728x90 AdSpace

03 September 2014

Contoh Awalan (Prefiks), Akhiran (Sufiks), dan Sisipan (Infiks) atau Imbuhan di Tengah Kata

Contoh Awalan (Prefiks), Akhiran (Sufiks), dan Sisipan (Infiks) atau Imbuhan di Tengah Kata-- Dalam sebuah teks, kerap terdapat kata berimbuhan, entah awalan, akhiran, gabungan, simulfiks, atau sisipan. Awalan adalah imbuhan yang melekat di awal kata dasar. Contoh awalan adalah: me-, di-, dan lain-lain. Akhiran adalah imbuhan yang melekat di akhir kata dasar. Contoh akhiran adalah: -an-, -kan, -i, dan lain-lain. Sisipan (Infiks) adalah imbuhan yang diletakkan di dalam/ di tengah kata dasar (biasanya di antara huruf pertama dan huruf kedua suatu kata dasar). Sisipan dalam bahasa Indonesia adalah: -el-, -er-, dan -em-.

Contoh kata berawalan:
- memakai ----> me- + pakai
- dipukul ----> di- + pukul

Contoh kata berakhiran:
- makanan ----> makan + -an
- ambilkan ---> ambil + -kan
- garami -----> garam + -i

Contoh kata bersisipan:
- geligi -----> gigi + -el-
- gerigi -----> gigi + -er-
- kemuning ---> kuning + -em-

Dapatkah kamu menemukan contoh kata lain yang mendapat awalan, akhiran, dan sisipan?

Oh, ya. Contoh gabungan (awalan dan akhiran sekaligus = Konfiks) adalah: mengambilkan (ambil + me-kan) dan simulfiks (imbuhan banyak) adalah: mempertahankan (per-an + tahan lalu ditambah me-). Sekadar diketahui, awalan me- memiliki variasi (alomorf) mem-, men-, meny- meng-, dan menge-. Istilahnya meN- (me Nasal).
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Awalan (Prefiks), Akhiran (Sufiks), dan Sisipan (Infiks) atau Imbuhan di Tengah Kata Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi