Widget HTML Atas

Persiapan Sebelum Melakukan Wawancara

Persiapan Sebelum Melakukan Wawancara--
Kalian mau jadi wartawan? Dengan anggota kelompok belajarmu, wawancarailah seorang narasumber di lingkungan luar sekolah, misalnya lurah, ketua RT/RW. Kalian diminta menyusun figur seorang tokoh agar profilnya dapat ditampilkan di majalah sekolah.
Tujuan wawancara adalah mendapatkan informasi untuk sebuah penelitian, penyusunan berita, atau penyusunan laporan. Informasi itu didapat setelah sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun sebelumnya.
Persiapkan wawancaramu dengan menyusun pokok-pokok pertanyaan. Mulailah dari data diri tokoh tersebut:
1. nama;
2. nama panggilan;
3. tempat dan tanggal lahir;
4. bentuk fisik, tinggi, dan berat badan;
5. kebiasaannya sehari-hari;
6. asal mula bekerja di kantornya;
7. suka dukanya melayani masyarakat;
8. dan seterusnya.

Susunlah sebuah daftar pertanyaan yang berkenaan dengan sifat orang yang kalian wawancarai!
Setelah persiapan kalian matang, lakukan pendekatan dan janji untuk berwawancara dengan tokoh yang kalian tuju. Ikuti langkah berikut!

1. Sampaikan keinginanmu untuk berwawancara dan maksud dari wawancara itu! Sampaikan pula akan dipublikasikan di mana hasilnya!
2. Sampaikanlah pokok-pokok pertanyaan yang akan disampaikan nanti agar narasumber dapat mempersiapkan jawaban!
3. Lakukan wawancara pada tempat dan waktu yang sudah ditentukan. Jangan berwawancara di tempat yang resmi dan banyak orang. Tempat-tempat seperti rumah tokoh, taman, dan perpustakaan dapat dijadikan pilihan.
4. Gunakan alat tulis atau alat perekam (jika punya).
5. Lakukan juga pengamatan secara fisik dan tingkah laku tokoh ketika wawancara berlangsung: bagaimana bentuk wajahnya, tinggi badannya, gurat-gurat otot di wajahnya; apakah ketika diwawancarai ia merokok atau tidak, dan seterusnya.
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!