Siswa Terbaik Bulan Ini (Agustus 2014)

Siswa Terbaik Bulan Ini (Agustus 2014)-- Berdasarkan hasil pembelajaran selama bulan Agustus dan banyaknya perolehan bintang yang dikumpulkan oleh kelompok yang mengindikasikan keaktifan kelompok, Bapak ingin menyampaikan selamat buat siswa-siswi yang namanya tertulis di sini. SEMOGA MENJADI PEMICU UNTUK TERUS MENJADI YANG TERBAIK!!!! Buat siswa lainnya, jangan kecewa, masih ada kesempatan bulan berikutnya.... Semangat!!!!!!

Kelas 7a: M. USMAN (Kelompok 4)
Kelas 7b: ERSHINTA (Kelompok 1)
Kelas 8a: LISA (Kelompok 4)
Kelas 8b: ANNISA (Kelompok 2)
Kelas 9b: NADIA NOVITA RIZQI (Kelompok 1)
Kelas 9c: FATHUAH AULIA (Kelompok 1)

Topik-topik Cerita yang Terdapat dalam Fabel "Jiji Jerapah dan Kus Tikus"

Topik-topik Cerita yang Terdapat dalam Fabel "Jiji Jerapah dan Kus Tikus"-- Kalian tentu sudah mengenal teks cerita moral (fabel) melalui pemodelan teks yang diberikan gurumu. Tugas kamu pada akhirnya nanti yaitu dapat membuat teks fabel sesuai dengan cerita yang pernah kamu dengar atau baca, ataupun mungkin kamu ingin menciptakan fabel baru. Sebagai kegiatan pendahuluannya, kamu bisa berlatih dulu menyimpulkan topik-topik cerita fabel yang kamu baca, misalnya “Jiji Jerapah dan Kus Tikus” yang ada di buku paket. Setelah topik-topik cerita itu kamu temukan, barulah kamu susun kembali teks itu dengan kalimat atau kata-katamu sendiri. Judulnya pun bisa kamu tentukan sendiri. Wah, mengasyikkan, ya..... Untuk memudahkanmu, masukkan topik-topik teks itu ke dalam struktur teks cerita fabel seperti berikut:

A. Orientasi
1. Dikisahkan hiduplah sekelompok binatang di sebuah kampung.
2. Jiji Jerapah ingin mencari pekerjaan.

B. Komplikasi
1. Masalahnya Jiji terlalu tinggi untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan padanya.
2. Jiji ditawari jadi kondektur bus, namun lehernya yang panjang itu harus ditekuk jika berada di dalam bus, dan itu membuat lehernya nyeri.
3. Jiji ditawari jadi sopir truk, namun lehernya hars ditekuk pla jika duduk di ruang kemudi.
4. Sahabatnya, si Kus Tikus yang bekerja sebagai tukang cat rumah mengalami kesulitan menaiki tangga.
5. Kus Tikus juga kesulitan jika hendak mengecat langit-langit rumah.

C. Resolusi
1. Kus mulai menawarkan kerja sama dengan Jiji.
2. Kus Tikus pun menjadi mudah jika hendak mengecat, ia tinggal menaiki leher Jerapah untuk mengecat bagian rumah termasuk bagian yang sulit dijangkau.
3. Jerapah akhirnya menemukan juga pekerjaan yang cocok untuknya.

D. Koda
1. Akhirnya, mulai saat itu Jiji dan Kus bekerja sama sebagai tukang cat di kampung tersebut.
2. Keduanya bekerja kompak dan selalu memuaskan pelanggannya.

Contoh Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) tentang Lingkungan Hidup

Contoh Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) tentang Lingkungan Hidup-- Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang dibuat/ ditulis dari hasil observasi di lapangan. Teks laporan hasil observasi memiliki ciri struktur yang terdiri atas: Definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Ciri lainnya adalah informasi yang dimuat dalam teks laporan hasil observasi berdasarkan fakta (faktual), yaitu hasil penelitian/ pengamatan (observasi) yang telah dilakukan.
Berikut contoh teksnya :
Kelestarian Lingkungan Hidup
Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: Unsur hayati (biotk), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotk), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari mahluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam prilaku sebagai mahluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari mahluk tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan di lingkungan sekitar, masalah lingkungan disebabkan oleh dua faktor:
a. Ulah manusia.
Coba saja perhatikan. Kerusakan lingkungan dapat disebabkan oleh limbah industri (pabrik), penebangan hutan yang tak terkendali, pembakaran hutan, perdagangan (misal: sampah di pasar), dan pembasmian hewan liar yang dilindungi.
b. Faktor alam.
Perhatikan saja, kerusakan alam juga disebabkan oleh pengaruh cuaca, iklim, sifat alam, dan faktor alam lainnya misalnya gunung meletus, banjir bandang, gempa bumi, kekeringan panjang, dan lain sebagainya.



Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. Siapapun wajib menjaga keindahan dan kenyamanannya. Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri. Meskipun dalam suatu pemerintahan terdapat peraturan tentang pelestarian lingkungan, tapi masih banyak manusia yang belum sadar bahwa pelestarian lingkungan merupakan kewajiban kita. Hal ini sangat penting, karena generasi berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi. Kita tidak boleh memberikan beban lingkungan kepada anak cucu kita. Tapi mereka tetap harus kita ajarkan mengenai manfaat menjaga lingkungan.

Bagian definisi umum: "Lingkungan adalah sesuatu yang ada.....dst."
Bagian deskripsi khusus (bagian): "Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem.....dst."
Bagian deskripsi manfaat: "Lingkungan hidup harus kita jaga......dst."

Sumber bacaan: sanusiadam79.wordpress.com dengan pengubahan
Tags: #contoh teks laporan hasil observasi singkat #contoh teks laporan hasil observasi tentang alam #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan #contoh teks laporan hasil observasi hewan #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan hidup #contoh teks deskripsi #contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya #contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan

Syarat Pendaftaran dan Lulus Tes CPNS Online 2014

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Syarat Pendaftaran dan Lulus Tes CPNS Online 2014-- Tahun ini, seleksi penerimaan CPNS akan dilakukan secara online. Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkap sejumlah syarat agar peserta tes CPNS lulus. Dijelaskannya, hanya peserta yang nilai tes intelegensia umum (TIU), tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes karakteristik pribadi (TKP) tinggi bisa lolos passing grade.

Meski peserta memiliki nilai TIU dan TWK tinggi, namun TKP-nya rendah tetap tidak akan lolos passing grade. "Kalau kurang dari passing grade, walaupun dua kelompok mendapat nilai tinggi, tetap tidak lulus,” kata Bima Haria, Jumat (22/8).

Dijelaskannya, peserta tes CPNS akan mendapatkan 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Dari keseluruhan itu, 60 persen soal TIU harus benar dijawab, 50 persen untuk soal TWK, dan 40 persen untuk soal TKP.
"Tahun lalu jumlah nilai yang dapat memenuhi persyaratan sejumlah 250. Namun masing-masing kelompok soal harus memenuhi batas minimumnya yaitu 105 untuk TWK, 75 untuk TIU, dan 70 untuk soal TKP," tuturnya.

Tahun ini disediakan 100 ribu formasi, lanjut Bima Haria, yang berpotensi meningkatnya jumlah pelamar dibanding tahun lalu. Untuk tes kemampuan bidang merupakan pilihan setiap instansi untuk mengadakan atau tidak. TKB meliputi psikotest, wawancara, ataupun menulis essai.
"TKB jadi ranahnya instansi masing-masing. Contohnya Kementerian Luar Negeri yang memberikan tes bahasa untuk TKB-nya. Baik bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya, serta menerapkan sistem gugur pada pesertanya," pungkasnya.

- Pendaftaran CPNS Online Efektif Mulai 24 Agustus
- Pelamar CPNS Diimbau Pelajari Kisi-kisi Soal
- Waktu mengerjakan 90 Menit
- Jumlah soal 100 butir

Berkaca pada pengalaman UKG online tempo hari, cara ini rawan kendala teknis. Ketidakmampuan server menampung beban, server pun down. Semoga pihak terkait dapat mengantisipasi hal tersebut.

Klik disini untuk melihat Simulasi Tes CPNS
Lebih banyak info, kunjungi: >jpnn.com

Contoh Teks Diskusi tentang Bolehkah Anak Memiliki Akun Facebook

Contoh Teks Diskusi tentang Bolehkah Anak Memiliki Akun Facebook-- Teks diskusi adalah teks yang berisi pembahasan suatu masalah dengan mempertimbangkan untung-rugi, positif maupun negatifnya dengan alasan yang masuk akal. Teks diskusi memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Isu, Argumen Mendukung, Argumen Menentang, dan Simpulan/ Saran; 2. Memuat informasi yang bersifat informatif-argumentatif; 3. Ciri kebahasaannya menggunakan kata hubung perlawanan (tetapi, sedangkan, dan sebagainya).
Berikut contoh teksnya:
Saat ini, anak-anak dikelilingi oleh iPad, video game, dan gadget lain yang membuat mereka bisa terkoneksi dengan dunia maya. Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya Facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu. Persoalan bertambah terkait etis-tidaknya anak-anak memiliki akun Facebook, dan ini menjadi dilema yang harus segera dipecahkan oleh para orangtua. Namun, argumen mengenai kepemilikan akun Facebook jauh lebih sulit. Sebab, kenyataannya Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat orangtua hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.

Apa saja manfaat Facebook? Saat ini tidak ada yang bisa menyangkal bahwa Facebook telah mengubah cara interaksi sosial, terutama di kalangan kaum muda. Facebook memungkinkan anak untuk menjalin pertemanan dengan banyak orang. Ketika digunakan dengan cara yang benar, media sosial dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan membantu mereka mengurangi perasaan kesepian, terisolasi, dan tidak memiliki teman.
Dengan memiliki profil Facebook, memberikan anak "halaman rumah" di web, tempat di mana mereka dapat mengekspresikan diri dan berbicara tentang minat dan kepentingan mereka. Mereka bisa bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu, dan mencari tahu banyak tentang bidang-bidang yang membuat mereka tertarik seperti lingkungan, hewan, seni, atau musik.

Mengelola halaman Facebook mengajarkan anak bagaimana menulis komentar dan mengunggah foto, atau bagaimana menavigasi web. Anak dapat menguasai keterampilan media sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah.
Yang tak kalah pentingnya, sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas pekerjaan sekolah. Diskusi bersama tentang tugas sekolah adalah salah satu alasan terbaik untuk memperbolehkan mereka mengakses jejaring sosial. Bahkan, dari hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University mengungkapkan bahwa situs jejaring sosial juga dapat membantu proses pengajaran antara guru dengan murid. Facebook juga bisa digunakan untuk menunjukkan rasa empati kepada teman-teman online mereka.

Selain sisi menguntungkan (positif) tersebut, Facebook juga mempunyai sisi merugikan (negatif). Jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar. Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain. Kalaupun anak tidak melakukannya, ia menjadi terbiasa dengan ejekan, olok-olok, web bullying, dan semacamnya yang ia baca dari status teman. Bisa saja anak mengganggap hal tersebut sesuatu yang lumrah, lalu melontarkannya pada orang di lingkungan sekitar. Akibatnya, terjadi pergeseran nilai tentang kesantunan yang orangtua tanamkan selama ini.

Facebook adalah pintu gerbang dunia maya. Segala sesuatu, baik hal-hal yang baik maupun yang buruk dapat terhubung ke akun Facebook anak. Sering kali bukan teman anak yang memberi pengaruh buruk, melainkan teman-teman dari temannya.
Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.
Studi yang disebutkan oleh Rosen menyatakan bahwa murid sekolah dan kuliahan yang membuka Facebook setidaknya 15 menit ketika sedang belajar, cenderung mendapatkan nilai yang rendah.

Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Menggunakan software pengawas juga akan buang-buang waktu saja. Anak-anak zaman sekarang akan mudah mencari pemecahannya hanya dalam waktu hitungan menit. Komunikasi adalah inti dalam menjadi orangtua. Orangtua harus berbicara atau mendengarkan anak mereka secara baik.
Apapun keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun.

Struktur teks:
- Isu: "Saat ini, anak-anak dikelilingi oleh......dst."
- Argumen Mendukung: "Apa saja manfaat Facebook?......dst."
- Argumen Menentang: "Selain sisi menguntungkan (positif) tersebut......dst."
- Simpulan: "Melarang anak memiliki akun Facebook......dst."

Sumber referensi:
http://techno.okezone.com/read/2011/08/08/55/489547/facebook-miliki-keuntungan-dan-kerugian-bagi-remaja/large
http://female.kompas.com/read/2013/03/15/08510338/Keuntungan.dan.Kerugian.Facebook.untuk.Anak.
Tags: #contoh teks diskusi #contoh teks diskusi tentang kesehatan #contoh teks diskusi tentang lingkungan #contoh teks diskusi tentang pendidikan #contoh teks diskusi dan strukturnya #contoh teks diskusi kelompok

Contoh Teks Eksposisi tentang Lidah Buaya

Contoh Teks Eksposisi tentang Lidah Buaya-- Teks eksposisi adalah teks yang berisi pandangan tentang sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Teks eksposisi kerap digunakan untuk mengajukan pendapat pribadi. Pendapat itu akan diterima atau tidak oleh orang
lain sangat bergantung pada kuat atau tidaknya dan/atau logis tidaknya argumentasi
yang diberikan.

Di sinilah perbedaannya dengan karangan deskripsi. Karangan deskripsi bertujuan menggambarkan / melukiskan sesuatu sehingga seolah-olah pembaca melihat atau merasakannya sendiri. Karangan deskripsi dapat bersifat ilmiah atau non-ilmiah. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, dan imajinasi.

Teks eksposisi memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Pembukaan (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang; 2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual); 3. Memuat informasi tentang fakta dengan argumen dan contoh-contoh; 4. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, atau pengalaman.
Berikut contoh teksnya:

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.
Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri: daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Para peneliti menemukan manfaat lebih dari tanaman serbaguna ini. Disebutkan di bawah ini lima manfaat kesehatan dari lidah buaya, jus lidah buaya, dan gel lidah buaya :
1.Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan cedera apapun. Lidah buaya sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar, dan luka karena cidera.
2. Aloe Vera ini juga dikenal karena sifat anti-inflamasi. Dengan kata lain, ia memiliki kemampuan untuk menghambat peradangan atau memperlambatnya karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan masalah lainnya.

3. Meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Baik jus lidah buaya atau gel merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
4. Aloe Vera memiliki efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya salah satu produk alami yang sehat. Menjadi antioksidan yang kuat, ia membunuh radikal bebas dan melindungi tubuh.
5. Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes, karena lidah buaya dapat menurunkan gula darah.

Sudah jelas, komoditas ini tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi justru sebagai minuman yang menyehatkan. Ternyata alam telah menyediakannya untuk kita.

Struktur teks:
- Tesis: "Sejak zaman dahulu......dst."
- Argumentasi: "Meskipun sejak dahulu dikenal......dst."
- Penegasan Ulang: "Sudah jelas, komoditas ini......dst."

Referensi:
Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. PT.Grafika Dua Tujuh
Tags: #contoh teks eksposisi singkat #contoh teks eksposisi pendidikan #contoh teks eksposisi #beserta strukturnya #contoh teks eksposisi terbaru #contoh teks eksposisi tentang politik #contoh teks eksposisi tentang ekonomi #contoh teks paragraf eksposisi

Kata Kerja Aktif Transitif dan Kata Kerja Aktif Intransitif

Kata Kerja Aktif Transitif dan Kata Kerja Aktif Intransitif-- Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kata Kerja (Verba) adalah kata yg menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan. Dalam bahasa Indonesia, ada dua jenis kata kerja, kata kerja aktif dan kata kerja pasif. Kata kerja aktif terdiri atas dua jenis: kata kerja aktif transitif dan kata kerja aktif intransitif.
- Kata kerja aktif transitif adalah kata kerja aktif yang memerlukan obyek.
Contoh:
1.menjulurkan ------> memerlukan obyek, misal: menjulurkan ranting pohon
2.mendengar ------> memerlukan obyek, misal: mendengar suara
3.melihat ------> memerlukan obyek, misal: melihat kupu-kupu
4.menghina ------> memerlukan obyek, misal: menghina orang

- Kata kerja aktif intransitif adalah kata kerja aktif yang tidak memerlukan obyek.
Contoh:
1.terbang ------> tidak memerlukan obyek
2.pergi ------> tidak memerlukan obyek
3.berkata ------> tidak memerlukan obyek
4.berteriak ------> tidak memerlukan obyek

Contoh kalimat dengan kata kerja aktif (transitif maupun intransitif) tersebut:
1.Ia menjulurkan ranting pohon kepadaku.
2.Sejak dini hari tadi, kami sudah mendengar suara gaduh itu.
3.Baru semenit memasuki taman itu, kami sudah melihat kupu-kupu beterbangan.
4.Janganlah suka menghina orang.
5.Sang burung pun terbang ke angkasa.
6.Berdoalah dahulu sebelum pergi.
7.Ayah hanya diam, tak mampu berkata lagi.
8.Berteriaklah sepuas kamu.

Selamat belajar.........

Contoh Teks Deskripsi tentang Warga Baduy

Contoh Teks Deskripsi tentang Warga Baduy-- Teks deskripsi adalah teks yang menjelaskan sesuatu (obyek) dengan penggambaran/ pelukisan sejelas-jelasnya. Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Deskripsi umum dan deskripsi bagian; 2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual); 3. Faktualnya berisi gambaran sesuatu secara rinci; 4. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, dan dikembangkan dengan tambahan imajinasi.

Berikut contoh teksnya:
Warga Baduy
Perkampungan masyarakat adat Baduy terletak di Desa Kanekes, kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, Banten. Mengunjungi kampung baduy, dari kabupaten Lebak Banten dapat ditempuh sekitar tiga jam perjalanan menggunakan mobil. Dengan melewati jalan raya kecamatan Lewi Damar. Sejumlah ruas jalan berbatu, terjal, dan curam.
Kini sampailah di terminal Ci Boleger. Pintu gerbang ke kawasan baduy yaitu desa Kanekes. Kampung Kadu Keutug.

Sejak dulu warga Baduy dikenal teguh memegang adat-istiadat leluhurnya. Falsafah hidup mereka selaras dengan alam, dan mengabdi pada adat leluhur. Pakaian mereka serba hitam dan selalu berikat kepala. Rumah merekapun sederhana beralaskan kayu dan beratap rumbia.

Daerah baduy dibagi dua bagian, baduy luar dan baduy dalam. Warga baduy dalam menempati tiga kampung utama, diantaranya Cibeo , Cikartawana dan Ci keusik. Memasuki wilayah baduy dalam, pengunjung dilarang menggunakan peralatan elektronika, termasuk dilarang memotret dan menggunakan bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan, seperti sabun, pasta gigi dan sampho.

Batas wilayah baduy dalam dan baduy luar tidak terlalu jelas. Yang terlihat di kawasan baduy pemandangannya sangat indah, dan rumah-rumah tertata rapih. Di kawasan baduy juga terdapat danau, jembatan gantung dan jembatan akar. Dalam kesehariannnya, warga baduy menolak hal-hal yang modern. Mereka tabu berpolitik dan bahkan menolak pendidikan formal. Mereka praktis hidup bersahaja di alam, dengan mengandalkan ladang dan hasil bumi untuk sekedar bertahan hidup. Meskipun demikian, warga baduy tidak terbelakang. Walau tidak sekolah mereka diwajibkan dapat membaca, menulis dan berhitung. Mereka juga pandai berdagang. Dalam berdagang, mereka selalu berjalan kaki.

Sumber: http://www.indosiar.com/ragam/saat-warga-baduy-merayakan-hut-kemerdekaan-ri_63914.html

Struktur teks:
- Deskripsi umum: "Perkampungan masyarakat adat Baduy terletak........dst."
- Deskripsi bagian: "Sejak dulu warga Baduy dikenal........dst."

Sumber foto: 4shared.com

Tags: #contoh teks deskripsi #contoh teks deskripsi tentang hewan #contoh teks deskripsi tentang kucing #contoh teks deskripsi tentang rumah #contoh karangan deskripsi #contoh teks deskripsi bahasa inggris #contoh teks deskripsi tentang alam

Contoh Teks Biografi Artis Reza Rahadian

Contoh Teks Biografi Artis Reza Rahadian-- Teks biografi adalah teks yang berisi kisah hidup seseorang yang patut diteladani. Teks biografi memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Peristiwa/ Masalah, dan Reorientasi; 2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual) dalam bentuk narasi; 3. Faktualnya berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang patut diteladani.
Tokoh yang biasa ditulis bisa negarawan, politikus, pahlawan, ataupun artis. Jika artis, biasanya artis yang memiliki keistimewaan dan patut diteladani serta dapat memberi inspirasi bagi kita.
Berikut contoh teks biografi artis:

REZA RAHADIAN
Reza Rahadian Matulessy atau yang kerap
disapa Reza Rahadian lahir di Bogor,
5 Maret 1987. Ia adalah anak dari
pasangan bapak Rahim dan ibu Pratiwi
Widantini Matulessy, nama Rahadian
adalah gabungan dari nama
orangtuanya yang artinya anak
buah hati dari Rahim dan Dian. Masa
kecilnya di habiskan di 3 kota. Bersama
Ibu, sejak tinggal di rumah nenek di
bilangan Gadog Bogor. Namun,
Orangtuanya telah berpisah sejak
ia menginjak usia 6 bulan.
Kendati tumbuh
sejak kecil
bersama Ibu
yang menjadi
orangtua tunggal,
ia tak pernah
merasa kehilangan
figur Ayah.

Reza
mengawali
karier sebagai
model dengan
menjadi juara
Favorite Top 
Guest majalah
Aneka Yess!
pada tahun
2004.
Reza mengawali
karir aktingnya
di sinetron,
seperti di
antaranya
"Culunnya Pacarku",
produksi Rapi
Films di tahun
2005 silam.
Kesempatan yang
datang tersebut
dimanfaatkan Reza
dengan
sebaik-baiknya.
Ia berusaha
mengerahkan
seluruh kemampuan akting yang ia miliki. Terbukti, ia kembali dipercaya pihak Rapi Films untuk bermain dalam sinetron produksi mereka berikutnya Sebut saja sinetron Inikah Rasanya, Mutiara Hati, Cinta SMU 2, ABG dan Aku Hamil. Dari sinetron Reza pun mulai mendapat beberapa tawaran bermain film layar lebar.

Karier dari Reza semakin menanjak dengan bermain dalam film layar lebar Film Horor. Lewat film Perempuan Berkalung Sorban, ia meraih Piala Citra 2009 untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Pada tahun berikutnya, ia juga meraih Piala Citra untuk kategori pemeran Utama Pria Terbaik lewat film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta. Pada tahun 2013, Reza berhasil meraih Piala Layar Emas IMA untuk kategori Pemeran Utama Pria Terfavorit di film Habibie & Ainun.

Reza sudah memenangkan dua penghargaan FFI dan satu penghargaan IMA (Indonesian Movie Awards). Untuk FFI, ia meraih gelar Aktor Pendukung Terbaik untuk film Perempuan Berkalung Sorban dan Aktor Terbaik untuk film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta. Untuk Penghargaan IMA, ia meraih gelar Pemeran Utama Pria Terfavorit untuk film Habibie & Ainun.

Sebagai artis, Reza terbilang multitalenta. Selain terjun di dunia perfilman, Reza mencoba pula di dunia tarik suara. Pada tahun 2012 ia berduet dengan Acha Septriasa dalam single untuk soundtrack film Brokenhearts yang berjudul Broken Hearts. Mengingat usia yang masih muda, Reza memiliki potensi menjadi artis besar yang mampu mengharumkan dunia hiburan terutama dunia film baik dalam maupun luar negeri.
Sederet film yang telah ia bintangi adalah Film Horor (2007), Pulau Hantu 2 (2008), Perempuan Berkalung Sorban (2009), Kirun + Adul (2009), Queen Bee (2009), Perjaka Terakhir (2009), Emak Ingin Naik Haji (2009), Hari Untuk Amanda (2010), Alangkah Lucunya (Negeri Ini) (2010), 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta (2010), Love Story (2011), Tanda Tanya (2011), Jakarta Maghrib (2011), The Mirror Never Lies (2011), Hafalan Shalat Delisa (2011), Dilema (2012), Brokenhearts (2012), Perahu Kertas (2012), Test Pack (2012), Perahu Kertas 2 (2012), Habibie & Ainun (2012), Finding Srimulat (2013), Wanita Tetap Wanita (2013)-sebagai sutradara dan pemain, Something in the Way (2013), Isyarat (film) (2013)-sebagai sutradara, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013), Ketika Tuhan Jatuh Cinta (2014), Pendekar Tongkat Emas (2014), Yasmine (2014), dan Hijrah Cinta (2014).

Struktur teks:
- Orientasi: "Reza Rahadian Matulessy atau yang kerap.....dst".
- Peristiwa/ Masalah: "Reza mengawali karier sebagai.....dst".
- Reorientasi: "Sebagai artis, Reza terbilang multitalenta.....dst".
Referensi:
wikipedia.com
Foto: kapanlagi.com

Tags: #contoh teks biografi #contoh teks biografi mario teguh #contoh teks biografi pahlawan #contoh teks biografi diri sendiri #contoh teks biografi singkat #contoh teks biografi ki hajar dewantara #contoh teks biografi tokoh #contoh teks biografi ir soekarno

Beberapa Kata atau Bahasa Gaul Anak Masa Kini

Beberapa Kata atau Bahasa Gaul Anak Masa Kini-- Sebagai seorang guru bahasa Indonesia (orang sering menyebut "guru bahasa" saja), saya kerap kali ditanya siswa tentang suatu kata atau singkatan tertentu. Kadang yang ditanyakan itu justru bukanlah kata atau singkatan yang tak ada kaitannya dengan bahasa Indonesia, terlebih jika dikaitkan dengan bahasa Indonesia yang baku. Beberapa yang ditanyakan itu sering kali merupakan kata atau bahasa gaul anak zaman sekarang (AMK = Anak Masa Kini).
Melalui artikel ini, saya tampilkan beberapa di antara kata hasil pencarian di google, sekadar membantu rekan guru yang mungkin mengalami hal yang sama, dan kebetulan membaca artikel ini.

Bahasa memang selalu berkembang. Selama sang pemakainya hidup, bahasa akan mengalami 'modifikasi-modifikasi', kaum bahasawan menyebutnya dengan istilah kreativitas berbahasa. Kita juga sudah mengenal bahasa balita, kini kita juga banyak temukan bahasa singkatan dan pembalikan kata.
1. PHP
PHP merupakan sebuah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu atau dapat diartikan sebagai omong kosong. Populer saat ini juga karena adanya iklan sebuah minuman energi di televisi.
2. ALAY :
Singkatan dari Anak Layangan, yaitu orang-orang kampung yang bergaya norak. Alay sering diidentikkan dengan hal-hal yang norak dan narsis.
3. LEBAY :
Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan kata ini di berbagai kesempatan di acara-acara di televisi yg mereka bawakan, dan biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak.
4. JAYUS :
Saya tadinya mengira kata ini merupakan singkatan, namun setelah saya telusuri, ternyata bukan. Arti sebenarnya adalah lawakan atau tingkah laku yang maunya melucu tapi tidak lucu.
Istilah Jayus populer di tahun 90-an dan masih sesekali digunakan di masa kini. Dari cerita mulut ke mulut, konon ada seorang anak di daerah Kemang bernama Herman Setiabudhi yang kerap dipanggil Jayus oleh teman-temannya. Jayus sendiri adalah nama ayah dari Herman (lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang elukis di kawasan Blok M. Herman alias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannya kerap kali tidak lucu.
5. GARING :
Kata ini merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “tidak lucu”. Awalnya kata-kata ini hanya digunakan di Jawa Barat saja. Namun karena banyaknya mahasiswa luar pulau yang kuliah di Jawa Barat (Bandung) lalu kembali ke kota kelahiran mereka, kata ini kemudian dipakai mereka dalam beberapa kesempatan. Karena seringnya digunakan dalam pembicaraan, akhirnya kata ini pun menjadi populer di beberapa kota besar di luar Jawa Barat.
6. KOOL :
Sekilas cara membacanya sama dengan “cool” (keren), padahal kata ini merupakan singkatan dari KOalitas Orang Lowclass, yang artinya mirip dengan Alay.
7. BT / BETE :
Merupakan singkatan dari Boring Total. Tadinya orang menduga kata ini dipopulerkan oleh Dwiq saat merilis lagu “Bete” sekitar tahun 2008. Padahal kata ini sudah lama digunakan oleh para mahasiswa yang bosan dengan program perkuliahan mereka. Kata ini mulai populer dan digunakan di awal tahun 2000-an.
8. KAMSUD :
Merupakan pembalikan konsonan kata “Maksud”. Kata ini mulai populer, terutama di kalangan para cewek di ruang chatting dunia maya.
9. CUMI :
Merupakan singkatan yang mengandung banyak arti (tergantung CUMI yang dipakai adalah singkatan dari apa). Awalnya kata ini dipopulerkan oleh sebuah produk kartu telpon seluler di tahun 2008-an, yang akhirnya berkembang menjadi bahasa gaul anak-anak remaja untuk menjelaskan kondisinya saat ini, seperti CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan lain-lain.
10. EMBER :
Kata ini merupakan plesetan dari kata “Memang Begitu”. Pertama kali dipopulerkan oleh Titi DJ yang secara tidak sengaja menyebut kata ini saat menjawab pertanyaan orang. Sejak itu, kata ini sering digunakan di berbagai kesempatan.
11. JUTEK :
Berasal dari kata yang sering digunakan oleh para PSK di awal tahun 2000-an untuk menggambarkan pria yang sombong dan jarang tersenyum. Kata ini akhirnya menjadi kata umum yang digunakan untuk melukiskan orang yang menyebalkan, judes, galak, emosian, dan sombong.
12. LOL :
Kata ini belakangan ini sering dipakai, terutama dalam komunikasi chatting, baik di YM, FB, Twitter, atau pun komunitas yang lain. Kata itu merupakan singkatan dari Laugh Out Loud yang berarti “Tertawa Terbahak-bahak”.
13. JABLAY :
Kata ini dipopulerkan oleh Titi Kamal saat menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut (2006).Merupakan singkatan Jarang Dibelai yang mengandung arti lebih jauh sebagai ungkapan hati seorang wanita yang jarang mendapatkan belaian kasih sayang kekasihnya.
14. SECARA :
Kata ini dalam bahasa Indonesia sebenarnya bermakna dengan cara. Namun kata ini menjadi populer di tahun 2006-an di kalangan siswa-siswi SMU yang menggunakan kata ini sebagai kata ganti “Karena / Soalnya”. Sesekali pula digunakan sebagai sisipan tanpa makna (hanya sebagai penekanan pada kalimat yang mereka katakan). Contoh pemakaiannya :
a. Gua gak bisa ke rumah lo neh hari ini, secara bokap gue lagi sakit.
b. Ya… gimana dong? Secara gue ini kan gaul…
Namun, pemakaian kata secara dalam kalimat ini jelas tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia.
15. TFL
Kata ini singkatan dari Thanks For Like. Ditujukan pada orang yang membubuhkan jempol (meng-klik) tombol LIKE pada status di facebook.

Sumber:
surgaberita.blogspot.com
kitabgaul.com
facebook.com/TahukahAndaFans

Guru PNS Leluasa Mengajar di Swasta

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi kutipan info Guru PNS Leluasa Mengajar di Swasta-- BENGKULU, jpnn.com - Informasi penting bagi para guru PNS. Sekarang ini, bukan hanya dosen perguruan tinggi negeri yang bisa mengajar di perguruan tinggi swasta, para guru berstatus PNS mulai sekarang sudah dapat dengan leluasa bertugas mengajar di sekolah swasta atau membantu sekolah-sekolah swasta yang masih kekurangan tenaga pendidik.
















Itu menyusul telah ditandatanganinya Peraturan Menteri Bersama tentang Penugasan Guru berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekolah Swasta oleh tiga menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar, serta Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.
Wakil Ketua PGRI Provinsi Bengkulu, Mirliani, M.Pd menyambut baik kebijakan pemerintah tersebut. Menurutnya, dengan diterbitkannya peraturan itu dapat saling menguntungkan baik guru maupun sekolah swasta. Sekolah swasta yang kekurangan guru dapat terbantu mengajar anak didiknya, dan para guru yang ingin mencukupi jam mengajarnya selama 24 jam per minggu juga dapat terpenuhi.

"Alhamdulillah, baik pemerintah daerah, instansi maupun para guru sekarang sudah mempunyai dasar aturan yang kuat bisa dipegang," kata Mirliani.

Selama ini sejumlah guru sebenarnya ada yang telah mengajar di sekolah swasta. Kebanyakan para guru itu untuk mencukupi jam mengajarnya sebagai syarat sertifikasi. Hanya saja karena kebijakan dan aturan masih kabur, pemerintah daerah dan instansi terkait masih ragu memberikan dukungan. "Peraturan bersama tiga menteri ini harus menjadi pegangan penentu kebijakan di daerah. Sehingga tidak mempersulit para guru untuk mendapatkan sertifikasi," ungkap Mirliani.

Sementara itu, Mendikbud, M Nuh dalam situs resmi Kemendikbud menyampaikan peraturan tersebut dibuat untuk membantu sekolah swasta yang kekurangan pendidik. "Demikian pemerintah dapat membantu tenaga pendidik yang ada di sekolah swasta yang masih kekurangan tenaga pendidik," kata Mendikbud M. Nuh saat penandatangan Peraturan Menteri Bersama, di kantor Kemdikbud, Jakarta, Jumat (25/7).

Menurut Mendikbud, sejak ditandatanganinya peraturan bersama ini, maka pelaksanaan pengimplementasiannya dapat segera dilaksanakan merujuk pada petunjuk teknis sebagai pedoman pelaksanaannya.

Ia menyebutkan, petunjuk teknis tersebut akan menjelaskan cara sekolah meminta bantuan guru PNS, sekolah swasta seperti apa yang diperkenankan atau yang akan dibantu disediakan guru PNS.

Mendikbud menjelaskan, Peraturan Menteri Bersama ini merupakan respon pemerintah terhadap dinamika yang ada di daerah. Dinamika tersebut misalnya ada guru yang mulanya melamar kerja di sekolah swasta, begitu ada pengumuman penerimaan CPNS, guru tersebut mendaftarkan diri. Setelah tes CPNS, ternyata guru tersebut diterima menjadi CPNS.

"Diterimanya menjadi CPNS ini bisa menjadi persoalan karena sudah lama mengajar di sekolah tersebut, tetapi harus meninggalkan sekolah itu," papar M. Nuh.
Dengan adanya Peraturan Menteri Bersama ini, maka guru tersebut dapat melanjutkan di sekolahnya. "Ini juga merupakan hadiah lebaran untuk sekolah-sekolah swasta, dan juga sebagai hadiah bagi guru PNS yang dapat mengabdikan diri mengajar tidak hanya di sekolah negeri tetapi juga dapat mengabdi di sekolah swasta," ujar Mendikbud.

Sumber:
http://www.jpnn.com/read/2014/07/31/249135/Guru-PNS-Leluasa-Mengajar-di-Swasta-

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 3.4)

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 3.4)--
Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan mengarahkan peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber belajar dan proses pembelajarannya menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin/perlu diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik, mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan jawaban/kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
Kali ini, kamu berlatih mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/ fabel.

Dalam kegiatan inti, guru kamu memulai pembelajaran dengan menampilkan teks berjudul “Kelinci Sang Penakluk". Tugas kamu mengamati kedua teks tersebut. Selanjutnya, kamu boleh saling bertanya dengan anggota kelompok atau bertanya langsung kepada gurumu tentang hal-hal yang belum jelas terkait mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/ fabel, menemukan bagian struktur apa yang tidak ada.
Setelah memahami teorinya, kamu berdiskusi dengan kelompokmu untuk mengidentifikasi struktur yang tidak ada, penggunaan kata, keterkaitan antarparagraf, karakter tokoh, dan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut.
Kemudian, cobalah menuangkan hasil sidkusi kalian di LKS yang disediakan.
Kegiatan terakhir adalah mengomunikasikan hasil kerja kalian di depan kelas. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan dan menjawab tanggapan dari kelompok lain.
Ingat, guru juga menilai sikap kalian saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai pengetahuan kamu mengidentifikasi kekurangan teks tersebut.

Untuk menunjang keberhasilan kamu mengikuti pembelajaran ini, kamu harus menguasai:
1. Struktur teks cerita moral/ fabel.
2. struktur kalimat.
3. Penggunaan kata sandang.
4. Karakter tokoh dan nilai moral yang terkandung.
Cari juga bahan tentang ini di blog ini melalui kolom pencarian bagian kanan atas blog ini.

Selamat belajar generasi penuh imajinasi....

Contoh Teks Ulasan tentang Film Hijrah Cinta

Contoh Teks Ulasan tentang Film Hijrah Cinta-- Teks ulasan adalah teks yang mengulas sebuah fenomena ataupun sesuatu (misal: buku, film, dsb). Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman; 2. Memuat informasi berdasarkan pandangan/ opini penulis terhadap suatu karya/ produk; 3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan; 4. Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Prolog:
Ustadz Jeffri Al-Buchori telah berpulang ke haribaan Tuhan YME. Kepergiannya menghadap Sang Maha Kuasa pada tanggal 26 April 2013 akibat kecelakaan tunggal kendaraan bermotor di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, sempat mengejutkan banyak pihak. Sejak saat itulah, keluarga besar, para sahabat dan fans-nya merasa terpukul dengan kepergiannya yang secara tiba-tiba. Tak dipungkiri, Uje memang sudah melekat di hati masyarakat dengan keramahan dan ceramahnya yang mudah dicerna.

Berikut contoh teks ulasan film Uje yang saya modifikasi dari review film tersebut. Kamu dapat memodifikasinya (terutama bagian Evaluasi dan Rangkuman) berdasarkan sudut pandang kamu sendiri setelah tentu saja menonton film ini terlebih dahulu.
Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi MVP Pictures yang bercerita tentang kisah hidup Uje. Mulai menjalani kehidupan gelap sebagai pecandu narkoba hingga berpulang ke Ilahi karena kecelakaan. Para pemain, Alfie Alfandy (Uje), Revalina S. Temat (Pipik), Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan apik menyajikan sebuah kisah nyata yang menjadi nyata. Serpihan perjalanan hidup ustad gaul yang menggetarkan dan mengharukan ini menjelma menjadi sebuah kisah film yang juga berbicara tentang cinta, persahabatan, dan dakwah.

Dikisahkan bagaimana almarhum setelah melewati godaan dunia dan kembali pada titik penyadarannya. Kisah tentang Uje muda yang hanyut dalam kenikmatan dunia, yang kemudian ia tinggalkan semua bakat yang dimilikinya sebagai aktor, model, bahkan masa depan yang bagus, ia sia-siakan begitu saja.
Karena ulahnya, ia dijauhi teman dan sahabat. Bahkan harapan seorang ibu yang inginkan sang anak tidak menyia-nyiakan hidup harus pasrah menghadapi kenyataan. Perkenalan Uje dengan seorang gadis bernama Pipik, mengubah hidupnya. Ia begitu terkesan setelah pandangan pertama. Pipik tidak saja menjadi saksi perubahan hidup, dialah penyelamat hidup Uje lepas dari jerat narkoba.
“Jadilah yang nomor satu di mata Tuhan,” pesan singkat alamarhum sang ayah, menyadarkan Uje.

Film yang dirilis pada 24 Juli 2014 lalu ini mampu memaksa sang istri, Pipik, mengeluarkan air mata sepanjang film Hijrah Cinta ketika diputar untuk kalangan terbatas pada 19 Juli lalu di Epicentrum Walk XXI, Jakarta. Semua kenangan dan kisah cinta bersama almarhum suaminya, Ustad Jefri Al Buchori alias Uje, bagaikan terulang.
Kendati hanya sebuah film, Hijrah Cinta mampu menyajikan semua yang diceritakan memang benar adanya. Karakter Uje yang diperankan apik oleh Alfie yang memiliki kemiripan perawakan dan bentuk wajah hingga suara, tak pelak berpotensi membuat penonton semakin merasa tersentuh. Kekurangannya? Mungkin bagi Anda sebagai pengagum Uje, akan sedikit kecewa karena kita kurang menemukan sesuatu yang lebih di akhir film. Tak masalah buat kita yang sempat menyaksikan dan mendengar kronologi meninggalnya Uje. Namun akan menjadi sesuatu yang hambar bagi generasi berikutnya yang tidak mengenal Uje. Bagian akhir film kurang merepresentasikan bagaimana mengagetkannya berita kecelakaan Ustad Uje itu. Betapa umat yang mencintainya begitu merasa kehilangan. Untunglah, kesan bahwa sebuah film yang memuat kisah hidup seseorang akan menjadi film semidokumenter, tidak tertangkap dari film ini.

Walau memiliki kekurangan pun, film yang diproduseri oleh Raam Punjabi dan disutradarai Indra Gunawan ini nampaknya wajib menjadi tontonan sekaligus tuntunan, terutama bagi para pengagum Uje. Film ini juga memberi pelajaran baik bagi kita untuk menjalani kehidupan yang fana ini. Jadi, keputusan menonton film ini ada di tangan Anda.

Struktur Teks:
Bagian Orientasi: "Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi.....dst".
Bagian Tafsiran: "Dikisahkan bagaimana almarhum .....dst".
Bagian Evaluasi: "Film yang dirilis pada 24 Juli.....dst".
Bagian Rangkuman: "Walau masih memiliki kekurangan.....dst".

Referensi:
jpnn.com dan 21cineplex.com

Tags: #contoh teks ulasan cerpen beserta strukturnya #contoh teks ulasan novel beserta #strukturnya #contoh teks ulasan film beserta strukturnya

Membedakan Teks Cerita Moral/ Fabel dengan Teks yang Lain (KD 3.2)

Membedakan Teks Cerita Moral/ Fabel dengan Teks yang Lain (KD 3.2)--
Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.

Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan mengarahkan peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber belajar dan proses pembelajarannya menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin/perlu diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik, mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan jawaban/kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
Di kelas VII, kamu sudah memelajari berbagai jenis teks. Kali ini, kamu berlatih membedakan dua jenis teks. Apa perbedaannya, bagaimana struktur masing-masing teks itu, dan termasuk jenis teks apa kedua teks tersebut.

Dalam kegiatan inti, guru kamu memulai pembelajaran dengan menampilkan teks berjudul “Anjing Terkecil” dan "Anjing yang Nakal". Tugas kamu mengamati kedua teks tersebut. Selanjutnya, guru bertanya jawab dengan kamu mengingat kembali tentang struktur teks cerita fabel dan struktur teks yang lain. Kali ini kamu belajar secara berkelompok dan bertanya jawab terkait dengan membedakan, mengidentifikasi struktur, dan menentukan termasuk jenis teks apa kedua teks tersebut.
Setelah memahami bagaimana membedakan teks, struktur, dan jenis teks tersebut, kamu berdiskusi dengan kelompokmu untuk menentukan perbedaan, bagaimana struktur masing-masing teks itu, dan termasuk jenis teks apa kedua teks tersebut.
Kemudian, cobalah menuliskannya dalam LKS yang diberikan.
Kegiatan terakhir adalah mengomunikasikan hasil kerja kalian di depan kelas. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan dan menjawab tanggapan dari kelompok lain.
Ingat, guru juga menilai sikap kalian saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai pengetahuan kamu membedakan berbagai teks tersebut.

Selamat belajar generasi penuh imajinasi....
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info JUDUL--
Galeri "Ghost Rider" dan Video Terbaru, Spirit of Vengeance---
Ghost Rider film bertema superhero yang dirilis pada tahun 2007, skenario ditulis dan disutradarai oleh Mark Steven Johnson.
Film ini diadaptasi dari Komik Marvel dengan karakter yang sama (Johnny Blaze), karakter ini diperankan oleh Nicolas Cage. Ghost Rider mengisahkan seorang pemain akrobat dengan sepeda motor, yang menjadi iblis karena perjanjian dengan setan.





    DATA:
    Sutradara: Mark Steven Johnson
    Produser: Avi Arad, Stan Lee, David S. Goyer, Michael DeLuca
    Penulis: Mark Steven Johnson
    Narator: Sam Elliott
    Pemeran: Nicolas Cage, Eva Mendes, Wes Bentley, Sam Elliott, Donal Logue, Matt Long, Peter Fonda, Brett Cullen, Raquel Alessi,
    Musik oleh: Christopher Young
    Sinematografi: Russell Boyd
    Penyunting: Richard Francis-Bruce
    Distributor: Columbia Pictures
    Negara: Australia
    Bahasa: Inggris
    Narasi: Wikipedia
    Video: Youtube
    Foto: Google
    Thanks to: Iskaruji dot com
    Baca juga:

    Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kebersihan Lingkungan

    Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kebersihan Lingkungan-- Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang dibuat/ ditulis dari hasil observasi di lapangan. Teks laporan hasil observasi memiliki ciri struktur yang terdiri atas: Definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Ciri lainnya adalah informasi yang dimuat dalam teks laporan hasil observasi berdasarkan fakta (faktual), yaitu hasil penelitian/ pengamatan (observasi) yang telah dilakukan.

    Berikut contoh teksnya :
    Kebersihan Lingkungan Komplek Perumahan
    Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari ehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit.
    Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat/ tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah warga. Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga terawat sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Cendana melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.

    Kebersihan lingkungan tidak sulit untuk diterapkan apabila kita membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat, produktif, dan pada gilirannya menggapai kesuksesan.
    Bagian definisi umum: "Lebersihan lingkungan merupakan aspek.....dst."
    Bagian deskripsi khusus (bagian): "Kondisi kebersihan lingkungan.....dst."
    Bagian deskripsi manfaat: "Kebersihan lingkungan tidak sulit......dst."

    Foto: gambarlucugif.blogspot.com
    Tags: #contoh teks laporan hasil observasi singkat #contoh teks laporan hasil observasi tentang alam #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan #contoh teks laporan hasil observasi hewan #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan hidup #contoh teks deskripsi #contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya #contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan

    Contoh Teks Cerita Moral (Fabel) tentang Kura-kura dan Monyet

    Contoh Teks Cerita Moral (Fabel) tentang Kura-kura dan Monyet-- Kalian sudah memahami teks fabel di buku paket pelajaran yang berjudul "Kupu-kupu Berhati Mulia", "Jiji Jerapah dan Kus Tikus", "Anjing yang Nakal", "Kelinci Sang Penakluk", dan "Landak yang Kesepian". Kali ini, kalian bisa menyimak contoh teks cerita moral (fabel) tentang Kura-kura dan Monyet.
    "Kura-kura dan Monyet yang Rakus"
    Dongeng ini berbentuk fabel. Fabel adalah dongeng yang menjadikan hewan sebagai tokohnya. Cerita fabel juga disebut cerita moral karena mengandung pesan-pesan moral di dalam ceritanya. Dalam cerita fabel terdapat struktur yang terdiri atas 4 bagian: Orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Bagian orientasi merupakan bagian pengenalan tentang tokoh. Bagian komplikasi yaitu ketika cerita mulai terdapat konflik. Bagian resolusi yaitu ketika konflik yang memuncak tadi mulai masuk tahap penyelesaian/ leraian. Terakhir adalah koda, yaitu bagian penutup cerita yang biasanya memuat tentang kesadaran atau akibat yang dirasakan oleh tokoh.
    Di tepi hutan hiduplah seekor monyet dan seekor kura-kura. Pada suatu hari, monyet mengajak kura-kura menanam pohon pisang.
    "Kura-kura, mari kita menanam pohon pisang," ajak monyet.
    "Ayo, kau di sebelah kanan aku di sebelah kiri," jawab kura-kura.
    Hari berganti hari. Setiap hari kura-kura merawat pohon pisangnya.
    "Tumbuh, tumbuhlah pohon pisangku," kura-kura bernyanyi riang.
    Monyet hanya melihat tingkah kura-kura sambil tiduran di rerumputan.
    "Apa kabar Monyet? Bagaimana pohon pisangmu?" sapa kura-kura kepada monyet.
    "Biarkan saja, besok-besok juga berbuah," jawab monyet sombong.



    Bulan berganti bulan, pohon pisang kura-kura berbuah. Buahnya besar-besar. Ia akan mengundang kawan-kawannya untuk diajak berpesta pisang. Sebaliknya, pohon pisang monyet mati karena tidak dirawat.
    Pisang tanaman kura-kura siap dipanen.
    "Bagaimana cara memetik buah pisang ini?" pikir kura-kura. "Mungkin monyet mau membantuku."

    Kura-kura lalu meminta bantuan kepada monyet. "Maukah kau membantuku memetik buah pisang ini?" tanya kura-kura.
    "Aku bersedia, tetapi buah pisang itu nanti dibagi dua." jawab monyet.
    "Baik! " jawab kura-kura.
    Monyet lalu memanjat pohon pisang kura-kura. Bau harum buah pisang menggoda selera monyet. Ia lupa akan janjinya.

    Kura-kura menunggu di bawah pohon pisang.
    "Nyet, Nyet, mana pisang bagianku?" teriak kura-kura.
    "Sebiji pun tidak ada," jawab monyet rakus.
    "Nyet, ini pohon pisangku!" rengek kura-kura hampir menangis.
    "Salah sendiri mengapa tidak bisa memanjat pohon?" ejek monyet.

    Kura-kura mulai menangis. Hatinya sedih bercampur marah. Ia lalu menggoyang-goyang pohon pisang itu.
    Tiba-tiba.... bruk! Pohon pisang itu tumbang. Monyet itu jatuh. Dia mengerang kesakitan. Tubuhnya tertimpa batang pohon pisang.
    "Ampun kura-kura, tolong aku! Aku menyesal..." kata monyet.
    Tetapi, kura-kura sudah berlalu. Ia mencari sahabat baru.

    NN

    Tags: #contoh teks cerita fabel #contoh teks cerita fabel yang singkat #contoh teks cerita fabel beserta strukturnya #contoh cara menyusun teks cerita fabel #contoh cerita fabel pendek #contoh cerita fabel kancil dan buaya #contoh teks cerita sejarah #struktur teks cerita fabel #pengertian teks cerita fabel

    Tahun Pelajaran telah Berjalan, Masalah Buku Belum Tuntas

    Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi kutipan info Tahun Pelajaran telah Berjalan, Masalah Buku Belum Tuntas-- JAKARTA - Awal penerapan Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2014/2015 berjalan dengan timpang. Sebanyak 130 ribu sekolah diantara 390 ribu sekolah sasaran implementasi kurikulum belum mendapatkan kiriman buku baru. Pembelajaran tidak boleh berhenti, sekolah diminta menggandakan sebagian isi buku secara mandiri.
    Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim menuturkan, Kemendikbud tetap mengupayakan target penuntaskan pendistribusian buku hingga 15 Agustus nanti. Menyiasati kekurangan pendistribusian buku itu, Musliar telah mengeluarkan surat edaran khusus. Dalam surat edaran itu, kepala SD diminta menggandakan buku sendiri khusus untuk tema pertama.

    Diharapkan setelah tema pertama tuntas, buku kiriman dari percetakan sudah tiba di sekolah. Sedangkan untuk kepala SMP dan SMA serta SMK yang belum mendapatkan kiriman buku baru, diminta untuk berkoordinasi dengan percetakan.
    "Setelah buku dari percetakan tiba di sekolah, tolong segera dibayar biaya penggandaannya," ujar Musliar.

    Musliar mengatakan bahwa sasaran implementasi kurikulum baru untuk jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) sebanyak 183.768 unit sekolah. Sedangkan sasaran untuk jenjang pendidikan menengah (SMA dan SMK) berjumlah 206.799 unit sekolah.
    "Kalau dipersentase, buku yang sudah terdistribusi sudah mencapai 70 persen dari total sekolah sasaran," kata dia.

    Musliar berharap di siswa katu hingga 15 Agustus nanti, buku-buku kurikulum baru sudah terdistribusikan semuanya.
    Urusan percetakan hingga pendistribusian buku kuriulum baru ini memang menyita perhatian Kemendikbud. Awalnya percetakan hingga pendistribusian ditargetkan tuntas pada 14 Juli lalu. Tetapi nyatanya meleset dan diperpanjang menjadi 4 Agustus, bertepatan dengan dimulainya belajar efektif setelah libur lebaran. Namun setelah diperpanjang, pencetakan dan pendistribusian buku belum tuntas. Sehingga batas akhirnya diundur lagi hingga 15 Agustus nanti.

    Musliar mengatakan molornya penggandaan dan pendistribusian buku ini disebabkan karena sekolah tidak memesan atau order buku ke percetakan dengan tepat waktu. Kondisi ini membut percetakan tidak mau menggandakan buku terlebih dahulu, karena tidak ada jaminan uang yang akan dibayarkan oleh sekolah.
    "Dampaknya mempengaruhi cash flow percetakan. Banyak percetakan yang mengalami kekurangan modal, sehingga tidak bisa menggandakan dulu," paparnya.

    Untungnya Kemendikbud sudah melakukan upaya antisipasi. Caranya adalah dengan menyebar CD berisi softcopy buku-buku kurikulum baru. Dengan data lunak itu, masing-masing sekolah bisa menggandakan secara mandiri untuk bab-bab awal semester ganjil tahun ajaran 2014-2015. Dengan cara ini, diharapkan pembelajaran tidak berhenti gara-gara menunggu kiriman buku dari percetakan.

    Siswa Tidak Diwajibkan Beli Buku Paket
    BALIKPAPAN - Memasuki tahun ajaran baru muncul beragam keluhan dari orangtua siswa. Salah satunya siswa diminta membeli buku paket. Namun hal itu buru-buru dibantah Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Balikpapan Heri Misnoto. Ia menegaskan, tidak ada kewajiban membeli buku paket bagi siswa baru.

    Heri mengatakan, semua pengadaan buku sudah ditanggung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
    “Kalau ada sekolah yang menjual buku laporkan kepada saya. Saya akan tegur langsung. Karena dalam PP 17/2010 jelas, guru tidak boleh menjual buku,” tegasnya.
    Lagi pula, lanjut dia, untuk Kurikulum 2013, semua free ditanggung pemerintah menggunakan dana BOS. Tapi perlu dipahami, buku itu untuk operasional sekolah. “Siswa boleh pinjam, bukan berarti diberikan kepada siswa,” terangnya.

    Sementara di luar itu, jika ada siswa yang ingin memiliki buku sendiri dipersilakan membeli. Namun, ditegaskan kembali bahwa tidak ada kewajiban untuk membeli.
    “Sekarang ‘kan seolah kalau tidak ada buku, tidak sekolah. Padahal sebenarnya tidak. Buku itu ada, di perpustakaan disediakan. Silakan siswa bisa pinjam dan disalin ulang boleh,” tambahnya.

    Sedangkan dengan adanya keluhan warga yang masih diminta membeli buku, Heri menduga itu khusus yang masih memakai Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Sebab, KTSP memang tidak dibiayai oleh BOS. Kurikulum KTSP masih dipakai oleh siswa SD kelas 4, 5, dan 6. Juga SMP kelas IX dan SMA kelas XII. Itu semuanya secara bertahap akan menggunakan Kurikulum 2013.
    “Tapi tetap saja, sekolah maupun guru tidak boleh memaksa untuk membeli buku. Kecuali kalau yang bersangkutan memang mau beli buku untuk pribadi silakan,” katanya.

    Ia menambahkan, pemerintah komitmen menjalankan Kurikulum 2013 yang merupakan pengembangan dari KTSP. Kurikulum ini tidak hanya fokus pada sisi akademik, melainkan pada kecakapan hidup.

    Di lain hal, kewajiban memasang bet merah putih di seragam sekolah akhirnya dituangkan dalam PP 45/2014. Peraturan ini segera disosialisasikan ke setiap sekolah untuk disampaikan kepada siswa.
    “Di dalamnya termasuk pemasangan bet merah putih berukuran 3x5 sentimeter di atas saku baju sebelah kiri atas. Selain itu, aturan ini memperbolehkan pakaian khas muslimah. Artinya baju perempuan yang berjilbab diperbolehkan. Dulu ‘kan ada yang boleh, ada yang tidak. Sekarang semua sekolah tidak boleh melarang bagi yang mau pakai jilbab,” harapnya.

    Menurutnya, pemasangan atribut merah putih di seragam tidak harus serta-merta, melainkan bertahap.

    Murid Pakai Fotokopian
    TASIK – Penerapan Kurikulum 2013 masih terkendala buku pelajaran. Sampai kemarin (7/8) masih ada sekolah di Kota Tasik yang belum menerima buku pelajaran kurikulum baru tersebut. Padahal tahun ajaran baru sudah dimulai.

    Menyiasati belum adanya buku pelajaran kurikulum baru itu, Purqon, kepala SMP PUI Kota Tasikmalaya mengatakan anak didiknya menggunakan buku fotokopian. “Upaya kami sesuai dengan anjuran Dinas Pendidikan (Kota Tasikmalaya) masih menggunakan buku hasil fotokopi yang materinya di-download dari internet,” kata dia kepada Radar Tasikmalaya (Grup JPNN) kemarin.

    Terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Muhamad Dani mengaku meski penerapan Kurikulum 2013 dimulai tahun ajaran sekarang, pihaknya masih terkendala pengadaan buku fisik. Dengan demikian, distribusi buku kurikulum baru itu di Kota Tasikmalaya belum merata.
    “Sebenarnya ada lelang (buku) dari pusat dimana dananya berasal dari BOS. Hanya belum semua sekolah sudah menerima buku Kurikulum 2013. Target akhir Agustus semua sudah mendapatkan buku,” kata dia ketika ditemui Radar di Saung Gunung Jati, Kota Tasikmalaya kemarin (7/8).

    Dani merekomendasikan bagi sekolah yang sudah mendapatkan buku Kurikulum 2013 untuk menjadikannya sebagai inventaris sekolah.
    “Artinya tetap diberikan kepada anak-anak sebagai buku panduan belajar, bisa dibawa pulang ke rumah tapi harus terorganisir dengan baik agar bisa dipakai untuk angkatan selanjutnya,” kata Dani.

    Sementara bagi sekolah yang belum mendapatkan buku Kurikulum 2013 untuk mengunduhnya dari internet dan menggandakan. “Bisa difotokopi sambil menunggu buku fisiknya datang,” pungkasnya.

    Dani menjelaskan pengguna buku Kurikulum 2013 itu mencapai 45.000 siswa. Mereka berasal dari kelas I, II, IV dan V untuk jenjang SD dengan jumlah siswa sekitar 30.000 orang. Sementara untuk jenjang SMP sekitar 16.000 siswa. Mereka adalah siswa kelas VII dan VIII.
    “Karena konsepnya tematik, masing-masing anak SD mendapatkan empat buku, tidak per mata pelajaran. Sementara siswa SMP masing-masing ada 10 mata pelajaran,” jelasnya.

    Sumber berita: jpnn.com
    Sumber gambar: tribunnews.com

    SOAL | Menentukan Tema dan Pesan Syair

    Perhatikan kutipan syair berikut:
    Wahai pemuda kenali dirimu
    Ialah perahu tamsil tubuhmu
    Tiadalah berapa lama hidupmu
    Ke akhirat juga kekal dirimu
    Tema syair diatas adalah . . . .
    a. Para pemuda harus mengenali dirinya sebaik mungkin
    b. Para pemuda harus mengetahui tamsil dirinya
    c. Para pemuda harus menggunakan waktu hidupnya
    d. Para pemuda harus menyadari bahwa hidup ini sementara saja

    Rindu Dendan

    Beta menunggu tidak tersabar,
    Dalam hati berdebar-debar,
    Rasa rindu tidak terkhabar,
    Bila bersua tersenyum lebar.
    Di DWI Maya beta khabarkan,
    Rindu di hati beta luahkan,
    Khabar tersusun beta tuliskan,
    Untuk dikongsi bersama rakan.
    Warkah abang sudahlah tamat,
    Rindu di hati terlalu amat,
    Cinta abang di hati tersemat,
    Syaaban 1424 tamat.

    Syair tersebut bertema …
    a. Ketuhanan adalah segalanya.
    b. Kemanusiaan menjadi maya dalam hati.
    c. Cinta kasih mempererat kedamaian hati.
    d. Cinta tan ah air diperjuangkan hingga tamat.

    Pesan yang disampaikan dalam syair tersebut …
    a. Jangan gila karena cinta.
    b. Jatuh cinta membawa duka.
    c. Kerinduan seseorang akan menyiksa batin.
    d. Kerinduan seseorang akan terobati dengan menuliskan surat.

    Daftar Isi Blog ringkasan materi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, contoh soal, hasil belajar siswa, dan info pendidikan. Copas ke blog lain? Cantumkan link sumber!