Keunggulan Pendidikan dengan Pendekatan STEAM

Artikel Terbaru:
Saat ini sistem pendidikan di Indonesia belum memberikan racikan yang tepat. Hal tersebut ditandai oleh pemerintah yang kerap mengganti kurikulum dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Managing Director Putera Sampoerna Foundation, Nenny Soemawinata, berpendapat sistem pendidikan di Indonesia kurang memerhatikan pembentukan karakter anak didik. Di sekolah, siswa hanya diminta menghafal tanpa diajarkan bagaimana berpikir secara kritis dan analisis.

"Kurikulum 2013 yang menerapkan keaktifan dan kreativitas justru tidak bisa dilakukan secara serentak karena ada sekolah, guru, bahkan siswa yang belum siap," terangnya, belum lama ini.

Nenny menjelaskan, sistem pendidikan yang ada di Sampoerna Schools System menerapkan pendekatan STEAM (science, technlogy, engineering, art, and math) untuk mencetak lulusan yang memiliki keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja.

"Sekarang banyak perusahaan, walaupun itu bank merekrut lulusan dari jurusan IPA, seperti teknik. Pertimbangannya, orang yang dari IPA itu punya kemampuan analisis. Siswa jurusan IPS yang tidak punya nilai lebih dan hanya mengandalkan hafalan pasti mereka pusing waktu cari kerja," ucapnya.

Public Relation and Publicity Putera Sampoerna Foundation, Nurul Aini, menambahkan, pendekatan STEAM membangun para siswa untuk kreatif, kritis, dan punya kemampuan analisis. Sehingga, setelah lulus para siswa tak hanya pintar, tetapi juga sopan dan punya karakter.

Kendati demikian, Nurul menuturkan bahwa Sampoerna Schools System tetap menggunakan kurikulum di Indonesia yang berlaku. Namun, dalam praktiknya disisipi dengan STEAM dan digabung dengan kurikulum internasional.

"Para guru tentu sebelumnya sudah mengikuti pelatihan, bahkan hingga dikirim ke Amerika Serikat karena kita memang ada kerjasama dengan salah satu asosiasi pengajar di sana," pungkasnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/08/65/1263116/keunggulan-pendidikan-dengan-pendekatan-steam
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara