Home » , » Ciri-ciri Kebahasaan dalam Teks Prosedur

Ciri-ciri Kebahasaan dalam Teks Prosedur

Posted by PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU on 15 January 2015

Artikel Terbaru:

Teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah cara melakukan sesuatu atau membuat sesuatu. Dari definisi itu, tentu bahasa yang digunakan dalam teks prosedur memiliki ciri tertentu. Jika langkah-langkah yang dibahas adalah cara membuat atau melakukan sesuatu, tentu akan memuat alasan mengapa harus dilakukan. Hal ini tentu akan menggunakan kata-kata yang sifatnya berlawanan (antonim). Sesuatu yang dilakukan ini lebih mudah daripada langkah-langkah melakukan sesuatu yang lain, apa kerugiannya/ kesulitannya, apa keuntungan/ kemudahannya. Selain antonim, tentu ada sinonim (persamaan makna kata).

Ciri lainnya adalah adanya kata-kata pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Kata-kata tersebut digunakan untuk menyebutkan langkah-langkah (prosedur) yang dilakukan untuk melakukan/ membuat sesuatu. Kata-kata pertama. kedua, ketiga, dan seterusnya itu disebut kata bilangan. Ciri yang terakhir, bahasa dalam teks prosedur selalu berupa kalimat perintah. Misalnya: Masukkan minyak goreng ke dalam wajan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ciri bahasa teks prosedur adalah: sinonim dan antonim, kata bilangan, dan kalimat perintah.

Oh ya, dalam pembahasan teks prosedur, kalian juga akan belajar mengenai penulisan ejaan yang benar.