Home » , » Contoh Soal Kelas VII Mengidentifikasi Kata Hubung (Konjungsi)

Contoh Soal Kelas VII Mengidentifikasi Kata Hubung (Konjungsi)

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 21 October 2014

Artikel Terbaru:
Contoh Soal Kelas VII Mengidentifikasi Kata Hubung (Konjungsi)-- Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat mengidentifikasi kata hubung.
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata hubung yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. sehingga
d. atau

Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Kata hubung yang dominan digunakan dalam kutipan teks di atas menyatakan hubungan ....
a. penambahan
b. perlawanan
c. sebab-akibat
d. pemilihan

Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies. Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang. Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
Kata hubung yang digunakan dalam kutipan teks deskripsi tersebut adalah ....
a. pada
b. dalam
c. ketika
d. atau

Kami berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kami dan pembaca.
Konjungsi yang terdapat pada kalimat di atas adalah ....
a. penambahan
b. perlawanan
c. sebab-akibat
d. pemilihan

Gacuk lawan juga tidak boleh terinjak. Jika terinjak akan terkena aturan midak gacuk (menginjak gacuk) sehingga giliran pun berpindah ke peserta lain.
Konjungsi yang terdapat pada kalimat atas adalah ....
a. penambahan
b. perlawanan
c. sebab-akibat
d. pemilihan

Kalimat definisi ditandai dengan adanya kata penghubung berikut, kecuali ....
a. ialah
b. termasuk
c. seperti
d. merupakan

Kalimat berikut ini yang memiliki konjungsi sebab-akibat adalah .....
a. Keinginan menjadikan anak didik mandiri dan berprestasi begitu kentara pada SMPN 1 Tanjung.
b. Ketika saya akan pulang, tanaman jagung itu sudah tumbuh dengan subur.
c. Pasar akan segera direnovasi sehingga semua pedagang akan dipindahkan untuk sementara waktu
d. Kemungkinan besar pasokan barang impor akan dikurangi atau mungkin ditiadakan.

Pada kurun waktu dekade ini banyak dibudidayakan jenis buah-buahan segar yang bekhasiat sebagai obat. Buah melodi contohnya. Buah ini merupakan perpaduan dari buah tomat dan mentimun. Buah itu diyakini berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jenis buah berkhasiat lain yang dibudidayakan, antara lain buah naga dan buah merah.
Konjungsi digunakan dalam teks di atas pada ....
a. kalimat kedua
b. kalimat ketiga
c. kalimat keempat
d. kalimat kelima

Pendidikan kesehatan di sekolah bertujuan agar murid mengetahui fakta-fakta ilmiah tentang kesehatan, memiliki sikap yang menyetujui keadaan sehat dan melaksanakan kebiasaan baik untuk hidup sehat,... kesehatan sendiri maupun komunitas bertambah baik.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah .. ..
a. dan
b. ketika
c. sehingga
d. oleh karena itu

Anita sibuk membersikan rumah, .......Yandi duduk santai.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. saat
b. tetapi
c. dan
d. walaupun

Jagalah kesehatan...tidak terserang penyakit.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a. tetapi
b. namun
c. kalau
d. agar


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara