728x90 AdSpace

01 September 2014

Cara Meringkas Fabel

Cara Meringkas Fabel-- Kegiatan meringkas adalah kegiatan menyajikan sebuah teks menjadi lebih singkat/ padat. Untuk dapat meringkas sebuah teks, kamu dapat menggunakan teknik mengambil informasi (hal-hal) yang penting saja. Kemudian merangkainya menjadi sebuah teks baru yang lebih pendek, tanpa melupakan struktur teks tersebut. Dalam hal meringkas teks cerita fabel, tentu ringkasan kamu harus sesuai dengan struktur: Orientasi, Komplikasi, Resolusi, dan Koda.

Bagaimana rambu-rambu meringkas fabel? Berikut caranya:
- Ringkasan yang kamu buat harus lebih pendek dari teks aslinya.
- Struktur teks harus tetap dipertahankan.
- Teks yang disusun harus mewakili informasi penting yang harus ada.
- Unsur kebahasaan yang merupakan ciri fabel masih harus dipertahankan.

Berikut contoh ringkasan fabel "
Jiji Jerapah dan Kus Tikus
".
Jiji tinggal di sebuah desa yang penduduknya suka bekerja. Jiji pun berniat mencari kerja. Namun, lehernya yang panjang, membuatnya tak cocok bekerja menjadi kenek bus ataupun sopir truk. Ia lalu berkeliling desa mencari pekerjaan yang cocok untuknya. Saat ia lewat di rumah Pak Beruang, ia mendapati sahabatnya si Kus sedang mengecat rumah. Si Kus terlihat kesulitan menangkau tempat yang tinggi seperti plafon. Jiji lalu menawarkan diri membantu. Si Kus pun dengan mudah melakukan pekerjaannya mengecat rumah dengan menaiki leher Jiji. Pekerjaan Kus jadi lebih mudah dan Jiji pun mendapat gaji pertama dari pekerjaan barunya itu.
Akhirnya, kedua sahabat itu lalu memutuskan bekerja sama menjadi tukang cat rumah. Mereka selalu laris dipanggil hingga ke desa tetangga. Pekerjaan mereka selalu memuaskan pelanggan karena mereka melakukannya dengan gembira.


  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Cara Meringkas Fabel Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi