728x90 AdSpace

27 December 2012

Hasil Polling: Mengapa Sastra Merupakan Materi yang Paling Sulit?

Hasil Polling: Mengapa Sastra Merupakan Materi yang Paling Sulit?--
Blog Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu telah melakukan polling (jajak pendapat) mengenai "Mengapa Sastra Merupakan Materi yang Paling Sulit?". Jajak pendapat ini dilaksanakan sejak 26 Oktober 2012 dan ditutup tanggal 27 Desember 2012.

Seperti terlihat pada screenshot di atas, sebanyak 54 responden atau 40% memilih "Materinya sulit dipahami", sebanyak 18 responden atau 13% memilih "Pengajarannya sebatas teori", sebanyak 12 responden atau 9% memilih "Materinya tidak menarik", sebanyak 10 responden atau 7% memilih "Pengajarannya tidak menarik", dan sebanyak 42 responden atau 31% memilih "Jawaban lain (selain di atas)".

Terkait dengan jajak pendapat sebelumnya, yang memilih materi sastra merupakan materi yang paling sulit dalam pelajaran B.Indonesia, ternyata dari hasil polling ini diketahui bahwa penyebabnya adalah karena materi sastra sulit dipahami selain alasan tertentu (responden memiliki alasan sendiri). Dapat disimpulkan pula bahwa sebenarnya ketertarikan materi dan pengajaran guru (sebatas teori atau praktik), bukan hal yang banyak mempengaruhi (dipilih), tetapi tetap ada.

Terkait pula dengan hasil jajak pendapat sebelumnya tentang materi sastra yang paling sulit, responden lebih banyak memilih puisi sebagai penyebabnya (53%) daripada Prosa (30%) dan Drama (17%). Mengapa begitu?

Terima kasih atas partisipasi kalian mengisi jajak pendapat tersebut....
Untuk selanjutnya, kalian diminta mengisi jajak pendapat:
"Mengapa Puisi Merupakan Materi yang Paling Sulit Dibanding Prosa dan Drama?"
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Hasil Polling: Mengapa Sastra Merupakan Materi yang Paling Sulit? Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi