Home » » Misteri Jenis Teks yang Berjudul "Keong Emas"

Misteri Jenis Teks yang Berjudul "Keong Emas"

Posted by PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU on 15 January 2015

Artikel Terbaru:

Di kelas VII, kalian sudah memelajari jenis teks Laporan Hasil Observasi, Deskripsi, Eksposisi, Eksplanasi, dan Cerita Pendek. Masing-masing teks tersebut memiliki ciri-ciri baik dari segi isi maupun ciri kebahasaannya. Nah, coba perhatikan, teks berikut merupakan teks apa? Kalian dapat mengidentifikasi berdasarkan ciri strukturnya. Cobalah!
KEONG EMAS
Keong emas (Pomacea canaliculata) selama ini dikenal sebagai hama tanaman padi. Keong emas atau siput murbei merupakan organisme yang cukup menarik dengan warna keemasan atau lebih keliatan kuning bila hidup di air yang jernih.

Keong emas merupakan hama yang menyerang dengan memakan daun padi yang baru ditanam Keong emas menyerang tanaman padi muda yang tergenang air dengan cara memarut pangkal batang yang berada di bawah air dengan lidahnya. Patahan tanaman yang rebah lalu dimakan.

Namun, jangan khawatir, walaupun tergolong jenis hama, keong emas sebenarnya dapat memberikan manfaat yang positif. Selain itu, keong emas juga dapat menjadi komoditas prospektif untuk menambah penghasilan. Manfaat positif dari keong emas, antara lain, dapat dijadikan sebagai pakan ternak, ikan, udang, sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat, obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit trematoda yang menyebabkan gatal-gatal.
Coba perhatikan, ternyata paragraf pertama isinya tentang penjelasan umum termasuk definisi dari keong emas. Paragraf kedua berisi informasi tentang keong emas secara rinci. Paragraf ketiga berisi informasi manfaat dari keong emas. Dari identifikasi ciri struktur tersebut, kalian sekarang bisa menentukan jenis teks berjudul "Keong Emas" itu, bukan? Mantaaapppp.........
Sumber: Bahasa Indonesia, Wahana Pendidikan, Kemdikbud