Makna Simbol dalarn Cerpen dan Fabel

Artikel Terbaru:
Simbolisme merupakan suatu aliran dalam kesusastraan yang menggambarkan pengalaman batin, pikiran, emosi, melalui obyek-obyek, kata-kata, bunyi-bunyi yang mempunyai fungsi simbolik maksudnya obyek, kata, dan bunyi yang mempunyai makna referensi. Penulis terkadang mengungkapkan ide-idenya dalam bentuk simbol yang nantinya akan ditafsirkan atau dimaknai sendiri oleh pembaca.
Dalam karya sastra simbol hadir berupa kata yang maknanya mengacu kepada makna lain. Simbol hadir karena penulis atau pengarang ingin menyampaikan pikiran, perasaan, dan keinginannya dengan bahasa yang khas. Sesuatu dalam teks sastra bisa dilihat sebagai simbol, bisa juga tidak, itu bergantung pada interpretasi pembaca.
Pemaknaan terhadap simbol diserahkan kepada pembaca yang membaca karya sastra tersebut.

Selain itu simbol merupakan tanda yang terbentuk secara konvensial atau semata-mata karena kesepakatan, contohnya, bahasa secara umum (abjad, kata-kata, frase-frase). Burung merpati adalah simbol perdamaian, melati putih merupakan simbol cinta suci, mawar adalah simbol cinta yang membara, tidur adalah tanda kematian, dan lain sebagainya.

Contoh Soal dan Pembahasan

Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.
"Aku tidak haus," jawab keledai.
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm...benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.

1. Simpulan makna simbol dalam fabel di atas adalah ....
A. Jangan mudah percaya terhadap orang lain
B. Jangan menganggap siapa pun lemah
C. Berhati-hatilah terhadap orang yang baru dikenal
D. Berbuat baik atau buruk kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.
Jawaban: D
Pembahasan:
Simpulan makna simbol dalam fabel di atas adalah berbuat baik atau buruk kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.

2. Kuda dalam fabel tersebut menyimbolkan orang yang ....
A. tangkas
B. hebat
C. kuat
D. waspada
Jawaban: D
Pembahasan:
Kuda dalam fabel tersebut menyimbolkan orang yang waspada.

Soal lainnya: Contoh Soal Menyimpulkan Makna Simbol dalam Cerpen dan Fabel
Artikel Terbaru Mapel Lainnya: