Latihan Soal Belajar di Rumah (StayHome) Pandemik Korona (Corona/ Covid 19)

DMCA.com Protection Status
Loading...
SOAL USBN (UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL)
BAHASA INDONESIA
KELAS IX SMP

1. Bacalah teks berikut!
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani yang hadir sebagai narasumber dalam seminar itu mengatakan, indikator keberhasilan pemerintahan di negara maju adalah realisasi target pemenuhan lapangan kerja. Pendapat beliau, dengan pemenuhan lapangan kerja maka secara otomatis tingkat kemiskinan menurun. Hal ini menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini.
Makna kata indikator pada teks tersebut adalah ….
A. sesuatu yang dapat memberi petunjuk
B. sesuatu yang dapat memberi manfaat
C. sesuatu yang dapat Memberi penjelasan
D. sesuatu yang dapat menjadi motivasi

2. Bacalah teks berikut!
(1) Informasi hoax akhir-akhir ini melalui situs website dan media sosial terus merebak. (2) Informasi hoax tersebut dapat diakses melalui WA, line, BBM, maupun aplikasi yang lain. (3) Informasi itu dapat menimbulkan kebencian antarwarga dan komunitas. (4) Jika dibiarkan, hal ini bisa mengancam persatuan bangsa. (5) Peran pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informasi sangat dibutuhkan dalam mengatasi maraknya berita hoax yang meresahkan masyarakat.
Makna kalimat (1) pada teks tersebut adalah ...
A. Sekarang informasi hoax akhir-akhir ini melalui situs website dan media sosial terus merebak.
B. Pada akhir ini berbagai informasi penting yang merebak melalui situs website dan media sosial
C. Pada saat ini banyak berita bohong yang menyebar melalui media sosial maupun situs internet.
D. Kabar penting akhir-akhir ini melalui situs website dan media sosial terus menjalar di mana-mana.

3. Bacalah teks laporan percobaan berikut!
Larutan merupakan sistem homogen yang terdiri dari zat terlarut dan pelarut. Terlarut merupakan larutan yang dilarutkan pelarut, sedangkan pelarut merupakan zat yang melarutkan pelarut. Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan dapat dibedakan menjadi larutan eletrolit dan nonelektrolit. Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan nonelektrolit merupakan larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik
Informasi tersurat pada teks tersebut adalah ...
A. Berdasarkan daya hantar listrik, laruta, terdiri dari zat terlarut dan pelarut.
B. Terlarut merupakan zat yang melarutkan pelarut, sedangkan pelarut merupakan larutan yang dilarutkan.
C. Larutan elektrolit merupakan larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan nonelektrolit dapat menghantarkan listrik.
D. Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan nonelektrolit merupakan larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik.

4. Bacalah teks laporan percobaan berikut!
Dari percobaan yang kami lakukan, tampak sel tumbuhan memiliki dinding sel, stomata, dan sitoplasma. Percobaan menunjukkan bahwa sel gabus kosong. Hal itu karena gabus merupakan sel tumbuhan yang mati sehingga selnya tidak memiliki organel-organel sel. Struktur sel yang hidup pada ruang sel yang berisi nucleus, sitoplasma, dan antarsel oleh dinding sel.
Dalam struktur teks laporan percobaan, cuplikan tersebut terdapat pada bagian ….
A. tujuan
B. kajian teori
C. pembahasan
D. hasil pengamatan

5. Bacalah teks deskripsi berikut!
Para petani banyak diuntungkan dengan memanfaatkan pupuk organik. Jangka waktu kesuburan tanah menjadi semakin lama. Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian pupuk juga semakin murah. Hasil panennya pun lebih menyehatkan apabila dikonsumsi. Harga jual hasil panen dengan pupuk organik di pasaran lebih tinggi. Dengan demikian, petani mendapatkan keuntungan yang berlipat.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. hasil panen pupuk organik
B. keuntungan petani yang berlipat
C. keuntungan memanfaatkan pupuk organik
D. manfaat pembuatan pupuk organik

6. Bacalah teks berikut!
Secara fungsi fisik, mangrove tak hanya melindungi pantai dari erosi saja, melainkan juga menjaga garis pantai agar tetap stabil dan mengurangi risiko akibat dampak tsunami. Fungsi mangrove secara biologis, yaitu sebagai habitat organisme biota laut yang hidup di padang lamun atau terumbu karang. Selain itu, mangrove berperan sebagai sumber keanekaragaman bagi hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Dalam hal sosial ekonomi, mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencarian, tempat wisata alam, serta objek pendidikan dan penelitian. Dengan demikian, Hutan mangrove memiliki fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...
A. Secara fungsi fisik, mangrove tak hanya melindungi pantai dari erosi saja.
B. Fungsi mangrove secara biologis, yaitu sebagai habitat organisme biota laut.
C. Hutan mangrove memiliki fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi.
D. Mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencarian, tempat wisata alam.

7. Bacalah teks berikut!
Sampah erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat karena dari sampah tersebut akan hidup berbagai mikroorganisme penyebab penyakit (bakteri patogen) dan binatang serangga sebagai pemindah/penyebar penyakit (vektor). Oleh karena itu, sampah dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat jika tidak dikelola dengan baik. Pengelolaan sampah yang baik, bukan hanya untuk kepentingan kesehatan, tetapi juga untuk keindahan lingkungan. Pengelolaan sampah meliputi pengumpulan, pengangkutan, dan pemusnahan. Pengolahan sampah harus tuntas agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup.
Simpulan teks tersebut adalah …
A. Sampah merupakan tempat hidup bakteri patogen dan serangga penyebar penyakit.
B. Sampah perlu dikelola dengan baik untuk menjaga keindahan lingkungan.
C. Sampah harus dikelola dengan baik agar tidak mengancam kesehatan masyarakat.
D. Sampah yang tidak dikelola dengan baik sangat mengganggu keindahan lingkungan.

8. Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!
(1) Menabung di bank belum menjadi keseharian masyarakat Indonesia. (2) Masyarakat beranggapan bahwa menabung di bank harus mengikuti birokrasi yang berbeli-belit. (3) Menyimpan uang di rumah jauh lebih praktis baik dalam penyimpanan maupun pengambilannya. (4) Padahal, menabung di bank jauh lebih aman daripada menyimpan uang di bawah bantal.
Pendapat persetujuan pada paragraf tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

9. Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Adanya peraturan mengenai program lima hari belajar di sekolah memunculkan berbagai pendapat dalam masyarakat. (2) Dengan lima hari belajar peserta didik akan memiliki waktu luang bersama keluarga. (3) Akan tetapi, peserta didik tidak dapat memiliki waktu untuk beristirahat dengan cukup dan mengulang materi yang diajarkan di sekolah. (4) Sebaliknya program lima hari belajar tersebut dapat membantu guru menyiapkan materi yang akan diajarkan.
Pendapat kontra pada paragraf tersebut adalah ....
A. (1)
B. (4)
C. (2)
D. (3)

10. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Wortel merupakan salah satu sayuran yang paling populer di dunia. Wortel sering digunakan dalam berbagai masakan seperti sup ayam atau salad. Wortel mengandung sekitar 88% air, 7% gula, 1% protein, 1% serat, 1% abu, dan 0,2% lemak. Wortel kaya akan antioksidan, mineral, dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.
Sayuran wortel ini ternyata juga sangat banyak manfaat. Manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh antara lain menjaga kesehatan mata, mencegah rabun senja, mencegah penyakit kanker, dan menghilangkan racun dalam tubuh. Selain dibuat jus, wortel juga berguna untuk obat tradisional, dengan manfaat mengobati demam pada anak, menghilangkan nyeri haid, dan menyembuhkan luka bakar.
Ringkasan teks tersebut adalah …
A. Wortel merupakan sayuran yang kaya manfaat dan paling populer.
B. Wortel merupakan sayuran terkenal dalam kuliner.
C. Wortel merupakan sayuran paling populer yang kaya manfaat.
D. Wortel merupakan sayuran yang nikmat untuk jus.

11. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Teks 1
Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Pantai Parangtritis membikin pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di Pantai Parangtritis kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak main pasir. Tua muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke areal karang laut yang sangat indah.
Teks 2
Komunitas pecinta lingkungan menggelar aksi peduli lingkungan di Pantai Morosari, Demak. Mereka menghijaukan Pantai Morosari dengan menanam 1.000 bibit mangrove. Bibit mangrove itu ditanam di Dukuh Morosarilor, Desa Morosari. Selain itu mereka juga mengadakan bersih-bersih pantai dalam kegiatan bertajuk “Beach Cleaning dan Mangrove Planting”.

Perbedaan ciri bahasa kedua teks terebut adalah ....
A Teks 1: Menggunakan bahasa baku, Teks 2: Menggunakan istilah asing
B Teks 1: Menggunakan bahasa tidak baku, Teks 2: Menggunakan bahasa baku
C Teks 1: Menggunakan kata rujukan, Teks 2: Menggunakan kata tidak baku
D Teks 1: Menggunakan kosakata tidak baku, Teks 2: Menggunakan kosakata bahasa asing

12. Bacalah teks berikut!
Teks 1
Gempa bumi terjadi di lepas pantai Sumatera Barat pada tanggal 30 September 2009 pukul 17.16.10 WIB dengan kekuatan 7,6 Skala Richter. Gempa ini terjadi sekitar 50 km barat laut Kota Padang. Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatera Barat, seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat. Menurut data Satkorlak PB, sebanyak 1.117 orang tewas akibat gempa ini yang tersebar di 3 kota dan 4 kabupaten di Sumatera Barat.

Teks 2
Pukul 08.00 peserta perjalanan “Susur Sungai Cikapundung” sudah berkumpul di sekretariat KMPA di Sunken Court W-03. Satu jam kemudian rombongan naik menuju Curug Dago, tempat perjalanan itu akan dimulai. Tepat pukul 10.00 peserta mulai menyusuri Cikapundung meskipun ketinggian air hampir mencapai pinggang. Selain menyusuri sungai dan melihat secara langsung kondisi Cikapundung, peserta juga diberikan wacana dan diajak berdiskusi mengenai konsep penataan ruang di Daerah Aliran Sungai. Selain itu, peserta juga diajak memungut sampah yang mencemari sungai. Setelah kurang lebih 4 jam menyusuri sungai, peserta keluar di Ciumbuleuit pukul 14.20.

Teks 3
Saat itu saya tinggal di Bogor. Saya mempunyai kenangan yang begitu berkesan dengan salah satu tetangga. Saya memiliki seorang tetangga baik meski jangka waktu pertemuan kami tidak lama karena saya kemudian pindah ke Bandung. Saat pertama berkenalan, dia bekerja sebagai sopir taksi di Jakarta. Setiap akhir pekan ia pulang ke Bogor. Pada akhir pekan itulah saya selalu bertemu dengannya dalam acara pengajian. Cukup sering ia membawa oleh-oleh dari Jakarta dan dimakan bersama setelah pengajian.

Perbedaan pola penyajian ketiga teks tersebut adalah …
A Teks 1: urutan peristiwa, Teks 2: urutan waktu, Teks 3: urutan tempat
B Teks 1: urutan tempat, Teks 2: urutan waktu, Teks 3: urutan peristiwa
C Teks 1: urutan peristiwa, Teks 2: urutan kejadian, Teks 3: urutan lokasi
D Teks 1: urutan waktu, Teks 2: urutan peristiwa, Teks 3: urutan tempat

13. Bacalah teks berikut!
Aku punya kucing namanya tara. Bulunya berwarna hitam dan putih, dengan putih sebagai warna dominan. Sebuah pita berwarna oren melingkar dilehernya. Tara punya ekor panjang dan bulu-bulu yang sangat panjang dan lebat. Kucing Persia tergolong jenis kucing yang cukup mahal.
Keunggulan teks tersebut adalah …
A. Objek digambarkan secara rinci.
B. Kalimat-kalimatnya memiliki kepaduan makna.
C. Penggunaan ejaan dan tanda baca sangat tepat.
D. Kalimat yang digunakan merupakan kalimat efektif.

14. Bacalah teks berikut!
Kemacetan yang berulang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada arus kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah selalu terjadi pada jalan-jalan arah luar kota, misalnya jalan magelang, jalan solo, jalan palagan, dan jalan wates. Pada rentang waktu tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata, seperti Malioboro dan Prawirotaman, serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.
Kelemahan teks tersebut adalah …
A. Isi teks sulit dipahami.
B. Terdapat kesalahan ejaan.
C. Banyak kalimat tidak padu.
D. Beberapa kalimat tidak efektif.

15. Bacalah teks berikut!
Apa jadinya jika kita tidak mempunyai bahasa untuk saling berkomunikasi di tengah kebhinekaan ini? Tentunya kita patut bersyukur memiliki bahasa pemersatu, yakni bahasa Indonesia, yang lahir dari buah kesadaran akan pentingnya persatuan. Sejak awal pembentukannya, bahasa Indonesia menunjukkan proses sosial, budaya, dan politik yang menjadi sikap bersama sebagai bangsa Indonesia. Karena itu, bahasa Indonesia juga dapat dianggap sebagai cerminan sikap kebangsaan untuk memajukan Bhineka Tunggal Ika. Kehadirannya dapat diterima di semua daerah, wilayah, lintas agama dan lintas etnis, orang desa dan orang kota, perempuan maupun laki-laki. Kehadirannya sebagai pemersatu sudah berumur lebih tua dari Republik Indonesia sendiri.
Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah …
A. Sudah seharusnya kita tetap mempertahankan bahas daerah kita masing-masing agar Bhineka Tunggal Ika tetap terjaga dengan baik.
B. Sebaiknya kita selalu menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan siapa pun dan dimana pun untuk menjaga persatuan bangsa kita.
C. Hendaknya kita selalu bersyukur karena bahasa Indonesia tetap lestari hingga sekarang sekalipun usianya lebih tua dari negara kita ini.
D. Sepantasnya kita selalu menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai produk budaya yang merupakan cerminan sikap kebangsaan rakyat Indonesia.

16. Bacalah teks berikut!
Si Gajah membiarkan para tikus tinggal di dekat rumahnya. Dengan tinggal dekat kawanan gajah para tikus merasa lebih aman. Burung hantu, kucing, atau hewan pemangsa tikus lainnya jadi segan mengganggunya. Namun suatu hari, tiba-tiba datanglah sekelompok pemburu ke hutan itu. Kemudian mereka berhasil menangkap tiga ekor gajah dengan jaring yang besar dan kuat. Si gajah sangat sedih karena tak satu hewan pun di hutan itu yang bisa menolong mereka.
Makna kata segan pada kutipan fabel tersebut adalah ….
A. malas
B. takut
C. malu
D. enggan

17. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Pak Heru berinisiatif untuk mengantarkan Toni pulang ke rumahnya. Betapa terkejutnya Pak Heru setelah melihat kondisi rumah Toni yang sudah tidak layak untuk ditempati. Rumahnya berupa gubuk kecil yang terbuat dari bambu dengan atap genteng yang bolong. Setiap hujan datang, pasti rumah Toni tidak dapat ditinggali karena atap rumahnya bocor. Tetapi, Pak Heru kagum dengan Toni. Toni masih sempat membaca buku, buku cerita maupun buku pengetahuan umum. Walaupun tidak bersekolah, Toni bisa membaca karena ia pernah bersekolah sampai kelas 4 SD pada saat orang tuanya masih hidup.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Toni berinisiatif untuk minta tolong Pak Heru mengantarkannya pulang ke rumah.
B. Pak Heru terkejut melihat kondisi rumah Toni yang sangat layak untuk ditempati.
C. Toni tidak lagi tinggal dengan orangtuanya karena mereka sudah meninggal dunia.
D. Rumah Toni tidak dapat ditinggali lagi karena dinding bambu rumahnya bolong.

18. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Ketika cahaya bersinar, menembus celah-celah kecil jendela. Udara sejuk menyentuh hingga ke raga. Hembusan angin terdengar mendesah berirama. Bunga pagi serentak merekah merona. Ketika bunga tidur terbuyarkan oleh mata. Mata yang awalnya terpejam, kini terbuka nyata. Aroma sarapan menggugah selera. Ingin rasanya cepat-cepat menikmatinya. Wah, tumben ma… masaknya enak-enak?
Kutipan teks cerita tersebut merupakan struktur teks cerpen bagian ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. klimaks
D. resolusi

19. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Usai orang kampung shalat subuh, Domo dibawa ke balai adat. Para datuk-datuk berkumpul. Ada 30 orang datuk berkumpul sepagi itu. Acara mereka hanya satu: menghukum Domo. Ketua kerapatan adat membuka rapat dengan suara baritonnya. "Telah terserak ke bumi, telah terpancar ke langit, anak kemenakan kita Domo, pesiul ulung di nagari ini, telah mencoreng arang di kening.”
Makna simbol balai adat dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Kearifan lokal yang harus dijaga kelestariannya
B. kekuasaan pemimpin yang tidak dapat diganggu gugat
C. bangunan yang bagus untuk kunjungan wisata budaya
D. penegakan sistem hukum di wilayah adat

20. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Kakek duduk di kursi malas sambal merokok, nenek diam saja. Aku dan Bi Ijah menjahit pakaian yang perlu untuk perkawinanku. Sambil menjahit, Bibi mengajariku bagaimana cara seorang wanita harus bercakap-cakap secara halus, melayani orang dengan baik, berbicara dengan calon suaminya, dan lain-lain.
Isi yang tersirat dalam kutipan teks tersebut adalah ...
A. Orang tua yang sedang beristirahat tidak boleh diganggu.
B. Nasihat yang baik kepada anak yang hendak menikah.
C. Setiap keluarga harus selalu duduk bersama di dalam rumah.
D. Orang tua selalu mengurusi keperluan anaknya.

21. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Pagi saat sarapan, Naha turun ke meja makan. Di sana sudah ada Papa, Mama, dan Kina.
“Naha, ayo sarapan, sayang! Mama udah masakin sarapan yang enak, loh.”
Naha tetap diam dan meminum jusnya dengan berdiri.
“Naha! Jawab dong tawaran mama, jangan diem aja!” perintah papanya.
“Aku nggak peduli! Ingat ya, pa, aku nggak pernah mau menganggap mereka. Dan dia bukan mama aku!”
“Naha! (sambil berdiri menggebrak meja). Jaga omongan kamu!”
“Kenapa, Pa? Papa marah? Terserah! Papa juga nggak peduli sama aku. Papa cuma peduli sama mereka.”
“Naha, kamu jangan ngomong gitu!” ucap Kina.
“Diam, lo! Nggak usah ikut campur!”
“Naha, kenapa kamu jadi kasar gini, Nak?” keluh papanya.
“Papa tuh seharusnya udah tahu kenapa aku jadi kayak gini,”
Naha keluar dan tidak mempedulikan mereka.
Akibat konflik kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Nana tidak mau duduk saat sarapan.
B. Nana tidak menjawab tawaran sarapan dari mamanya.
C. Nana keluar dan tidak mempedulikan mereka.
D. Papa Nana hanya memperhatikan mama dan saudara tirinya.

22. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Teks 1
Riyona tiba-tiba mendobrak pintu dan masuk begitu saja. Rumahnya ternyata sepi tidak ada siapapun. Namun, mengapa pintunya tidak terkunci hingga dia dengan mudah mendobrak masuk.
Dia pun mencari HP-nya yang tertinggal. Di bolak-baliknya bantal dan guling yang ada di kasurnya. Karena seingatnya ditaruhnya di sana. Setelah ditemukan, dia kunci pintu dan berangkat lagi ke tempat kerjanya. Dia pergi ke halte untuk menunggu bis yang melewati kantornya
Teks 2
Mendung hitam menyelimuti kampung yang tidak seberapa banyak penghuninya tersebut. Gelap menjadikan kampung itu layaknya malam tanpa bintang. Kesunyian mendera kampung yang dilingkupi perbukitan itu. Bahkan, tidak ada bayangan hewan pun berkeliaran di sana.
Semua penduduk desa yang tidak seberapa jumlahnya itu menutup pintu rumahnya rapat-rapat seakan angin pun ditolaknya untuk menerobos masuk ke dalamnya.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah ....
A Teks 1: diawali latar, Teks 2: diawali garis besar cerita
B Teks 1: diawali garis besar cerita, Teks 2: diawali aksi tokoh
C Teks 1: diawali aksi tokoh, Teks 2: diawali orientasi
D Teks 1: diawali orientasi, Teks 2: diawali latar

23. Bacalah kedua teks cerita berikut!
Teks 1
Tak berapa lama, aku mendengar suara langkah kaki orang. Aku tahu itu ibuku. Aku pun memanggilnya. “Bu …, Ibu dari mana?” tanyaku sembari mendekati suara langkah kaki itu. Tetapi tak ada sahutan. Aku mencoba terus memanggil, “Bu, Ibu ...,“ panggilku lagi. Tetapi tetap tidak ada sahutan. Aku terdiam sejenak.
Setelah beberapa menit, ibu mulai bicara, “An, Ibu ingin bicara sama kamu.” Mendengar suara Ibu, aku tergugah, lalu mencoba mendekati suaranya. “Katakan, Bu. Ibu ingin bicara apa?” Lagi-lagi Ibu terdiam, “An, kamu mau dapet donor mata. Kamu seneng…?” Mendengar kata-kata Ibu, aku kaget dan sangat bahagia.
Teks 2
Di pinggiran sungai ada seekor buaya yang sedang kelaparan. Sudah tiga hari Buaya itu belum makan. Perutnya terasa lapar sekali. Mau tidak mau, hari ini dia harus makan. Sebab kalau tidak, bisa-bisa ia akan mati kelaparan. Buaya itu segera masuk ke dalam sungai. Ia berenang perlahan-lahan menyusuri sungai mencari mangsa.
Buaya melihat seekor bebek yang sedang berenang di sungai, Bebek tahu dia sedang diawasi oleh Buaya, dia segera menepi. Melihat mangsanya akan kabur, Buaya segera mengejar dan akhirnya Bebek pun tertangkap.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks cerita tersebut adalah …
A Teks I: menggunakan ungkapan keterkejutan, Teks II: menggunakan ungkapan cerapan pancaindra
B Teks I: didominasi kalimat-kalimat langsung, Teks II: didominasi kalimat tak langsung
C Teks I: mengandung kalimat-kalimat perbandingan, Teks II: menggandung kalimat-kalimat sebab-akibat
D Teks I: terdapat kata-kata dari bahasa daerah, Teks II: terdapat kata-kata dari bahasa asing

24. Bacalah teks cerita berikut!
(1) Ketika mentari sudah mulai meninggi, sepasang suami istri mengunjungiku dan ibu. Mereka menatapku dengan rasa sayang. Ternyata mereka orang tua Tiara, sekaligus orang tua dari anak yang mendonorkan matanya untukku. (2) Saat aku mengetahuinya, aku tertegun sedih. Aku salah karena telah mengambil mata orang lain, terlebih ia Tiara, sahabatku. (3) Aku menangis, lalu ibu Tiara mengusap air mataku. Dan berkata padaku, “Tiara bahagia, melihat kamu bahagia,” ujarnya padaku. (4) Aku melihat ke sekeliling, tetapi aku tidak melihat Tiara. Aku bertanya kepada ibu Tiara, di mana Tiara, tetapi beliau langsung menangis.
Bukti latar pada kutipan teks cerita tersebut terdapat pada bagian …
A. (4)
B. (3)
C. (1)
D. (2)

25. Bacalah teks fabel berikut!
Esok harinya, terdengar sorakan dari para binatang. “Asyik! Pasti di sana ada banyak makanan! Aku bisa makan sepuasnya!” sorak Cattya si anak kucing. “Aku juga bisa makan biji-bijian, kan? Oh ya, bagi para ulat kalian tenang saja, aku tak akan memakan kalian, kok!” pekik Chacky si ayam jago.
Fintu hanya tersenyum mendengar pernyataan teman-temannya itu
Namun tiba-tiba… “Ah, ini hanya pesta kecil! Lihat saja, suatu saat nanti, aku akan membuat pesta yang lebih besar!” dengan angkuh Tuvi berkata. “Tuvi! Kau tak boleh begitu!” seru Piku si beruang madu.
“Huh! Biarkan saja!” balas Tuvi sambil pergi.
Beberapa hari kemudian, Tuvi dan Fintu sudah menjadi kepompong. Mereka menjalani hidup sebagai kepompong biasa.
Beberapa minggu kemudian, mereka sudah keluar dari kepompongnya. Tak disangka, sayap Tuvi ternyata berwarna hitam! Sedangkan Fintu malah berwarna-warni. Tuvi tahu, ini akibat keangkuhannya. Ia sangat menyesal.
Komentar yang sesuai dengan isi teks cerita tersebut adalah …
A. Jika akan merayakan kegembiraan, hendaknya kita mengundang semua teman dan kerabat.
B. Ulat akan mengalami perubahan bentuk sehingga tidak sepatutnya apabila bersikap sombong.
C. Kita tidak perlu mengejek teman yang mengadakan pesta sederhana di rumahnya.
D. Bersikap angkuh terhadap orang lain hanya akan mendatangkan kerugian bagi diri sendiri.

26. Bacalah paragraf berikut!
Terdapat beberapa masalah kesehatan yang selalu mengintai masa remaja. Masalah kesehatan tersebut antara lain seperti anemia, kekurangan energi kronis (KEK), stunting dan masih banyak lagi. ( …) merupakan masalah kesehatan sebagai akibat dari kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi, semangat, hingga kebugaran tubuh.
Istilah di bidang kesehatan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. hipertensi
B. stunting
C. anemia
D. diabetes

27. Bacalah paragraf berikut!
Buah naga merah berkerabat dengan jenis tanaman kaktus dari marga sSelenicereus dan Hylocereus. Buah ini pertama kali ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah. Saat ini buah naga merah telah banyak (…) di berbagai negara, seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia, Okinawa, Tiongkok Selatan, Australia, dan Indonesia. Mereka membudidayakannya karena banyaknya manfaat dari buah ini.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….
A. dibudidayakan
B. dijual
C. dilestarikan
D. diekspor

28. Bacalah laporan berikut!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng pada Sabtu, 8 Oktober 2019 pukul 07.00.
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami.
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus.
Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ….
A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)
C. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)
D. (5)-(3)-(2)-(4)-(1)

29. Bacalah paragraf berikut!
Pada zaman Hindia Belanda, para pelajar di Algemene Middelbare School (AMS) yang setara dengan Sekolah Menengah Umum (SMU) sekarang diwajibkan untuk membaca. Siswa diminta melahap paling tidak 20 sampai 25 buku karya sastra selama tiga tahun masa studi mereka. (...) Hal tersebut dapat dibayangkan banyaknya tulisan yang dihasilkan oleh setiap pelajar selama kurun waktu tiga tahun tersebut.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Kegiatan membaca biasanya diikuti dengan menulis karangan setiap minggunya.
B. Kegiatan membaca ditanamkan sejak usia anak masuk sekolah setara dengan sekolah dasar.
C. Para pelajar sudah tidak perlu lagi ditunggui supaya rajin membaca buku bacaan.
D. Seandainya pelajar sekarang juga melakukan hal yang sama, tentu hasilnya sungguh luar biasa.

30. Bacalah teks berikut!
Buah ternyata mengandung listrik. Kandungan listrik pada buah berbeda-beda besarnya. Ada yang kuat, ada yang lemah. Buah-buah yang manis seperti pisang, jambu air, anggur merah, dan lain-lain mampu menyalakan bolam, tetapi redup. Buah-buah yang masam seperti kedondong, tomat, mangga muda, dan lain-lain bisa menyalakan bolam dengan terang.
Kalimat berupa simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Semakin masak buah, semakin banyak mengandung listrik.
B. Semakin masam buah, semakin banyak mengandung listrik.
C. Semakin banyak buah, semakin banyak mengandung listrik.
D. Semakin matang buah, semakin banyak mengandung listrik.

31. Bacalah kalimat berikut!
Cara paling akurat untuk mengetahui gaya belajar seseorang adalah dengan tes khusus.
Variasi kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. sah
B. nyata
C. tepat
D. konkret

32. Bacalah paragraf berikut!
Dengan kartu ATM, masyarakat makin mudah melakukan transaksi perbankan. Dahulu melakukan transaksi perbankan harus datang ke bank yang bersangkutan. Masyarakat harus mengisi slip transaksi. Mereka juga harus mengantre giliran melakukan transaksi. Namun, kini masyarakat dapat melakukan transaksi di mana pun dan kapan pun tanpa harus bank tertentu.
Variasi kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
A. Masyarakat makin mudah melakukan transaksi kartu ATM dengan perbankan.
B. Transaksi kartu ATM dengan perbankan makin mudah dilakukan masyarakat.
C. Transaksi dengan kartu ATM makin mudah dilakukan masyarakat perbankan.
D. Dengan kartu ATM, transaksi perbankan makin mudah dilakukan masyarakat.

33. Perhatikan data yang ada dalam tabel berikut!
Paragraf yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ...
A. Kunjungan siswa SMP Pelita Nusa ke perpustakaan dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan. Kunjungan terbanyak dilakukan oleh siswa kelas IX dengan jumlah 2.051 siswa. Disusul kelas VIII dengan jumlah 1.885 siswa. Dan yang paling sedikit mengunjungi perpustakaan adalah siswa kelas VII dengan jumlah 1.637 siswa.
B. Kunjungan siswa SMP Pelita Nusa ke perpustakaan dalam tiga tahun terakhir tidak mengalami kenaikan. Kunjungan terbanyak dilakukan oleh siswa kelas VII dengan jumlah 2.051 siswa. Disusul kelas VIII dengan jumlah 1.885 siswa. Dan yang paling sedikit mengunjungi perpustakaan adalah siswa kelas IX dengan jumlah 1.637 siswa.
C. Kunjungan siswa SMP Pelita Nusa ke perpustakaan dalam tiga tahun terakhir mengalami penurunan. Kunjungan terbanyak dilakukan oleh siswa kelas VII dengan jumlah 2.051 siswa. Disusul kelas VIII dengan jumlah 1.885 siswa. Dan yang paling sedikit mengunjungi perpustakaan adalah siswa kelas IX dengan jumlah 1.637 siswa.
D. Kunjungan siswa SMP Pelita Nusa ke perpustakaan dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan. Kunjungan terbanyak dilakukan oleh siswa kelas VII dengan jumlah 2.051 siswa. Disusul kelas VIII dengan jumlah 1.885 siswa. Dan yang paling sedikit mengunjungi perpustakaan adalah siswa kelas IX dengan jumlah 1.637 siswa.

34. Bacalah teks berikut!
Ridho : “Pak Wawi, bolehkah saya tanya cara membuat nasi goreng?”
Wawi : “Boleh, Nak. Caranya mudah. Pertama kamu siapkan bahan-bahan dan alatnya dulu.”
Ridho : “Apa saja, Pak Wawi?”
Wawi : “Siapkan 5 butir cabai merah, 3 siung bawang merah, dan 4 siung bawang putih sebagai bumbunya, lalu haluskan!
Ridho : “Lalu bagaimana lagi, Pak?”
Wawi : “Masukkan minyak goreng ke wajan, lalu panaskan dengan api sedang. Kocok 2 butir telur lalu masukkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Kemudian, masukkan bumbu yang tadi sudah dihaluskan, aduk hingga merata dan mengeluarkan aroma yang sedap.”
Ridho : “Wah iya, Pak. Aromanya sedap sekali, bikin lapar.”
Wawi : “Selanjutnya, masukkan nasi putih, garam, penyedap, dan kecap manis ke dalam wajan dan aduk hingga merata. Kemudian, kalau sudah matang, letakkan nasi goreng di piring yang sudah diberi hiasan.
Ridho : “Wah, sudah bisa dimakan, Pak?”
Wawi : “Nasi goreng sudah siap untuk dinikmati.”

Ubahlah teks dialog tersebut menjadi sebuah prosedur ….
A. Cara Membuat Nasi Goreng
1. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan!
2. Haluskan bumbu-bumbu: cabai, bawang merah, dan bawang putih!
3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan, lalu kocok telur!
4. Masukkan nasi putih, garam, penyedap, dan kecap manis, aduk hingga merata!
5. Sajikan ke piring, beri hiasan agar lebih menarik!
6. Nasi goreng siap dinikmati.

B. Cara Membuat Nasi Goreng
1. Siapkan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih, lalu dihaluskan!
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang, lalu kocok 2 butir telur ke dalam wajan!
3. Masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wajan, aduk hingga keluar aroma sedap!
4. Masukkan nasi putih, garam, penyedap, dan kecap manis ke wajan, aduk hingga merata!
5. Tuangkan nasi goreng ke piring dan beri hiasan!
6. Nasi goreng siap dinikmati.

C. Cara Membuat Nasi Goreng
1. Siapkan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih, lalu dihaluskan!
2. Masukkan minyak goreng ke wajan, panaskan dengan api sedang.
3. Masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wajan, aduk hingga keluar aroma sedap!
4. Masukkan nasi putih, garam, penyedap, aduk hingga merata!
5. Tuangkan nasi goreng ke piring dan beri hiasan!
6. Nasi goreng siap dinikmati.

D. Cara Membuat Nasi Goreng
1. Siapkan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih!
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang, lalu kocok 2 butir telur ke dalam wajan!
3. Masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wajan, aduk hingga keluar aroma sedap!
4. Masukkan nasi putih penyedap dan kecap manis ke wajan, aduk hingga merata!
5. Tuangkan nasi goreng ke piring dan beri hiasan!
6. Nasi goreng siap dinikmati.

35. Bacalah teks berikut!
Adinda adalah mahasiswi yang handal dalam bidang sains. Gadis cantik asal Sumatra ini menempuh pasca sarjana di UGM. Di kelasnya, dia termasuk mahasiswi yang jenius. Aktivitas Adinda sehari-hari saat ini adalah kuliah dan melakukan penelitian.
Kata yang tidak sesuai kaidah dalam teks tersebut adalah ….
A. handal, jenius, aktivitas
B. mahasiswi, sains, pasca sarjana
C. handal, pasca sarjana, jenius
D. sains, jenius, aktivitas

36. Bacalah teks berikut!
(1) Anak-anak zaman sekarang susah untuk dinasihati.
(2) Para pemenang diminta untuk maju ke depan.
(3) Aril pergi ke pesta pernikahan Ainun mengenakan jas hitam.
(4) Siswa yang membawa telepon genggam di sekolah harap dimatikan.
Kalimat yang tidak sesuai kaidah ditunjukkan pada nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

37. Bacalah teks berikut!
Pembangunan vila liar di daerah pengunungan dapat […] wilayah resapan air yang dapat memicu terjadinya banjir.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. dikurangi
B. berkurang
C. mengurangi
D. dikurangkan

38. Bacalah kalimat berikut!
Safira pasti akan memaafkannya […] Nadia mau mengakui kesalahannya.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut adalah….
A. sebagaimana
B. meskipun
C. sehingga
D. seandainya

39. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Peringatan Hari Wayang Internasional di Sragen berlangsung sangat meriah. Setidaknya dua puluh empat dalang kondang ikut memanfaatkan peringatan tersebut. Secara bergantian, mereka memainkan wayang dengan gaya masing-masing. Pentas yang sampaikan di Alun-Alun Sasono Langen Putro Sragen tersebut berlangsung selama 24 jam nonstop .
Kata yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat kedua dan keempat pada paragraf tersebut adalah ...
A. memerankan, dilaksanakan
B. memeriahkan, digelar
C. melaksanakan, dipusatkan
D. mengisi, disediakan

40. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
(1) Durian adalah buah asli Asia Tenggara, yang dibudidayakan dan tumbuh liar di hutan-hutan di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. (2) Buah tersebut merupakan salah satu buah terbesar, yang beratnya bisa mencapai 1-4 kg dengan diameter 15-30 cm. (3) Meskipun harga buah ini cukup mahal, namun banyak orang yang menyukainya. (4) Pohon durian berbuah setelah berusia 4-5 tahun dan dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat nomor (3) agar paragraf tersebut menjadi padu adalah ...
A. Buah yang memiliki rasa lezat ini hanya bisa tumbuh subur di daerah yang dingin.
B. Durian memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga sangat baik untuk kesehatan.
C. Daging buahnya berwarna kuning emas dan ukuran bijinya bervariasi, tergantung spesiesnya.
D. Kita harus hati-hati apabila mengupas durian karena duri-durinya sangat tajam.

41. Cermati kalimat berikut!
Banyak buku-buku di perpustakaan sekolah yang belum dibaca siswa.
Penggunaan kata banyak pada kalimat tersebut tidak tepat karena ...
A. kata buku-buku sudah memiliki makna banyak
B. kata ulang tidak boleh didahului dengan kata bilangan tidak tentu.
C. kata banyak tidak bisa diikuti oleh kata ulang
D. kata bilangan tidak tentu tidak boleh diletakkan di awal kalimat.

42. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
(1) Buah alpokat sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk program diet menurunkan berat badan karena mengandung nutrisi penting seperti protein, karbohiodrat, vitamin C, vitamin A, dan lemak. (2) Nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan sekali selama menjalani diet. (3) Mengonsumsi buah alpokat juga dapat membuat kita tidak lapar dalam waktun lama karena kaya akan serat dan lemak baik. (4) Bahkan buah ini cocok digunakan sebagai pengganti nasi karena kandungan glukosanya sangat rendah.
Kalimat nomor (2) pada paragraf tersebut tidak efektif karena ....
A. terdapat konjungsi yang tidak tepat
B. terdapat pemborosan kata
C. tidak mempunyai subjek
D. menggunakan kata ulang

43. Cermati kalimat berikut dengan saksama!
Peletakan batu pertama pembangunan jembatan yang menghubungkan desa Tenggarjaya dengan desa Tenggarwangi di kecamatan Jatilawang dilakukan oleh bupati Banyumas.
Kesalahan penggunaan huruf kapita terdapat pada kata ...
A. Tenggarjaya, Tenggarwangi, Jatilawang
B. desa, Jatilawang, bupati
C. desa, kecamatan, bupati
D. jembatan, jatilawang, Banyumas

44. Cermati kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Perpindahan ibu kota negara diharapkan menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk mendesain sistim transportasi yang lebih modern.
(2) Dengan transportasi modern yang digagas tersebut diharapkan tidak ada lagi problim kemacetan di ibu kota yang baru.
(3) Pembiayaan menjadi masalah utama dalam pembangunan transportasi modern di ibu kota baru.
(4) Permasalahan tersebut telah dibahas dalam seminar nasional yang diselenggarakan di auditorium Universitas Sebelas Maret.
Kesalahan penulisan ejaan terdapat pada kalimat ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (1) dan (3)
D. (1) dan (4)

45. Bacalah kalimat berikut!
(1) Ainun, Lalita dan Aril adalah murid yang berprestasi. (2) Jika tidak ada halangan, mereka akan berangkat ke Thailand mengikuti Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO). (3) Saat diwawancarai Arinda mengatakan, “Saya selalu siap menjadi juara.” (4) Bahkan, orang tua dan teman-teman mereka pun selalu memberi semangat untuk menjadi juara.
Kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

46. Bacalah kalimat berikut!
Yasmita bekerja di […] sebagai perawat. Selain itu, dia diberi […] sebagai kepala bangsal.
Kata dengan ejaan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ….
A. Puskesmas, tanggung jawab
B. puskesmas, tanggungjawab
C. puskesmas, tanggung jawab
D. PUSKESMAS, tanggung jawab

47. Bacalah kalimat berikut!
Kerjakan tugas ini sekarang! perintah Bu Lia. Besok kita bahas di kelas.
Penulisan tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A. “Kerjakan tugas ini sekarang!” perintah Bu Lia, “besok kita bahas di kelas.”
B. “Kerjakan tugas ini sekarang,” perintah Bu Lia. Besok kita bahas di kelas.”
C. “Kerjakan tugas ini sekarang!” perintah Bu Lia. “Besok kita bahas di kelas.”
D. “Kerjakan tugas ini sekarang.” perintah Bu Lia. “Besok kita bahas di kelas.”

48. Bacalah kalimat berikut!
Untuk berobat ke Rumah Sakit Swasta dan Negeri, kita diminta membawa kartu BPJS dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat administrasi.
Perbaikan ejaan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah….
A. Untuk berobat ke rumah sakit Swasta dan Negeri, kita diminta membawa kartu BPJS dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat Administrasi.
B. Untuk berobat ke Rumah Sakit Swasta dan Negeri, kita diminta membawa kartu BPJS dan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat administrasi.
C. Untuk berobat ke rumah sakit swasta dan negeri, kita diminta membawa kartu BPJS dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat administrasi.
D. Untuk berobat ke rumah sakit swasta dan negeri, kita diminta membawa kartu BPJS dan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat administrasi.

49. Bacalah kalimat berikut!
Surat yang ditandatangani a/n Direktur P.T. Merdeka berlaku dari 30 Januari s/d. 5 Februari 2020.
Perbaikan tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut adalah …
A. Surat yang ditandatangani a.n. Direktur P.T. Merdeka berlaku dari 30 Januari s.d. 5 Februari 2020.
B. Surat yang ditandatangani a/n Direktur PT Merdeka berlaku dari 30 Januari s/d. 5 Februari 2020.
C. Surat yang ditandatangani a.n. Direktur PT Merdeka berlaku dari 30 Januari s.d. 5 Februari 2020.
D. Surat yang ditandatangani a.n. Direktur PT. Merdeka berlaku dari 30 Januari s.d. 5 Februari 2020.

50. Bacalah kalimat berikut!
Perut Dinda tidak akan sakit, jika tidak makan satai ponorogo dengan cabai lima buah.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca dan ejaan pada kalimat tersebut adalah…
A. tanda baca koma (,) tidak dipakai pada kalimat yang induk kalimat mendahului anak kalimat dan suatu ciri khas suatu daerah, nama daerahnya diawali huruf kapital
B. tanda baca koma (,) tidak dipakai pada kalimat yang induk kalimat mendahului anak kalimat dan semua jenis makanan yang menggunakan nama daerah ditulis kapital
C. tanda baca koma (,) tidak dipakai pada kalimat majemuk setara dan semua jenis makanan yang menggunakan nama daerah ditulis kapital
D. tanda baca koma (,) tidak dipakai pada kalimat majemuk setara dan suatu ciri khas suatu daerah, nama daerahnya diawali huruf kapital

KUNCI JAWABAN:

Terima kasih sudah membaca Latihan Soal Belajar di Rumah (StayHome) Pandemik Korona (Corona/ Covid 19)
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Latihan Soal Belajar di Rumah (StayHome) Pandemik Korona (Corona/ Covid 19)"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

loading...