728x90 AdSpace

14 October 2013

Santun dalam Berdiskusi

Santun dalam Berdiskusi--
Kita sudah pernah membahas teks yang berbentuk tanya jawab atau dialog. Dalam dialog atau tanya jawab terdapat dua pihak atau lebih yang saling berkomunikasi, satu pihak menanyakan sesuatu, pihak lain menjawab pertanyaan, sehingga terjadi arus informasi.
Lain lagi dalam berdikusi. Dalam diskusi pihak-pihak yang terlibat bukan hanya sekadar bertanya jawab, tetapi terjadi interaksi yang lebih mendalam. Interaksi itu dapat berupa menyanggah pendapat, mengusulkan gagasan, menyempurnakan ide atau mencarikan jalan keluar pemecahan. Dalam diskusi terjadi pertukaran pikiran mengenai masalah untuk mendapatkan kesimpulan bersama.

Tujuan berdiskusi adalah untuk mendapatkan kesimpulan bersama. Jadi, dalam diskusi bukan hanya sekadar berdebat yang tidak ada ujung pangkalnya. Oleh karena itu, dalam berdiskusi harus ada santun atau tata cara diskusi.
Santun diskusi diantaranya:
l. harus menghormati pihak lain, tidak boleh menjelekkan pihak lain;
2. penyampaian usulan/gagasan setelah dipersilahkan oleh pemandu diskusi;
3. usulan/sanggahan materi harus berhubungan dengan masalah yang sedang dibahas; tidak menyinggung perasaan pihak lain; menggunakan bahasa yang baik, benar dan sopan.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Santun dalam Berdiskusi Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi