Widget HTML Atas

Resep Lulus SNMPTN

Resep Lulus SNMPTN-- Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi pilihan utama para siswa untuk melanjutkan studi karena alasan kualitas yang unggul dan biayanya murah. Alasan gengsi juga terkadang memengaruhi mengapa banyak siswa berlomba-lomba memilih PTN.

Ada beberapa jalur pendaftaran PTN, mulai dari penelurusan minat dan kemampuan (PMDK) hingga jalur prestasi. Jalur lain yang banyak dinantikan mereka yang tidak lolos jalur-jalur tersebut adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).
Mulai besok, 12-13 Juni 2012, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dilaksanakan. Kendati risikonya tak seberat menghadapi ujian nasional, tetap diperlukan keseriusan dalam mempersiapkan diri.

Berikut kiat-kiat/tips/resep lulus SNMPTN:

  1. Pelajari contoh soal dari pelaksanaan SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Kuasai pelajarannya dan pelajari pola soal melalui kisi-kisi yang beredar. Karena pola soal tak pernah berubah.
  2. Sebaiknya lebih fokus pada satu atau dua pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan orang. Dengan begitu, kita bisa merebut nilai dari pelajaran tersebut.
  3. Untuk menguasai materi pelajaran, setiap orang memiliki durasi waktu yang berbeda. Untuk itu, tak perlu lama-lama. Sejam juga cukup. Belajarnya tidak usah diforsir.
  4. Mengikuti bimbingan belajar. Cukup selama tiga minggu dari lima minggu paket belajar intensif yang disediakan bimbel. Gunakan sesi bimbel untuk aktif bertanya pada pengajar mengenai materi yang kurang dimengerti.
  5. Meluangkan waktu untuk beristirahat. Belajar terus menerus bisa membuat kita lelah, padahal kondisi tubuh yang fit sangat penting pada saat hari H. Tes potensi akademik dalam SNMPTN sebenarnya tidak susah, tapi kalau kita kurang konsentrasi akan sulit mengerjakannya karena waktunya sedikit. Makanya tubuh harus fit.
  6. Hindari pula belajar terlalu keras sehari sebelum ujian. Persiapan belajar seharusnya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Dua hari menjelang SNMPTN, sudah tak perlu belajar lagi. Biar rileks dan tidak terlalu tegang nantinya. 
  7. Terakhir, tentu saja berdoa. Faktor lain SNMPTN tak cuma kepintaran, doa dan restu orang tua itu penting.

Apabila ternyata tahun ini masih belum bisa lolos SNMPTN jangan sedih. Kita bisa mencobanya tahun depan, atau mempertimbangkan untuk memilih perguruan tinggi swasta. Selamat mencoba.
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!