Widget HTML Atas

Latihan Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Kelas 9 Semester 1 (Ganjil)

Soal PAS ini terdiri atas 40 soal Pilihan Ganda dengan rincian 10 soal Teks Laporan Percobaan, 10 soal Teks Pidato Persuasif, 10 soal Teks cerpen, dan 10 soal teks tanggapan.

1. Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Laporan ini disusun untuk memberikan laporan atas kegiatan percobaan yang telah kami lakukan. Kegiatan yang kami lakukan adalah menguji kandungan gizi pada beberapa jenis makanan tradisional.
Kutipan teks tersebut di atas terdapat pada bagian ....
a. tujuan
b. alat dan bahan
c. kajian teori
d. pembahasan

2. Kalimat berikut ini yang TIDAK termasuk dalam ciri-ciri teks Laporan Percobaan adalah .....
A. Teks laporan percobaan disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian disertai pemecahannya.
B. Pembahasan masalah teks laporan percobaan dikemukakan secara objektif sesuai realitas atau fakta.
C. Teks laporan percobaan dibuat menarik dan berupa pernyataan subjektif.
D. Teks laporan percobaan disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut dan sistematik.

3. Apa yang ada di dalam benak Anda . . . . mendengar kata tikus? Tiap orang punya jawaban sendiri, . . . . sebagian besar bisa dikatakan akan mengaitkannya . . . . penyakit dan kotoran.
Kata tugas atau konjungsi yang tepat untuk melengkapi kata yang rumpang pada teks tersebut secara berurutan adalah ….
a. Saat, jika, pada
b. jika, tetapi, dengan
c. Jika, saat, pada
d. dengan, jika, tetapi

4. Makanan berfungsi sebagai sumber energi, menggantikan sel-sel yang sudah usang, dan menambah cairan tubuh. Untuk dapat melaksanakan fungsinya, diperlukan makanan sehat. Makanan sehat adalah makanan yg mengandung gizi dalam jumlah seimbang dan higienis. Makanan bergizi artinya harus mengandung zat zat makanan yg diperlukan tubuh, yaitu cukup mengandung karbohidrat lemak protein garam mineral vitamin dan air.
Kalimat utama paragraf d atas adalah....
A. Fungsi makanan bagi tubuh.
B. Makanan berfungsi sebagai sumber energi mengganti sel-sel yg sudah usang dan menambah cairan tubuh
C. Makanan berfungsi sebagai sumber energi
D. Makanan sehat diperlukan utk melaksanakan fungsinya

5. Perhatikan kutipan simpulan teks laporan hasil percobaan berikut!
Dari hasil percobaan yang dilakukan dapat ditarik simpulan sebagai berikut.
(1) Bahan yang mengandung amilum adalah roti.
(2) Bahan yang mengandung glukosa adalah roti dan tempe.
(3) Bahan yang mengandung protein adalah putih telur dan kemiri.
(4) Bahnn yang mengandung lemak adalah margarin dan roti.
(5) Dalam satu bahan makanan tidak hanya mengandung nutrisi, tetapi banyak yang mempunyai lebih dari dua nutrisi atau lebih.
(6) Seperti roti terdapat amilum, glukosa dan lemak.

Penyataan yang sesuai dengan isi kesimpulan tersebut adalah .. ..
a. Bahan yang mengandung amilum adalah roti dan tempe.
b. Bahan yang mengandung glukosa adalah roti.
c. Bahan yang mengandung protein adalah telur dan roti.
d. Bahan yang mengandung lemak adalah margarin dan roti.

6. Perhatikan paragraf berikut!
Karbohidrat memegang peranan penting dalam alam karena menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Semua karbohidrat berasal dari tumbuh-tumbuhah. Melalui proses fotosintesis, klorofil tanaman dengan bantuan sinar matahari mampu membentuk karbohidrat dari karbon dioksida berasal dari udara dan air dari tanah. Karbohidrat yang dihasilkan adalah karbohidrat sederhana glukosa. Pada saat itu pula dihasilkan oksigen yang lepas ke udara.
Sumber : praktikumbiologi.com

Kata benda pada paragraf tersebut ditunjukkan pada kata ....
a. sederhana
b. karbohidrat
c. dengan
d. melalui

7. Di bawah ini yang bukan termasuk kosakata teknis atau istilah pada kutipan teks soal di atas adalah ….
a. gizi
b. protein
c vitamin
d. makanan

8. Kalimat berikut yang mengandung kata kerja aktif adalah . ...
a. Cairan dituangkan ke dalam botol kaca.
b. Beberapa bahan sudah disiapkan di atas meja
c. Sebelum memulai kegiatan, peneliti menyiapkan alat dan bahan.
d. Semua peralatan yang akan digunakan harus bersih

9. Berikut ini yang TIDAK termasuk kata khusus dari melihat adalah ....
a. mendengar
b. menonton
c. menengok
d. mengintip

10. Cermati urutan model penulisan laporan hasil percobaan berikut ini !
(1) Simpulan
(2) Pembahasan
(3) Cara Kerja
(4) Tujuan
(5) Kajian Teori
(6) Alat dan Bahan
(7) Hasil Pengamatan
Urutan yang benar struktur penulisan laporan hasil percobaan adalah ....
a. (4), (5), (6), (3), (7), (2), (1)
b. (4), (7), (2), (1), (5), (3), (6)
c. (4), (1), (3), (7), (2), (6), (5)
d. (4), (2), (6), (3), (7), (1), (5)

11. Melihat perkembangan anak remaja sekarang terkadang timbul kekhawatiran kita. Bahkan bingung untuk bersikap. Apakah kita harus memenuhi segala keinginan mereka. Apakah kita membiarkan saja mereka bebas menghabiskan masa remaja. Apakah kita harus menuruti semua kemauan mereka. Supaya kita dianggap orang tua zaman now yang mengerti terhadap perkembangan anak remaja.

Pertanyaan pada kutipan pidato tersebut menggunakan model pertanyaan ...
a. inversi
b. Empati
c. Logos
d. Repetisi

12. Kalimat persuasi penutup yang tepat adalah ...
a. Dengan demikian, hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus diteliti terlebih dahulu agar tidak tertipu.
b. Masyarakat jangan percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus lampu merah, dan di pinggir-pinggir jalan.
c. Masyarakat hendaknya waspada terhadap sekelompok orang yang meminta sumbangan gempa bumi dan tsunami di pinggir-pinggir jalan.
d. Karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

13. Bacalah teks kutipan pidato berikut!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.Seberapa mahalpun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buahan sebagai kebutuhan utama mereka. Oleh sebab itu, hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

Kalimat di atas yang menunjukkan ajakan adalah ...
a. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.
b. Hentikan merokok, sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
c. Berapapun mahalnya harga rokok tidak dapat menghentikan mereka untuk merokok.
d. Di Cina perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum.

14. Bacalah kutipan isi pidato berikut!
Dewasa ini banyak sekali penyakit baru bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun dalam tubuh kita. Jika sistem imun dalam tubuh kita melemah, maka tubuh mudah sekali terkena penyakit. Selain itu, makan makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang lebih baik. Bahkan, saat ini lebih banyak penjual makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolah raga.

Berdasarkan ciri kebahasaan, kalimat yang menunjukkan sebab-akibat terdapat pada kalimat ke- ...
a. 1
b. 2
c. 4
d. 5

15. Pernyataan berikut yang termasuk kalimat aktif intransitif adalah ....
a. Riko tertidur di rumah Rayhan.
b. Ani menendang bola dengan kakinya.
c. Rina membaca majalah Panjebar Semangat.
d. Dina makan nasi goreng buatan ibunya.

16. Bacalah dengan cermat pidato berikut!
Adik-adik yang berbahagia,
Sebagai siswa baru, di kelas VII, kalian wajib mengikuti program ekstrakurikuler yang diadakan pihak sekolah. Program ekstrakurikuler wajib yang harus kalian ikuti adalah kegiatan pramuka.
Kalian akan mendapatkan banyak hal positif dan kelak membantu kehidupan kalian di masyarakat maupun di dunia kerja. Kegiatan Pramuka mengajarkan sikap cinta lingkungan, kebersamaan, toleransi, empati kepada orang lain, menanamkan cinta tanah air, dan masih banyak manfaat yang dapat digali dari mengikuti kegiatan Pramuka.
Kalimat persuasif untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai kalian tidak mengikuti pertunjukan tersebut.
b. Kalian akan belajar banyak pelajaran keterampilan yang tidak akan kalian peroleh di pelajaran lain di bangku sekolah.
c. Kalian jangan ragu-ragu untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam pramuka karena akan bermanfaat bagi kalian.
d. Tidak ada ruginya kalian masuk anggota Pramuka yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kelak.

17. Bacalah kutipan pidato berikut!
Sekolah ini layak menjadi teladan dan tempat bertanya tentang sukesnya mewujudkan kebersihan dan keindahan. Semua ini terwujud karena hasil binaan dari para guru, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di lingkungan sekolah kita ini.
Predikat juara, piagam penghargaan, dan hadiah sudah kita raih. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kerja sama dan kekompakan mewujudkan sekolah bersih, berseri, hijau, aman, nyaman, dan menyenangkan ini, kita pertahankan.
Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah ....
a. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Perlu diingat, "Menjadi juara itu gampang diraih tetapi sulit untuk dipertahankan."
b. Siswa sekalian, sekian dulu sambutan ini, dengan harapan di kemudian hari sekolah-sekolah di sekitar kita juga memperoleh juara sebagaimana yang kita dapatkan hari ini.
c. Demikianlah kesan yang saya dapatkan, semoga lingkungan sekolah kita dapat mencontoh lingkungan sekolah lainnya.
d. Bapak-ibu yang kami hormati cukup sekian dulu pesan ini kami sampaikan. Mohon maaf hadiah yang kita dapatkan dari kejuaraan ini jauh dari yang kita perkirakan.

18. Bacalah kutipan Pidato berikut!
Ada beberapa poin penting yang harus saya sampaikan terkait dengan hemat energi. Menghemat energi sama halnya menjaga keseimbangan alam sekitar. Menghemat energi berarti kita mencintai anak cucu kita dan kelangsungan alam semesta. [...]
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan pidato di atas'adalah ....
a. Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kita senantiasa diberi kesehatan.
b. Mari, kita bersama-sama menggalakkan hidup hemat energi.
c. Tidak perlu menghemat energi karena lndonesia negara yang kaya.
d. Hidup jangan disia-siakan dengan menghemat energi.

19. Bacalah penggalan pidato berikut!
Nah, apakah teman-teman sudah melaksanakan piket dengan kesadaran sendiri? Apa masih harus diperintah guru baru mau melaksanakannya? Kalau masih diperintah, berarti kita belum melaksanakannya secara ikhlas dan sadar. Bahkan, mungkin di antara teman-teman ada yang tidak pernah piket. Kalau di antara teman-teman ada yang tidak pernah piket, seharusnya ada sanksi bagi mereka. [...]
Kalimat ajakan yang sesuai untuk melengkapi pidato di atas adalah ....
a. Jadi, teman-teman,itulah tandanya siswa-siswa yang taat pada peraturan sekolah sekaligus pecinta kebersihan.
b. Jadi, teman-teman, selain sedap dipandang mata, ruang kelas yang bersih juga dapat meningkatkan konsentrasi belajar kita.
c. Jadi, teman-teman, ayo kita laksanakan piket kelas tanpa harus diperintah atau disuruh-suruh lagi.
d. Jadi, teman-teman, saya berharap, teman-teman peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan, termasuk di lingkungan tempat belajar kita ini.

20. Cermatiiah paragraf penutup pidato berikut!
Saudara-saudara yang berbahagia,
Hutan memiliki sistem perlindungan dan pengamanan kawasan pesisir yang sangat baik. Setiap gelombang pasang yang datang mampu diredakan melalui hutan yang lebat. Tidak mengherankan, banyak daerah yang memiliki hutan bakau, umumnya lolos dari terjangan tsunami.
Kalimat imbauan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ....
a. Penggalakan penanaman hutan bakau sudah saatnya dilaksanakan di tempat-tempat di mana ada pesisir pantai.
b. Saudara, kita melakukan penanaman bakau di sepanjang pantai lndonesia agar terhindar dari gelombang besar tsunami itu.
c. Jangan ragu-ragu melaksanakan penanaman hutan bakau, karena hutan bakau membuat kita terbebas dari tsunami.
d. Oleh karena itu, marilah kita galakan penanaman bakau di sepanjang pesisir yang pertensial terkena tsunami.

21. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama
Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1)
"Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2)
Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)
”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4)
Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...
A. (3)
B. (2)
C. (1)
D. (4)

22. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Ya, kediaman keluarga Sastro Suwiryo yang menempati lahan seluas 200 meter persegi di Desa Kasongan pinggiran Yogyakarta itu bisa dibilang tenang dan tentram sebelumnya. Malam itu sudah hampir setengah jam isak tangis terdengar mengalahkan lagu malam yang dinyanyikan oleh angin dan lambaian pohon kelapa belakang rumah. Rembulan purnama yang tengah asyik menemani orang-orang yang sedang tidur dengan nyenyak juga tidak disapa oleh isak tangis itu.
“ Bapak, bangun, Pak.”
“ Ada apa, Bu? Malam-malam begini kok bangun? Kok kelihatannya ada yang serius.”
Dikutip dari: Agung Webe, “Arjuna Tidak Mencari Cinta” dalam Arjuna Tidak Mencari Cinta, Bekasi, Soul Journey, 2016.
Kalimat bercetak tebal dalam kutipan cerpen tersebut mengandung majas . . . .
a. Metafora
b. Personifikasi
c. Metonimia
d. Hiperbola

23. Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”

Amanat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah ...
A. Jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
B. Usahakan selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
C. Temanilah ibumu saat duduk-duduk di beranda!
D. Matikan lampu jika sudah tidak diperlukan!

24. (1) Boleh jadi, itu sikap angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu, Mulan Jamila).

Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .…
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

25. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.
Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong dapat diketahui melalui ….
A. Tingkah laku tokoh kamu
B. Tingkah laku tokoh aku
C. Dialog tokoh kamu
D. Dialog tokoh aku

Bacalah kutipan berikut dengan saksama untuk menjawab soal no. 26 dan 27!
Di Kantor Pos
Oleh: Muhammad Ali
“Tadi agaknya telah terjadi suatu kekeliruan ketika Nona membayarkan uang pos wesel kepada saya, sebab ….”
“Mana bias keliru?” si pegawai menyela dengan cepat.
“Seharusnya saya terima tiga ratus rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah angka yang tertulis dalam pos wesel saya.”
“Coba saya liat dulu, Saya masih ingat nomor pos wesel Saudara.” Si pegawai lalu memeriksa salah satu lajur dalam daftar yang terkembang di hadapannya, kemudian katanya,”Nah ini, wesel nomor satu empat tujuh dengan tanda C. Jumlah uang:tiga ratus rupiah. Apa yang keliru? Bukankah tadi Saudara terima dari saya tiga ratus rupiah?”
“Tidak,”jawab laki-laki itu.” Nona tadi memberikan kepada saya bukan tiga lembar kertas ratusan, tapi empat lembar. Jadi, empat ratus rupiah yang saya terima tadi.”
“Oh,, kalau begitu saya keliru. Benar-benar keliru,” kata si pegawai akhirnya dengan kemalu-maluan.”Maklum banyak kerja. Lagi pula lembaran-lembaran uang itu masih baru hingga mudah saja terlengket karenanya. Jadi, Saudara mau kembalikan uang yang seratus rupiah kepada saya, sekarang?”
“Betul, Saya akan mengembalikannya kepada Nyonya ….”
“Nona!” sela si pegawai cepat.

26. Kutipan cerpen tersebut bertema ….
a. Keberanian pegawai mengakui kekeliruan.
b. Kejujuran seseorang dalam hidup.
c. Kehati-hatian pegawai terhadap seseorang.
d. Kebaikan seseorang terhadap pegawai pos.

27. Sudut pandang yang digunakan pengarang pada kutipan cerpen tersebut adalah …
a. Orang pertama tokoh utama
b. Orang ketiga sebagai pengamat
c. Orang campuran
d. Orang ketiga manatahu

28. Bacalah teks berikut ini!
. . . .
“Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!”
“Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!”
Rinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. Ia masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue . . . .”
“Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembap, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang.

Kutipan teks cerpen tersebut memuat bagian…..
a. Orientasi
b. Resolusi
c. Komplikasi
d. Koda

29. Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
(1) Setelah aku tidur bersama nenek selama tiga hari, senyum nenek semakin lebar dan beliau mengurcapkan, "Terima kasih cucuku, kamu telah memberikan hadiah teristimewa di akhir hidupku." (2) Dan disuruh semua anaknya berkumpul. (3) Setelah semua berkumpul, nenek menutup mata untuk selama-lamanya. (4) Nenek tetap tersenyum meskipun nadinya tidak lagi berdenyut.
Sumber: Nasihat Terindah, karya lrwan Ahmad Rozaki

Kalimat langsung pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor .. ..
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

30. Perhatikan data berikut ini!
1. Uraian deskriptif
2. Menggunakan sudut pandang pencerita
3. Menggunakan dialog
4. Menggunakan kata kerja teknis
5. Menggunakan kata kerja mental
Berdasarkan data di atas, yang merupakan ciri kebahasaan teks cerpen adalah …
a. 1,2,3,4,dan 5
b. 1,2,dan 4
c. 1,2,4,dan 5
d. 2,4,dan 3

31. Simak teks berikut!
Lukisan bunga pada kain benar-benar bagus dan menarik. Meskipun digambar secara sederhana, lukisan tersebut dapat menghidupkan kain. Artinya, warna kain yang pada dasarnya gelap menjadi cerah dengan kehadiran lukisan bunga. Hal ini dikarenakan kekontrasan pewarnaan pada lukisan bunga dengan warna kainnya.
Objek yang dinilai pada penggalan teks tanggapan tersebut adalah ....
a. patung
b. bunga
c. kain
d. lukisan bunga

32. Simak teks berikut!
Lukisan memang menarik, tetapi objek yang digambarkan terlalu sederhana. Jenis bunga sepatu menjadi objeknya. Padahal jenis bunga lain yang lebih indah dapat dijadikan sebuah objek lukisan yang bagus. Hal inilah yang menyebabkan lukisan ini terkesan terlalu sederhana.
Kutipan tersebut merupakan teks tanggapan yang menyatakan ....
a. deskripsi
b. pujian
c. kritik
d. saran

33. Perhatikan teks berikut!
(1) Film Sintren merupakan film yang mengangkat kehidupan masyarakat pesisir pantai utara. (2) Ceritanya sederhana, tapi terkesan wah. (3) Sutradara memilih pemain-pemain dari alam, artinya bukan aktris dan aktor terkenal sehingga film ini nampak seperti kehidupan nyata. (4) Ada beberapa hal yang mengganggu, misalnya adegan Sarinah yang menjadi Sintren nampak seperti dibuat-buat. (5) Selebihnya, adegan itu lucu dan alami.
Hal yang menyatakan bagian penilaian kelemahan terdapat pada kalimat ….
a. 1
b. 4
c. 3
d. 2

34. Kalimat pujian terhadap suatu produk terdapat dalam kalimat …
a. Gambar televisi kurang jernih sehingga tidak nyaman dilihat.
b. Mencuci bersih dan tidak merusak pakaian.
c. Daya listrik kecil, tetapi sinar terang benderang.
d. Udara AC dingin sedingin kutub utara.

35. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Menentukan tema
2) Mengembangkan tema menjadi kalimat-kalimat
3) …
4) Mencermati kembali isi teks tanggapan
Pernyataan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang langkah-langkah menulis teks tanggapan adalah ….
a. Memilih kalimat-kalimat yang tepat
b. Menyusun kalimat dengan kata-kata sendiri
c. Menyusun dan menggabungkan kalimat sehingga menjadi teks runtut.
d. Menggunakan kalimat yang efektif

36. Berikut ini merupakan kalimat kritik adalah ….
a. Wah, begitu indahnya Indonesia, negeri yang kaya akan kekayaan alam. Banyak hewan dan tumbuhan yang langka tinggal di sini.
b. Orang tua hendaknya jangan melepas begitu saja anak-anak mereka. Orang tua harus mendampingi putra-putrinya dalam menonton acara televisi, mengingat banyak tayangan TV yang tidak patut ditonton apalagi dicontoh putra-putri
c. Kalian memang pasangan yang amat serasi, saling melengkapi satu sama lain.
d. Ibu, kau memang malaikatku. Kasih sayangmu tak terbalas oleh dunia.

37. Simak paragraf berikut!
1. Akan tetapi, Indonesia adalah negara kepulauan yang mau tidak mau presiden harus memiliki pesawat sendiri untukmengunjungi semua wilayah Indonesia.
2. Indonesia kini memiliki pesawat kepresidenan dengan perlengkapan modern.
3. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan.
4. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu.
5. Tidak mungkin presiden menggunakan pesawat komersial karena jadwalnya sangat terbatas.
6. Alasan ekonominya biaya operasional tinggi, sedangkan alasan sosialnya rakyat belum terentaskan dari kemiskinan.

Agar menjadi tanggapan yang padu, urutan yang tepat adalah ....
a. 2-1-3-6-5-4
b. 2-3-6-1-5-4
c. 2-5-3-6-1-4
d. 2-6-3-1-5-4

Bacalah teks tanggapan berikut untuk nomor 38 s.d. 40!

Siswa dan Sarapan
Sarapan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama siswa. Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang tidak sarapan. Saat tiba di sekolah para siswa beramai-ramai mengunjungi kantin sekolah. Para siswa membeli berbagai makanan yang tersedia di kantin. Beberapa siswa ada yang membeli gorengan, nasi, mie instan,atau minuman softdrink. Aktivitas tersebut mereka lakukan secara rutin setiap hari. Fenomena ini mungkin telah menjadi kebiasaan. Namun, apakah kebiasaan tersebut baik bagi tubuh kita?.

Tahukah siswa bahwa mereka berangkat ke sekolah mempunyai tujuan utama, yakni belajar. Proses belajar memerlukan aktivitas otak. Otak tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tidak diberi nutrisi dengan baik. Kinerja otak yang tidak baik akan memengaruhi proses belajar. Ada perbedaan sikap dan kesiapan antara siswa yang telah sarapan dengan yang belum sarapan. Siswa yang telah sarapan cenderung lebih tenang. Akan tetapi, siswa yang belum sarapan terlihat gelisah dan tidak siap menerima materi pelajaran. Wajahnya terlihat lesu dan kurang bersemangat.

Penelitian menunjukkan siswa yang rutin sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding siswa yang berangkat dari rumah dengan perut kosong. Menu sarapan sebaiknya tidak berlebihan. Menu sarapan yang bisa dikategorikan sebagai bahan bakar otak adalah kaya serat, mengandung karbohidrat dan vitamin. Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicerna dengan lambat sehingga menyediakan energi yang konstan dan tidak cepat lapar. Sarapan memiliki fungsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sarapan juga dapat menurunkan berat badan.

Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan menjadi pola disiplin untuk sarapan. Kesiapan fisik siswa harus dijaga dalam keadaan baik. Fisik yang prima akan memberikan dampak yang baik bagi prestasi dalam belajar. Prestasi belajar yang cemerlang merupakan jalan untuk meraih kesuksesan.
Disadur dari: http://daunsimpor.blogspot.co.id/2015/10
Contoh-teks-tanggapan-kritishtml,diunduh 16 Januari 2018

38. Tujuan teks tanggapan di atas adalah . .
a. Mengajak siswa untuk belajar
b. Mengajak siswa beramai-ramai mengunjungi kantin di pagi hari
c. Memberikan informasi menu sarapan yang baik adalah yang kaya serat, mengandung karbohidrat, dan vitamin.
d. Memberikan informasi pentingnya sarapan bagi siswa sebelum berangkat ke sekolah

39. Paragraf kedua dan ketiga pada teks tanggapan di atas menunjukkan bagian .
a. Penilaian
b. Deskripsi
c. Klasifikasi
d. Konteks

40. Struktur teks tanggapan di atas yang berisi penilaian terdapat pada paragraf ke …
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1

KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "Latihan Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Kelas 9 Semester 1 (Ganjil)"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!