teknologi di berbagai bidang, seperti medis, transportasi, komunikasi, dan sebagainya. Namun jika dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi di bidang komunikasi akan memegang peran paling besar. Contohnya, penggunaan smartphone, saat ini telah berubah sangat modern, yakni praktis untuk digunakan dan memiliki berbagai macam fitur canggih dan menarik. Tidak heran, jika di era sekarang ini, remaja banyak yang menyukai smartphone. Umumnya smartphone digunakan para remaja untuk keperluan komunikasi, hiburan dan sebagainya. Namun seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan zaman dan teknologi yang terjadi sekarang telah memberikan dampak yang besar bagi para remaja.

Sebagian berpendapat bahwa smartphone memberi dampak positif bagi remaja. Dampak positifnya adalah mereka dapat mengeksplorasi teknologi lebih luas dari sebelumnya, memudahkan segala aktivitas mereka mulai dari berkomunikasi, baik visual maupun audio, mengekspresikan diri, dan membantu dalam mencari materi atau tugas di internet.

Di samping dampak positif, sebagian orang juga berpendapat tentunya perkembangan smartphone ini juga memiliki dampak negatif pada remaja. Salah satunya adalah penggunaan smartphone dapat membuat remaja kecanduan dan memiliki rasa ketergantungan seperti tidak bisa hidup tanpa perangkat ini. Tidak hanya itu saja, penggunaan smartphone yang berlebihan juga menyebabkan remaja jadi malas belajar dan akhirnya menurunkan prestasi mereka.

Sebagai seorang remaja, kita harus mampu menggunakan perangkat smartphone kita dengan benar dan pada porsinya. Jika penggunaan smartphone dialokasikan dengan benar, maka akan memberi dampak positif bagi kita

3. Apa simpulan dari teks tersebut?
4. Tuliskan 1 kalimat yg menggunakan konjungsi sebagai penanda hubungan syarat!
5. Tuliskan kata yg digunakan untuk menandai kohesi-koherensi antara argumentasi pro dengan argumentasi kontra!

KUNCI JAWABAN ESSAY (Klik)

2 komentar untuk "Contoh Soal Materi Teks Diskusi (Kelas IX)"

  1. Terima kasih berbagi ilmunya insyaallah banyak manfaatnya. Teruslah berkarya membantu untuk membantu anak- anak SMP kelas IX untuk memahami materi pelajaran bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  2. Contoh soalnya bagus sekali, sesuai dengan materi pembelajaran dan topik yang sangat relevan dengan kondisi masyarakat saat ini. Terima kasih telah berbagi ilmu dan karya. sangat bermanfaat bagi siswa dan guru yang aktif belajar. Semoga jadi ilmu dan rezeki yang berlipat ganda berkahnya bagi anda dan keluarga.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.






Perhatian, untuk contoh soal, kunci jawaban berupa link sesudah soal terakhir

Berlangganan via Email