728x90 AdSpace

12 April 2016

Penyebab UN Berbasis Komputer Disenangi Siswa

Penyebab UN Berbasis Komputer Disenangi Siswa
Sekolah penyelenggara Ujian Nasional (UN) berbasis komputer tahun ini meningkat. Selain lebih praktis dan hemat biaya, sistem ini juga ternyata lebih disenangi siswa.

"Anak-anak justru senang pakai UNBK. Karena mereka merasa tidak seperti Ujian Nasional (UN) yang biasanya terlihat tegang," ungkap salah seorang guru SMAN 4 Jakarta, Benny Setyaningrum kepada Okezone, baru-baru ini.

Benny menyebut, ini adalah kali pertama SMAN 4 Jakarta menggelar UNBK. Menurutnya, selama ini siswa di sekolah tersebut selalu tegang saat mengikuti ujian nasional. Namun dengan UNBK, para siswa terlihat lebih tenang.

"Seperti waktu simulasi, ada siswa yang bilang, 'Ujiannya nanti seperti ini, Bu? Seperti enggak ujian ya,'" imbuhnya.

Kepraktisan juga menjadi salah satu alasan siswa menyenangi sistem UN berbasis komputer. Benny menyebut, bila sebelumnya, UN selalu membuat siswa sibuk menyiapkan berbagai perlengkapan ujian seperti pensil, penghapus dan papan jalan, maka kini siswa hanya perlu membawa pulpen untuk mengisi daftar hadir mereka.

"Mereka senang karena mungkin sejak SD sampai SMP ujiannya menggunakan kertas terus, jadi ketika memakai komputer ini senang," tambahnya.

Sumber: okezone.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Penyebab UN Berbasis Komputer Disenangi Siswa Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi