Home » , » Ciri-ciri Kebahasaan dalam Teks Prosedur

Ciri-ciri Kebahasaan dalam Teks Prosedur

Artikel Terbaru:
Teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah cara melakukan sesuatu atau membuat sesuatu. Dari definisi itu, tentu bahasa yang digunakan dalam teks prosedur memiliki ciri tertentu. Jika langkah-langkah yang dibahas adalah cara membuat atau melakukan sesuatu, tentu akan memuat alasan mengapa harus dilakukan. Hal ini tentu akan menggunakan kata-kata yang sifatnya berlawanan (antonim). Sesuatu yang dilakukan ini lebih mudah daripada langkah-langkah melakukan sesuatu yang lain, apa kerugiannya/ kesulitannya, apa keuntungan/ kemudahannya. Selain antonim, tentu ada sinonim (persamaan makna kata).

Ciri lainnya adalah adanya kata-kata pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Kata-kata tersebut digunakan untuk menyebutkan langkah-langkah (prosedur) yang dilakukan untuk melakukan/ membuat sesuatu. Kata-kata pertama. kedua, ketiga, dan seterusnya itu disebut kata bilangan. Ciri yang terakhir, bahasa dalam teks prosedur selalu berupa kalimat perintah. Misalnya: Masukkan minyak goreng ke dalam wajan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ciri bahasa teks prosedur adalah: sinonim dan antonim, kata bilangan, dan kalimat perintah.

Oh ya, dalam pembahasan teks prosedur, kalian juga akan belajar mengenai penulisan ejaan yang benar.
Daftar Isi Blog ringkasan materi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, contoh soal, hasil belajar siswa, dan info pendidikan. Copas ke blog lain? Cantumkan link sumber!