728x90 AdSpace

21 November 2014

Contoh Soal Menyusun Teks LHO

Contoh Soal Menyusun Teks LHO--
Disajikan kutipan teks LHO acak, peserta didik dapat menyusunnya secara urut.

1. Perhatikan kutipan teks laporan hasil observasi berikut!
1). Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi.
2). Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi, ekonomi, pariwisata, dan menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.
3). Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.
4). Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut.
Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi adalah ....
a. 4 - 1 - 3 - 2
b. 3 - 1 - 4 - 2
c. 4 - 2 - 3 - 1
d. 3 - 2 - 4 - 1

2. Perhatikan teks laporan hasil observasi berikut!
1) Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
2) Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya. Dengan mempelajarinya, kita akan semakin mencintai keberagaman budaya bangsa kita yang sangat kita cintai ini.
3) Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Ini dikarenakan di kota inilah Anda dapat menikmati versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa. Gamelan Jawa adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
4) Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya.
Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi adalah ....
a. 1 – 3 – 2 – 4
b. 3 – 1 – 4 – 2
c. 2 – 3 – 1 – 4
d. 4 – 3 – 2 – 1

3. Simak teks laporan hasil observasi berikut!
1) Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. Siapapun wajib menjaga keindahan dan kenyamanannya. Hal ini sangat penting, karena generasi berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi. Kita tidak boleh memberikan beban lingkungan kepada anak cucu kita. Tapi mereka tetap harus kita ajarkan mengenai manfaat menjaga lingkungan.
2) Dari hasil pengamatan yang dilakukan di lingkungan sekitar, masalah lingkungan disebabkan oleh dua faktor: ulah manusia dan faktor alam. Perhatikan saja, kerusakan alam juga disebabkan oleh pengaruh cuaca, iklim, sifat alam, dan faktor alam lainnya misalnya gunung meletus, banjir bandang, gempa bumi, kekeringan panjang, dan lain sebagainya.
3) Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi lingkngan biotik dan abiotik. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
4) Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya.
Urutan teks yang sesuai struktur yang tepat adalah . . . .
a. 1 – 3 – 2 – 4
b. 3 – 1 – 4 – 2
c. 2 – 3 – 1 – 4
d. 4 – 3 – 2 – 1
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Soal Menyusun Teks LHO Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi