Meningkatkan Kecepatan Membaca dan Kemampuan Memahami Isi Bacaan

Artikel Terbaru:
Meningkatkan Kecepatan Membaca dan Kemampuan Memahami Isi Bacaan--
1. Metode Gerak Mata
Dalam metode gerak mata, kita membaca dengan memperluas jangkauan mata dan mengurangi regresi atau pengulangan. Saat membaca, usahakan gerakan mata terarah kepada kata-kata yang tertulis atau tercetak untuk mendapatkan makna bacaan secara cepat dan tepat. Bacalah teks dalam hati dengan memperluas pandangan jangkauan mata. Mata dan otak harus bekerja sama agar kamu mendapatkan informasi.
Usahakan jangan sampai mengulang kata atau kalimat yang sudah kamu baca karena hal itu akan menghambat kecepatan membaca dan mengganggu memahami isi bacaan.

2. Menghilangkan Kebiasaan Membaca dengan Bersuara
Membaca dengan bersuara harus kamu hindari. Usahakan tidak membaca dengan bersuara atau dengan mulut bergerak-gerak seperti akan menyuarakan sesuatu.
Membaca dengan bersuara juga akan mengurangi konsentrasi karena otak kita melakukan empat pekerjaan sekaligus, yaitu membaca, bersuara, mendengar, dan memahami bacaan.
Selain itu, jangan menggunakan wajah, tangan, dan alat lain untuk menunjuk kata demi kata dalam bacaan agar tidak memperlambat bacaan. Jika kamu mempunyai kebiasaan membaca dengan bersuara, kurangi dengan cara mengunyah sesuatu saat membaca.

3. Meningkatkan Konsentrasi
Jika sudah terlatih, kamu akan bisa berkonsentrasi membaca dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, latihlah konsentrasimu. Dalam berkonsentrasi, fokuskan mata, pikiran, maupun hati pada isi bacaan. Jangan memikirkan banyak hal saat membaca dan hindari memberikan pendapatmu sendiri ketika sedang membaca. Kamu harus bersungguh-sungguh dalam membaca agar bisa memahami isi bacaan dengan lebih maksimal.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara