Widget HTML Atas

Pengertian dan Perbedaan Visi, Misi, dan Tujuan

Pengertian dan Perbedaan Visi, Misi, dan Tujuan-- Visi dan misi merupakan sebuah paket komplit mengenai perealisasian suatu tujuan, harapan dan cita-cita suatu lembaga dan kelompok di masyarakat. Visi dan misi merupakan dua hal yang berbeda. Berikut uraian pengertian arti kata visi dan misi yang disaring dari beberapa pendapat ahli.

a. Pengertian Visi
Pengertian Visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah organisasi, perusahaan atau instansi. Visi merupakan tujuan masa depan sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan. Visi juga adalah pikiran-pikiran yang ada di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran tersebut adalah gambaran tentang masa depan yang ingin dicapai.

Selain itu, visi juga adalah Pandangan mengenai arah sebuah manajemen. Mau dibawa ke arah mana manajemen tersebut? Agar bisa membangun kesuksesan, maka perlu ada arah jelas mengenai laju perusahaan atau instansi.

Jika dirangkum, definisi atau pengertian visi adalah sebagai berikut:

Visi adalah suatu tulisan yang menyatakan Cita-cita suatu perusahaan, instansi, atau organisasi di masa depan.
Visi adalah suatu tulisan singkat, fokus, dan jelas, yang merupakan arah sebuah perusahaan, instansi, atau organisasi.
Pengertian Visi adalah sebuah gagasan tertulis mengenai tujuan utama pendirian sebuah perusahaan, instansi, atau organisasi.

Pengertian Visi Secara Umum
Visi adalah pandangan jauh sebuah perusahaan atau instansi (sekolah atau yang lain). Visi juga dapat diartikan sebagai tujuan dari suatu lembaga dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.

Pengertian Visi Menurut KBBI
1. kemampuan untuk melihat pada inti persoalan;
2. pandangan atau wawasan ke depan: seluruh rakyat mempunyai — yang sama mengenai perjuangan bangsa;
3. kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan;
4. apa yang tampak dalam khayalan;
5. penglihatan; pengamatan.

Pengertian Visi Menurut Para Ahli

1. Menurut Wibisono (2006, p. 43)
Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau bisa dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.

2. Menurut Kotler (dikutip oleh Nawawi, 2000:122)
Visi merupakan suatu pernyataan tentang tujuan organisasi yang ditampilkan dalam pelayanan dan produk yang ditawarkan dan dikampanyekan yang biasanya berupa cita-cita masa mendatang, nilai-nilai suatu aspirasi, kebutuhan yang dapat dipenuhi, pelayanan kelompok masyarakat.

3. Menurut Burt Nanus
Visi merupakan sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang.

4. Menurut Arman
Visi merupakan pernyataan yang mendefinisikan sesuatu yang ingin dicapai individu atau sebuah organisasi di masa depan.

5. Menurut Indra Karalesa
Visi adalah refleksi berbagai keyakinan dan asumsi-asumsi dasar tentang berbagai hal, termasuk tentang kemanusiaan, teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika.

6. Menurut H. Dawan Rahardjo
Visi adalah bayangan tentang masa depan organisasi, baik itu perusahaan atau lembaga.

Syarat Visi
Berikut adalah persyaratan yang hendaknya dipenuhi untuk mencapai sebuah visi
-Berorientasi ke depan
-Tidak dibuat berdasar kondisi saat ini
-Mengekspresikan kreatifitas
-Berdasar pada prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaanbagi masyarakat

Karakter Visi
Dalam visi suatu lembaga terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan. Berikut adalah karakter visi yang efektif :
-Dapat dibayangkan (imagible)
-Menarik (desirable)
-Realistis dan dapat dicapai (feasible)
-Mudah dipahami (flexible)

Manfaat Visi
-Menghubungkan keadaan lembaga/perusahaan pada masa sekarang dan masa depan
-Menumbuhkan rasa bermakna, salah satu anggota/karyawan mencari makna kehidupan adalah lingkungan pekerjaannya
-Menumbuhkan komitmen dan semangat

b. Pengertian Misi
Jika visi adalah gagasan mengenai tujuan utama, maka Misi Adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi atau tujuan mengapa perusahaan, organisasi atau instansi tersebut berada di tengah-tengah masyarakat.

Misi juga bisa dikatakan sebagai Penjabaran sebuah visi. Jika visi hanya dituliskan dalam satu kalimat saja, maka misi akan dijabarkan dengan beberapa kalimat yang mudah untuk dipahami pembaca atau siapa saja yang melihatnya.

Jika diambil kesimpulan, maka pengertian atau Definisi Misi adalah:

Misi adalah penjabaran-penjabaran dari sebuah visi perusahaan, instansi, atau organisasi.
Misi adalah langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus dilalui sebuah perusahaan, instansi, atau organisasi untuk mencapai visi utama.
Misi adalah langkah-langkah yang bisa diambil untuk merangsang adanya pencapaian visi utama.

Pengertian Misi Secara Umum
Misi adalah menjelaskan tentang apa yang harus dikerjakan oleh suatu lembaga atau perusahaan dalam mewujudkan Visi. Misi adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada.

Menurut KBBI
misi/mi·si/ n 1 perutusan yang dikirimkan oleh suatu negara ke negara lain untuk melakukan tugas khusus dalam bidang diplomatik, politik, perdagangan, kesenian, dan sebagainya: — perdagangan kita akan mengadakan kunjungan ke luar negeri; 2 tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dan sebagainya;

Misi adalah tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb.

Menurut Beberapa Para Ahli

Menurut Edwin A. Locke & Associates, Esence Kepemimpinan
Misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi organisasi.

Menurut Webster Third New International Dictionary
Misi adalah tugas khusus yang menjadi tanggung jawab seseorang atau sekelompok orang – specifc task a person or group is charged –

Menurut Peter Drucker
Misi merupakan alasan mendasari eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya.

Manfaat Misi
-Untuk memastikan tujuan dasar dari suatu lembaga atau perusahaan
-Mencipatakan kondisi perusahaan yang umum
-Sebagai landasan perencanaan bisnis yang akan dikembangkan
-Membantu anggota bekerja sama dalam suatu kegiatan
-Menjadi titik utama bagi anggota dalam mengidentifikasi tujuan dan arah suatu lembaga atau perusahaan

PERBEDAAN VISI DAN MISI

Dari pengertian visi dan misi di sub bab sebelumnya. Dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya visi memiliki sekian perbedaan mendasar. Berikut beberapa perbedaan visi dan misi;
1. Visi adalah gambaran besar, tujuan utama dan cita-cita suatu perusahaan, instansi, pribadi atau organisasi di masa depan, sedangkan Misi adalah Penjabaran atau langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai / mewujudkan visi tersebut
2 Visi berupa cita-cita jangka panjang dan berorientasi kedepan, sedangkan Misi berupa cita-cita jangka pendek dan berorientasi masa kini.
3 Visi biasanya bersifat permanen, ketika suatu organisasi, lembaga atau instansi membuat Visi. Maka pantang bagi mereka untuk merubah visi tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi, sedangkan Misi biasanya diubah ketika misi-misi tersebut dianggap gagal mewujudkan suatu Visi
4 Visi biasanya terdiri dari satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya, sedangkan Misi biasanya terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi
5 Visi berisi pernyataan-pernyataan umum, sedangkan Misi pernyataanya bersifat khusus dan lebih detail

c. Pengertian Tujuan
Secara Umun
Tujuan adalah penjabaran visi dan misi, dan merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh lembaga atau perusahaan. Tujuan usaha berupa target yang bersifat kuantitatif dan merupakan pencapaian ukuran keberhasilan kinerja perusahaan. Dalam merumuskan tujuan harus bersikap SMART, yaitu specific, measurable, action-oriented, realistic, dan timely, atau spesifik/khusus, bisa diukur, memiliki orientasi pada tindakan, realistis, serta ada jelas penentuan waktu.

Menurut KBBI
(1) arah; haluan (jurusan);
(2) yang dituju; maksud; tuntutan (yang dituntut)

Menurut Beberapa Ahli

1. Menurut Ken Mcelroy
Tujuan merupakan langkah pertama dalam proses mencapai kesuksesan dan tujuan juga merupakan kunci mencapai kesuksesan.

2. Menurut Spillane, SJ
Tujuan merupakan bagian dari proses mencapai keserasian dan konsentrasi kekuasaan.

3. Menurut Ida Nuraida
Tujuan merupakan bagian dari fungsi planning atau perencanaan dan merupakan langkah awal fungsi manajemen.

4. Menurut Yayasan Trisakti
Tujuan merupakan kunci untuk menentukan atau merumuskan apa yang akan dikerjakan, ketika pekerjaan itu harus dilaksanakan dan disertai pula dengan jaringan politik, prosedur, anggaran serta penentuan program.

5. Jemsly H dan Martani H
Tujuan merupakan sesuatu yang mungkin untuk dicapai, bukan sesuatu yang utopis.

Sumber:
materikita.com/pengertian-visi-misi-dan-tujuan/
salamadian.com/pengertian-contoh-perbedaan-visi-dan-misi/

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan Visi, Misi, dan Tujuan"

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!