.

Membandingkan Penggunaan Bahasa dan PoIa Penyajian Beberapa Jenis Teks

Artikel Terbaru:
loading...
loading...
Membedakan dua teks adalah membandingkan dua teks untuk dicari perbedaannya. Perbedaan antarteks dapat dilihat dari dua aspek yaitu dari segi fitur bahasa dan segi struktur atau pola penyajian. Fitur bahasa adalah unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks, sedangkan pola penyajian adalah cara suatu teks disusun.

Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Alam permai
melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.

Teks 2
Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang out ke cafe di sekitar kota Medan, toh sama aja rasanya. Temyata melepaskan rasa galau
di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian yang masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba, tempat yang indah di Sumatra Utara.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
a. Teks 1: kalimat efektif, Teks 2: kalimat tidak efektif.
b. Teks 1: menggunakan kata baku, Teks 2: menggunakan kata tidak baku.
c. Teks 1: bahasa mudah dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.
d. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.

Jawaban: B
Pembahasan:
Pada Teks 1 menggunakan kata baku, sedangkan pada Teks II menggunakan bahasa tidak baku seperti pada kata iseng, aja, kegalauannya, dan hang out.
Artikel Lainnya:
.