728x90 AdSpace

02 April 2016

Ini Materi yang Diujikan Saat UN (Ujian Nasional) 2016

Ujian nasional (UN) 2016 tinggal hitungan hari. Sebagian peserta UN 2016 pun masih mengkhawatirkan apakah materi soal ujian akan sesuai dengan yang diajarkan guru di sekolah. Kekhawatiran ini beralasan mengingat dipakainya dua kurikulum pendidikan saat ini, yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Ketua Badan Standarisasi Pendidikan Nasional (BSNP), Prof Ucok Zainal Arifin Hasibuan menyampaikan, siswa tidak perlu khawatir akan materi soal yang nanti keluar di ujian nasional 2016.
"Apa pun yang akan diujikan saat UN 2016 nanti, itu semua sudah diajarkan di sekolah," ungkap Ucok dalam konferensi pers persiapan UN 2016 di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Ucok menambahkan, dalam proses belajar mengajar di sekolah memang masih menggunakan dua kurikulum, tergantung kesiapan sekolah. Namun tidak berarti ujian nasional 2016 hanya akan fokus mengujikan soal sesuai satu kurikulum.
"Saat ini kami melihat dari dua sisi, yaitu dari cakupan materi dan kedalaman materi tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kemdikbud tidak mengubah standar nilai ketuntasan belajar dari tahun lalu yaitu 5,5. Tujuannya, agar siswa bisa terus meningkatkan ketuntasan belajar mereka di sekolah mengingat ujian nasional sudah tidak menjadi penentu kelulusan siswa.
"Nilai itu sebenarnya untuk mengukur ketuntasan belajar siswa. Dari nilai tersebut akan menggambarkan seberapa besar kompetensi yang dimiliki siswa. Nah, penguatan siswa untuk bisa mendapatkan nilai tersebut bisa dilakukan dari guru dan belajar," tambahnya.

Sumber: okezone.com
Kisi-kisi UN:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Ini Materi yang Diujikan Saat UN (Ujian Nasional) 2016 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi