Widget HTML Atas

Contoh Soal Menentukan Bagian Teks

1. 4. Pernyataan berikut yang merupakan bagian definisi umum dari teks laporan hasil observasi adalah….
a. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengatahuan, pendidikan, dan pariwisata.
b. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelastarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia
c. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan menerangkan pengetahuan
d. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, misalnya untuk pengamatan fenomena alam, konservasi alam, pemanfaatan air, energi air panas, dan angin wisata alam.

2. (1) Curuk Cijalu terletak di Kecamatan Sagalaherang, berjarak 37 km dari kota Subang ke arah selatan (1 jam perjalanan) dan sekitar 50 km dari Kota Bandung ke arah utara (1,5 km perjalanan). (2) Seperti namannya, curug (air terjun, bahasa Sunda), merupakan sepasang air terjunyang tumpahan airnya mengalir derasmembelah bukit di puncak Gunung Sunda, sekitar 800 meter di atas permukaan laut. (3) Tumpahan air itu menyajikan panorama indah pada birunya langit, sejuknya udara, dan hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang berada di Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. (4) Belum lagi percikan air terjun yang dingin, sejuk dan putih, membuat para wisatawan tak tahan lagi ingin segera bermandi ria di bawahnya.
Pada teks di atas, kalimat definisi terdapat pada ….
a. kalimat ke-1
b. Kalimat ke-2
c. kalimat ke-3
d. kalimat ke-4

3. Pernyataan berikut yang merupakan kalimat definisi adalah ….
a. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan diikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata.
b. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelestarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia.
c. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengembangkan pengetahuan.
d. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat peenelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, seperti untuk pengamatan fenomena alam dan lain-lain.
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!