Widget HTML Atas

Daur Hidup pada Nyamuk

Daur Hidup pada Nyamuk-- Setiap hewan pasti mengalami tahap pertumbuhanan dan perkembangan. Daur hidup dimulai saat keluar dari perut induknya hingga dewasa. Setelah dewasa hewan dapat menghasilkan keturunan kembali. Namun, daur hidup pada beberapa kelompok hewan ternyata berbeda-beda. Nyamuk adalah hewan yang memiliki siklus atau daur hidup tertentu. Dalam daur tersebut, nyamuk mengalami tahapan perubahan bentuk selama proses hidupnya. Perubahan ini lazim disebut dengan metamorfosis. Khusus pada nyamuk, hewan ini tergolong dalam hewan yang mengalami metamorfosis sempurna sebab bentuk tubuhnya berubah di setiap tahapan daur.

Nyamuk mengalami empat tahapan daur hidup yang menyerupai rantai membentuk siklus. Urutan daur hidup tersebut terdiri dari; telur, larva (jentik), pupa, nyamuk kecil dan nyamuk dewasa. Setiap tahapan perkembangan nyamuk menunjukkan perubahan yang khusus. Perubahan inilah yang menyebabkan nyamuk tergolong hewan yang bermetamorfosis sempurna. Coba perhatikan gambar daur hidup nyamuk dibawah ini:

Nyamuk bertelur di air yang tergenang. Di daerah yang panas nyamuk cepat berkembang biak atau bertelur. Telur nyamuk yang berjumlah lebih dari 100 butir biasanya diletakkan pada permukaan air atau menempel pada sisi bawah dedaunan yang terapung. Setelah beberapa hari, telur nyamuk akan menetas menjadi tempayak (jentik-jentik). Tempayak kemudian menjadi kepompong (pupa). Selanjutnya dari kepompong mengalami perubahan bentuk menjadi nyamuk dewasa.

Posting Komentar untuk "Daur Hidup pada Nyamuk"

Perhatian: Untuk artikel soal, KUNCI JAWABAN klik tautan di soal terakhir

Berlangganan via Email