Home » » Mitos dan Kiat Membaca Efektif

Mitos dan Kiat Membaca Efektif

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 23 October 2011

Artikel Terbaru:
Mitos Membaca:
1. Membaca itu sulit
2. Kita tidak boleh menggunakan jari ketika membaca.
3. Membaca harus dilakukan dengan mengeja kata per kata.
4. Kita harus membaca perlahan-lahan supaya dapat memahami isinya

 Mitos di atas harus kita ubah menjadi:
1. Membaca itu mudah
2. Tak ada salahnya membaca dengan menggunakan jari sebagai penunjuk.
3. Kita boleh membaca banyak kata sekaligus
4. Kita boleh membaca dengan cepat dan tetap memahami isi bacaan. 

Kiat-kiat membaca:

1. Mempersiapkan diri
        Luangkan waktu beberapa saat sebelum kegiatan membaca dimulai untuk menyesuaikan keadaan fisik dan mental.

2. Meminimalkan gangguan.
        Cari tempat yg tenang dan damai. Musik yang bertempo enampuluh ketukan per menit juga dapat membantu. Musik ini dikenal dapat membawa orang ke dalam keadaan santai, tetapi juga siaga karena musik ini merangsang denyut jantung diam rata-rata. Selain itu, musik ini juga menyibukkan otak kanan kita yang bebas dan artistik, sambil membiarkan otak kiri kita yang logis memusatkan perhatian pada tugas yang ada (DePorter, dkk: 2001: 256).

3. Duduk dengan sikap tegak
        Ratakan telapak kaki di atas lantai dan bukalah buku di atas meja atau bangku di hadapan kita.

4. Luangkan waktu beberapa saat untuk menenangkan pikiran
        Tutuplah mata, tarik napas panjang, dan biarkan diri kita relaks sambil membayangkan suatu tempat yang tenang. Sambil dalam keadaan kelopak mata tertutup, biarkan mata kita bergerak ke atas pelupuk mata sambil membayangkan tempat yang tenang itu. Ketika mata terbuka sadarilah kita sudah merasa sangat tenang, lalu arahkan mata ke bawah, ke buku yang akan kita baca.

5. Gunakan jari atau benda lain (misalnya pulpen) sebagai penunjuk
        Gerakan dengan cepat jari atau benda lain yang kita gunakan supaya mata kita mengikuti dengan cepat pula gerakan itu. Jangan berhenti ataupun membaca ulang.

6. Lihat sekilas bahan bacaan sebelum mulai membaca.
        Sebelum membaca, lihatlah sekilas bahan bacaan kita seolah-olah melihat-lihat barang di etalase toko sebelum membeli. Periksalah daftar isi, judul (bab, subbab), gambar/grafik, dan segalanya yang menonjol.

Kiat-kiat memahami bacaan:

1. Memahami materi yang kita baca
2. Jadilah pembaca aktif
3. Bacalah gagasannya bukan kata-katanya
4. Libatkan indra kita
5. Ciptakan minat
6. Buat peta pikiran bahan bacaan tersebut

Referensi:
DePorter, Bobby dan Hernacki, Mike. 2001. Quantum Learning (terjemahan). Bandung: Kaifa


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara