728x90 AdSpace

10 December 2012

Teori | Menulis Pengumuman

Teori | Menulis Pengumuman--
Pengumuman adalah pesan atau informasi yang disampaikan agar pesan tersebut
diketahui oleh umum (masyarakat). Biasanya, pembuat pengumuman adalah lembaga (pemerintah, perusahaan, organisasi, termasuk sekolah), panitia lomba/kegiatan tertentu), atau perorangan.

Fungsi pengumuman adalah menyampaikan sesuatu agar diketahui masyarakat umum [publik), tetapi bukan iklan promosi. Pesan/informasi yang disampaikan menjadi pengetahuan masyarakat dan untuk kepentingan umum.
Dalam membuat pengumuman, hendaknya kita menggunakan kalimat efektif, sederhana, singkat, jelas, dan tepat sasaran. Dengan demikian, informasi di dalam pengumuman dapat dipahami secara jelas.

Seperti yang telah disebutkan, biasanya, pembuat atau pengirim pengumuman adalah lembaga pemerintah, organisasi sekolah, panitia lomba, panitia amal, panitia suatu kegiatan tertentu, atau individu/perseorangan.

Berdasarkan pembuat atau pengirimnya, pengumuman dibedakan menjadi beberapa jenis berikut.
- Pengumuman dinas atau resmi
Biasanya, dibuat atau dikeluarkan oleh lembaga pemerintah atau panitia lomba, organisasi sekolah, panitia kegiatan amal, dan lain sebagainya.
- Pengumuman bisnis (pengumuman yang dibuat atau dikeluarkan untuk keperluan bisnis).
- Layanan publik.
- Individu/perorangan.

Tips Menulis Pengumuman:
. Gunakan kalimat yang efektif dan komunikatif. Artinya, bahasa yang digunakan harus tepat, tidak bertele-tele, dan mudah dipahami. Dalam menulis teks pengumuman, kamu harus menggunakan kalimat efektif.
. Gunakan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas.
. Amati dan cermati teks pengumuman sesuai dengan konteks.
. Jangan lupa cantumkan dari siapa dan untuk siapa pengumuman tersebut.
. Susun informasi dalam pengumuman dengan runtut. Hal ini akan mempermudah pembaca jika harus menyampaikan informasi kepada orang lain.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Teori | Menulis Pengumuman Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi