Widget HTML Atas

Meringkas Teks Biografi (KD 4.4)

Meringkas Teks Biografi (KD 4.4)--
Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.
Dalam dua pertemuan sebelumnya, kamu sudah belajar memahami isi (termasuk struktur) teks biografi. Pada pertemuan sebelumnya, kamu juga sudah menyusun teks biografi baik secara berkelompok maupun secara mandiri. Nah, kali ini, kamu belajar meringkas teks biografi tersebut.

Dalam kegiatan inti, guru kamu sudah memulai pembelajaran dengan meminta kalian mengamati teks biografi (mungkin teks yang ada di buku atau sumber lain). Guru juga telah memberi tahu kamu, bahwa dalam meringkas suatu teks, kamu perlu menentukan dulu ide pokok yang terdapat pada setiap paragraf sesuai struktur teks tersebut. Tugas kamu selanjutnya adalah mempertanyakan tentang penentuan ide pokok dan cara membuat ringkasan teks biografi.
Kamu mungkin menemukan jawaban sementara atas berbagai pertanyaan tentang penentuan ide pokok dan penyusunan ringkasan teks biografi tersebut. Selanjutnya, dimulai dengan mencoba mengumpulkan informasi terkait penentukan ide pokok teks biografi dari berbagai sumber belajar. Lantas mengasosiasikan hipotesis (jawaban sementara) kamu dengan hasil kajian kamu dari berbagai sumber belajar tadi kemudian mendiskusikannya dengan teman kelompokmu. Target akhir dari tahap menganalisis adalah perumusan simpulan kelompok kamu tentang penentuan ide pokok dan penyusunan ringkasan teks biografi.
Selanjutnya, mengkomunikasikan (mempresentasikan) hasil kerja kelompok kamu tentang penentuan ide pokok dan meringkas teks biografi tersebut. Kelompok lain akan diberi kesempatan memberikan tanggapan. Oleh karena itu kamu harus siap dengan argumen kamu atau dengan lapang dada menerima masukan kelompok lain secara bertanggung jawab. Kelompok lain juga harus dengan santun memberi tanggapan.
Ingat pula, guru menilai sikap kamu dan teman-temanmu saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai pengetahuan dan keterampilan kamu dalam meringkas teks biografi.

Untuk menunjang keberhasilan kamu mengikuti pembelajaran ini, kamu harus menguasai:
1. Penentuan ide pokok (pengertian dan contoh-contohnya)
2. Cara meringkas teks (carilah contoh ringkasan suatu teks)
Cari juga bahan tentang ini di blog ini melalui kolom pencarian bagian kanan atas blog ini.

Selamat belajar calon pemimpin bangsa....
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!