728x90 AdSpace

22 July 2014

Memahami Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 3.1)

Memahami Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 3.1)--
Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.
Materi teks cerita moral/ fabel merupakan materi yang pertama kamu pelajari di kelas VIII. Dalam kegiatan inti, guru kamu memulai pembelajaran dengan menampilkan teks cerita fabel yang berjudul “Kupu-Kupu Berhati Mulia”. Tugas kamu membaca (mengamati) teks cerita fabel tersebut. Selanjutnya, guru bertanya jawab dengan kamu tentang struktur teks cerita fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia”, kalimat mana saja dalam teks cerita fabel yang merupakan bagian teks cerita fabel, dan alasannya. Kali ini kamu belajar cukup secara berpasangan dengan teman sebangku dan bertanya jawab terkait dengan struktur teks cerita fabel.
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, kamu membaca buku siswa dan LKS ataupun sumber lain.
Setelah mengenali konsep dan struktur teks fabel, kamu berdiskusi dengan pasanganmu untuk mengenali struktur teks cerita fabel serta mencari dan mencatat kalimat gagasan utama dalam tiap bagian struktur teks.
Setelah mengenali konsep dan struktur teks fabel, kamu berdiskusi dengan teman sebangkumu untuk menyatakan setuju atau tidak setuju dan memberi alasan atas pernyataan yang mengacu pada bagian struktur teks cerita fabel. Kemudian, kamu diminta bertukar pasangan untuk membandingkan jawaban yang telah kamua buat dengan pasangan lain. Beberapa saat kemudian, guru meminta kamu kembali ke pasangan semula dan menyampaikan hasil temuannya untuk memantapkan jawaban yang telah kamu diskusikan dengan pasangan pertama.
Kegiatan terakhir adalah mengomunikasikan hasil temuan kalian di depan kelas. Tiap-tiap pasangan mempresentasikan hasil pekerjaan, yaitu menjawab pertanyaan terkait menanda bagian struktur dengan alasan yang tepat.
Ingat, guru juga menilai sikap kalian saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai pengetahuan kamu tentang teks cerita fabel.

Untuk menunjang keberhasilan kamu mengikuti pembelajaran unit ini, kamu harus menguasai:
1. Struktur teks cerita moral/ fabel.
2. Kata kerja (kata kerja aktif transitif dan intransitif).
3. Kalimat aktif dan kalimat fasif.
4. Kata sandang si dan sang.
5. Kata keterangan waktu dan tempat.
6. Kata hubung lalu, kemudian, dan akhirnya.
Cari juga bahan tentang ini di blog ini melalui kolom pencarian bagian kanan atas blog ini.

Selamat belajar generasi penuh imajinasi....

Thanks to: Musdyana Rusdi
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Memahami Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 3.1) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi