Home » » Intermezo | FACEBOOK VERSUS BLOGGING, MANA YANG LEBIH MENARIK?

Intermezo | FACEBOOK VERSUS BLOGGING, MANA YANG LEBIH MENARIK?

Posted by PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU on 22 June 2011

Artikel Terbaru:

Saykoji dalam videoklip “Online”: "Delapan dari sepuluh anak Indonesia lebih memilih internet daripada nasi"
Halaman Depan


Beberapa minggu ini, saya sudah sedikit melupakan microblogging Facebook, situs jejaring sosial yang paling diminati. Saya lebih sering memilih online lewat blog, istilahnya nge-blog gitu.
Tidak dipungkiri memang, facebook telah merangsang kita untuk menulis (walau masih kecil-kecilan), menuliskan perasaan/pikiran kita melalui kalimat-kalimat yang singkat di status kita; atau jika lebih panjang, mem-postingnya di notes (catatan).


Aktivitas saya yang mulai berkurang di facebook lebih dikarenakan bahwa blogging lebih memberikan pengalaman yang menyenangkan. Suatu kehormatan tersendiri jika kita mengetahui bahwa tulisan kita, di-search melalui mesin pencari (Google misalnya) dan akhirnya mampir di blog kita. Ini merupakan satu hal yang membedakannya dengan Facebook. Walau tak dapat dipungkiri pula, Facebook memiliki keunggulan dan kesenangan lain.


Menurut hasil penelitian (entah oleh siapa, saya sudah lupa) di barat sana, aktivitas otak manusia meningkat ketika kita menulis. Pasalnya, menulis merangsang otak untuk berpikir.
Dari hasil penelitian juga, beberapa manula (manusia lanjut usia) yang berinteraksi di internet menunjukkan gejala menurunnya potensi kepikunan.


Nah, apapun dan bagaimana pun itu, Facebook atau Blogging tetap sama-sama memberikan kesenangan. Mana yang kita pilih, tergantung keperluan.
Jadi, wajar saja jika saya lebih banyak memilih blogging daripada facebook....





5 komentar:

  1. Setuju Pak dengan kalimat terakhir..Tergantung keperluannya. masing2 memiliki keunggulan dan kekurangannya. Bagi saya, blog adalah "rumah beserta isinya". Sedangkan facebook sebagai "tetangga tempat saya berinteraksi untuk memperkenalkan rumah saya"...kira2 begitu yang saya rasakan tentang du keasyikan ini...happy blogging!

    ReplyDelete
  2. Hhehe, betul. Twitter juga sarana promote blog kita yg juga potensial... Trims

    ReplyDelete
  3. Persis kayak nyamuk malaria...nyedot ilmunya cepet banget. Ini tahap awal, biasanya semakin kedepan semakin timbul kreasi baru..Pak!

    NB. Perbanyak pengetahuan tentang kreasi CSS Pak, sementara itu saja yg bisa kita pahami dan lebih enteng di blogspot!

    Keep on Going!

    ReplyDelete
  4. Iya, mas. Sementara pake default template dulu untuk teks-nya. Ntar css tips dari iskaruji dot com akan saya terapkan...
    Trims

    ReplyDelete
  5. Dulu sya suka nulis catatan di facebook utk berbagi info pelajaran sebagaimana yg saya bagi melalui blog ini. Namun, karena blog lebih mengakomodasi hal itu (share) sya lebih byk nulis di blog (nulis notes di FB sdh tidak lagi). Nah, facebooker yg blm beralih ke blog, mungkin karena masih baru sekadar 'curhat' pendek2 saja dulu, belum berniat nulis panjang-panjang... Yah, spt yg sya katakan: tergantung keperluan...

    ReplyDelete

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Gabung di Facebook