Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019)

Contoh Soal Menyimpukan Isi Teks Eksposisi

DMCA.com Protection Status
Loading...
Bacalah kutipan berikut!
Budaya Nasional Semakin Tergerus
Banyak aspek yang telah dicapai bangsa Indonesia pada 70 tahun usia kemerdekaan yang perayannya telah berlangsung. Namun kenyataannya, pencapaian ini hanya sebatas keberhasilan secara fisik. Kemampuan bangsa Indonesia untuk bersaing bidang seni budaya, khususnya yang menyangkut seni dan budaya tradisional masih jauh tertinggal dibandingkan negara lain.
Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman seni budaya tradisional. Tentunya Indonesia dapat bersaing dalam bidang seni budaya dengan negara lain. Generasi muda sebagai pewaris budaya tradisional harus dimotivasi untuk melestarikannya. Semangat pengembangan budaya harus ditanamkan sejak dini. Generasi muda dapat mengembangkan budaya tradisional tidak hanya di negeri sendiri, tetapi juga di kancah internasional.
Pengembangan seni budaya Indonesia pada era globalisasi mengalami kendala besar. Saat ini masyarakat sudah terimbas dari efek globalisasi. Banyak cerita atau budaya tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia terlupakan. Budaya tradisional semakin tergerus dengan modernisasi budaya dari luar negeri.
Kondisi seni budaya tradisional perlu menjadi perhatian semua pihak. Kondisi tersebut harus menjadi pemicu berbagai pihak untuk melestarikan seni budaya tradisional. Dengan demikian, budaya Nusantara dapat dibangun di negeri sendiri. Budaya Nusantara mampu sejajar dengan budaya negara lain.

Simpulan bacaan tersebut adalah. . .
a. Generasi muda yang mencintai seni budaya Indonesia jumlahnya semakin menurun karena seni budaya Indonesia dianggap kuno.
b. Kondisi seni budaya tradisional perlu menjadi perhatian semua pihak agar seni budaya tradisional tetap lestari.
c. Generasi muda harus melestarikan seni dan budaya tradisional baik di dalam negeri maupun di dunia internasional.
d. Seni dan budaya tradisional semakin tergerus globalisasi akibatnya banyak pelajar tidak mengenal kekayaan budaya Indonesia.

Loading...

Terima kasih sudah membaca Contoh Soal Menyimpukan Isi Teks Eksposisi
Bagikan:
Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.
Loading...