Soal Latihan Penilaian Harian Bab VI (Teks Ulasan) Kelas VIII Sem.2

1. Dalam bahasa Inggris, ulasan disebut juga dengan istilah ....
a. Procedure
b. Recount
c. Review
d. Preview

2. Berikuti ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengulas buku, kecuali ....
a. Judul buku
b. Biografi penulis buku
c. Penerbit buku
d. Ringkasan buku

3. Kalimat dalam teks ulasan yang memuat tentang sinopsis/ isi buku adalah ....
a. Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini.
b. Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolahan data.
c. Buku ini penting dibaca karena sebagai penuntun bagi orang tua, atau siapa pun, yang ingin mengamankan keluarga dan lingkungan di sekitarnya dari jerat narkoba.
d. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.

4.Perhatikan kutipan data buku berikut!
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat ulasan yang tepat untuk menggambarkannya adalah . . . .
a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpikir keras.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
d. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap

5. 1) Buku yang berjudul Matinya Media:Perjuangan Menyelamatkan Demokrasi disunting oleh Danny Schechter.2) Buku tersebut mengulas perkembangan media massa yang mulai mengancam masa depan demokrasi. 3) Sampul buku tersebut berwarna biru tua. 4) Namun, bahasa yang digunakan masih terlalu sulit dipahami.
Sinopsis buku terdapat pada kalimat ….
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)

6. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku: Pesona Batik
Penulis: Nanik Herawati
Penerbit: Intan Pariwara, Klaten
Cetakan: Juli,2010
Tebal: iv+68
Keunggulan: Penyampaian dengan bahasa yang mudah dipahami.
Kelemahan: Penampilan gambar kurang jelas karena ukurannya kecil dan tidak berwarna.

Paragraf ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah...
a. Buku Pesona Batik disampaikan dengan gaya tutur anak muda. Gaya ini menyebabkan buku ini disukai anak muda. penampilan gambar cukup membantu pembaca.
b. Buku Pesona Batik pantas dibaca karena memuat nilai-nilai moral, adat, kepercayaan, keyakinan, status, dan pandangan hidup sebagian masyarakat Indonesia dalam karya seni batik. Dalam membatik dimulai dari menggambar.
c. Buku Pesona Batik mencerminkan khazanah kebudayaan Indonesia. Meskipun penampian gambar sederhana, penyampaian bahasa dalam buku ini mudah dipahami.
d. Buku Pesona Batik membahas seni batik yang jarang dimengerti oleh sebagian besar masyarakat. Akan tetapi, dengan bahasa penyampaian yang mudah dipahami menyebabkan buku ini disukai pembaca dari berbagai kalangan.

7. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku: Ayat-Ayat Cinta
Nama pengarang: Habiburrahman El Shirazy
Tempat dan penerbit buku: Jakarta, Penerbit Republika
Tahun Penerbitan: 2004
Tebal buku: 20,5x'13,5 cm
Keunggulan: Novel Ayat-Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta.
Kekurangan: Menggunakan terlalu banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami

Paragraf ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah...
a. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy adalah novel terlaris di Indonesia. Novel ini tampak memiliki banyak kelebihan. Kelemahan nyaris tidak terdapat dalam novel
ini.
b. Novel terbitan tahun 2004 ini adalah novel penting yang mengajak pembaca untuk lebih jernih dan cerdas. Buku setebal 20,5x 13,5 cm ini sangat laris di pasaran.
c. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy diterbitkan oleh Penerbit Republika. Novel ini disajikan dengan menggunakan bahasa campuran. Bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia dan bahasa Arab.
d. Novel Ayat-Ayat Cinta terbitan tahun 2004 ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy ini mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta. Sayangnya, novel ini menggunakan terlalu banyak kata berbahasa Arab yang tidak mudah dipahami.

8. Aspek yang menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya dika terhadap plot film sebagai entitas berbeda dana merdeka dari jajahan sumber adaptasinya,... Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai tataran karakteristiknya.
Grup detektif tiga sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Fimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting adalah mewujudkan misi itu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi ulasan atau resensi rumpang tersebut adalah ....
a. Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh
b. Dika memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam pembuatan film
c. Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh
d. Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasuskkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita terjaga

9. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Keunggulan: Hubungan antara satu bagian dan bagian lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca.
Kelemahan : Penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.

Paragraf ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ....
a. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi atau gabungan dari 4 karya berbeda, buku kedua Sang Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta.
b. Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu bagian dan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris di pasaran.
c. Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki hubungan harmonis antara satu bagian dan bagian yang lain dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Akan tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi
pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
d. Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman glosarium jika ingin tahu artinya.

10. Bacalah teks berikut!
Pengangguran menjadi masalah serius pada era modern ini. Secara umum, pengangguran berarti orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan formal. Pengangguran terjadi karena adanya kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Selain itu, banyak pencari kerja tidak memiliki keterampilan dalam bidang tertentu. Akibatnya, mereka kesulitan memperoleh pekerjaan. Pengangguran perlu segera diatas. Langkah yang dapat ditempuh adalah memperbaiki kondisi lapangan kerja. Selain itu, pemerintah hendaknya mempersiapkan generasi muda sebagai wirausaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Ringkasan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ....
a. Pengangguran harus segera diatasi dengan menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan wirausaha yang data menciptakan lapangan pekerjaan.
b. Pengangguran pada era modern yang terjadi karena kurangnya lapangan pekerjaan dan keterampilan pencari kerja harus segera diatasi
c. Pengangguran pada era modern terjadi karena kesenjangan antara pencari kerja dan jumlah lapangan pekerjaan yang ada
d. Pengangguran adalah orang dewasa tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan atau tidak memiliki pekerjaan formal

11. Berikut ini yang tidak termasuk langkah-langkah menulis teks ulasan karya sastra adalah ....
a. Menentukan jenis karya sastra yang akan diulas
b. karya sastra Menilai isi yang diulas
c. Menaksir jumlah buku pencetakan
d. Menentukan bagian yang menarik dari karya sastra

12. Dari sana Keneth ingin memberi isyarat bahwa sudah waktunya kita mengkritisi pendapat-pendapat sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita.
Pada kalimat diatas terdapat penggunaan kata konjungsi, yaitu ....
a. Konjungsi penyebab
b. Konjungsi penerang
c. Konjungsi temporal
d. Konjungsi penyebab

13. Bacalah teks dibawah ini!
Buku ini banyak memiliki keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi metematika dan perkembangan teknologi.
Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

Berdasarkan kutipan resensi diatas, ke kuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah ....
a. Memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya
b. Memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya
c. Memiliki info yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi
d. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya

14. Bacalah teks berikut!
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 198 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama. Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II tertulis pada halaman 25, Bab III (Keperluan hidup) tertuang dalam halaman 47, Bab IV berisi “Melejitkan Potensi Diri” Tertulis pada halaman 73 . Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas. Bab VI membahas tentagn “Budaya Daerah” Bab ini tertulis pada halaman 25, Bab VII membahas tentang “Menguasai Ilmu Pengetahuan”. Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan” Pada akhir buku ini terdapat epilog ditulis pada sampul belakang.

Kutipan resensi diatas memaparkan tentang ....
a. Identitas buku
b. Ikhtisar isi buku
c. Kelebihan dan kekurangan buku
d. Kesimpulan

15. Bacalah teks dibawah ini.
Di dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak-anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaat jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.

Paragraf diatas memaparkan tentang ....
a. Kekurangan isi buku
b. Kegunaan buku
c. Kesesuaian kelompok umur pembaca
d. Nilai komersial buku

16. Konjungsi yang menggunakan kata hubung bahwa, yakni, dan yaitu adalah konjungsi ....
a. Konjungsi Penerang
b. Konjungsi Temporal
c. Konjungsi Penyebab
d. Konjungsi Saran

17. Berikut ini kata yang tidak termasuk dalam konjungsi temporal adalah ....
a. Semenjak
b. Kemudian
c. Akhirnya
d. Sebab

18. Yang tercantum dalam resensi buku seperti, judul buku, nama pengarang, penerbit, kota terbit, ukuran buku dan jumlah halaman. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari ....
a. Identitas karya
b. Orientasi
c. Sinopsis
d. Evaluasi

19. Pernyataan berikut yang tepat dijadikan sebagai gambaran umum sebuah novel adalah ....
a. Buku ini menceritakan perjuangan seorang anak bernama Rachelda Anatasia yang menyandang penyakit rabdiomasarchoma atau sejenis kanker lunak yang menyerang wajahnya. Buku ini mengandung amanat untuk tidak berputus asa dalam menerima musibah termasuk penyakit.
b. Banyak pengaruh besar dalam fungsi suatu bahasa tentang banyaknya bahasa yang mulai masuk dan beredar dalam kehidupan bermasyarakat. Jelaslah ini menjadi angin segar untuk pengaruh bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
c. Buku novel ini dikemas dengan alur cerita yang beragam. Banyak terdapat perbedaan-perbedaan dengan kemasan cerita yang ditemukan pada novel-novel pada umumnya.
d. Penulis novel ini adalah seorang yang sudah sangat terkenal. Ia telah menerbitkan berbagai macam novel yang diangkat ke dalam layar kaca perfilman. Siapa lagi kalau bukan Andrea Hirata.

20. Dari sana Aria ingin memberi isyarat bahwa sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita. Pada kalimat di atas terdapat penggunaan kata sambung, yaitu ....
a. Konjungsi penyebab
b. Konjungsi penerang
c. Konjungsi temporal
d. Ungkapan saran

KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "Soal Latihan Penilaian Harian Bab VI (Teks Ulasan) Kelas VIII Sem.2"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!