Menyusun Teks Prosedur yang Acak atau Berdasarkan Ilustrasi

1. Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1) Menyiram dengan air secukupnya.
2) Membungkus tanah yang telahditempelkan dengan menggunakan sabut atau plastik.
3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4) Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.
5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.
Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman di atas yang tepat adalah ....
a. 5-3-4-2-1
b. 5-1-3-4-2
c. 1-3-4-2-5
d. 1-5-3-4-2

2. Perhatikan kalimat-kalimat teks prosedur acak berikut!
Teks Prosedur Membuat Rendang
1) Setelah semua bumbu dimasukkan, aduk merata dan tunggu sampai santan mendidih serta mengeluarkan minyak.
2) Pertama-tama, potong dan gepreklah daging sapi yang telah dicuci.
3) Ungkeplah daging sapi yang telah digeprek dengan bumbu yang telah dihaluskan sampai beruap dan daging ungkep kering.
4) Setelah diungkep, masukkan santan kental, merica bubuk, sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, garam, dan gula pasir.
5) Aduk-aduk terus sampai serundeng menyatu dengan daging sampai berubah warna dan mengering, lalu sajikan.
6) Setelah santan mengeluarkan minyak, kecilkan api dan masukkan bahan pelengkap Kelapa serundeng yang sudah disangrai.
7) Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan lengkuas.

Urutan tepat teks prosedur membuat rendang tersebut adalah...
a. 2,4,7,3,6,1,5
b. 2,7,3,4,1,6,5
c. 2,5,1,4,6,7,3
d. 2,3,1,4,7,5,6

3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. masukan buah mangga ke dalam blender
2. nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhnya tercampur
3. setelah selesai matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas
4. Siapkan blender
5. Jus mangga siap dihidangkan
6. masukan air dan es batu juga gula secukupnya
Urutan tepat prosedur membuat jus mangga adalah ….
a. 1,2,5,3,4,6
b. 4,1,6,2,3,5
c. 4,6,2,1,3,5
d. 4,2,3,1,6,5

4. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Tiriskan mie, kemudian campur dengan bumbu aduk hingga rata.
2) Sementara mie direbus, masukkan bumbu, kecap manis, dan saus cabe ke dalam piring.
3) Rebus mie dalam 2 gelas (300 cc) air selama 3 menit sambil diaduk.
4) Taburkan bawang goreng dan mie siap dihidangkan.
Urutan tepat prosedur membuat jus mangga adalah ….
a. 3,2,1,4
b. 1,2,3,4
c. 3,2,1,4
d. 1,3,2,4

5. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Setelah matang kue siap untuk disajikan
2) Sediakan bahan untuk membuat kue.
3) Masukkan adonan ke dalam cetakan dan panggang selama 15 menit.
4) Kemudian, masukkan gula dan telor sedikit-demi sedikit.
5) Anda sebaiknya mencampurkan mentega yang sudah cair.
6) Terakhir tepung terigu dan mentega dimasukkan kemudian diaduk hingga rata.
Urutan tepat prosedur membuat jus mangga adalah ….
a. 2,4,1,5,3,6
b. 2,4,6,5,3,1
c. 2,3,6,5,4,1
d. 2,3,6,5,1,6

6. Mayda hendak menyetrika pakaian seragam sekolahnya dengan menggunakan setrika listrik. Prosedur yang harus ia lakukan adalah ....
a. Menancapkan colokan listrik pada stop kontak. Tunggu beberapa saat hingga panas. Mulailah menyetrika baju/pakaian yang diinginkan. Cabut steker setrika bila setrika telah selesai digunakan.
b. Menancapkan setrika pada stop kontak atau colokan listrik. Tunggu beberapa saat hingga panas. Mulailah menyetrika baju/pakaian yang diinginkan. Cabut steker setrika bila setrika telah selesai digunakan.
c. Menancapkan steker setrika pada stop kontak atau colokan listrik. Tunggu beberapa saat hingga panas. Mulailah menyetrika baju/pakaian yang diinginkan. Cabut steker setrika bila setrika telah selesai digunakan.
d. Menancapkan stop kontak pada colokan listrik. Tunggu beberapa saat hingga panas. Mulailah menyetrika baju/pakaian yang diinginkan. Cabut steker setrika bila setrika telah selesai digunakan.

7. Rayhan adalah anak yang rajin dan suka membantu ibu. Setiap hari Minggu, ia membantu ibu mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci. Prosedur yang harus ia lakukan adalah ....
a. Masukkan detergen secukupnya ke dalam tabung mesin cuci kemudian isi tabung dengan air sesuai kebutuhan. Jalankan siklus pencucian. Setelah siklus pencucian selesai, keluarkan airnya melalui selang yang tersedia pada bagian belakang mesin. Isi kembali tabungnya dengan air bersih, lalu jalankan siklus pembilasan. Seusai siklus pembilasan, pakaian Anda semestinya sudah bersih. Pada mesin cuci semi otomatis, pindahkan air dari drum pencucian ke dalam drum sebelahnya untuk membuang sisa-sisa air berlebihan yang terserap kain. Segera keluarkan cucian dari mesin cuci dan gantung untuk mengeringkannya.
b. Masukkan pakaian kotor dan detergen secukupnya. Isi tabung dengan air sesuai kebutuhan. Jalankan siklus pencucian dan keluarkan airnya melalui selang yang tersedia pada bagian belakang mesin. Isi kembali tabungnya dengan air bersih, lalu jalankan siklus pembilasan. Seusai siklus pembilasan, pakaian Anda semestinya sudah bersih. Pada mesin cuci semi otomatis, pindahkan air dari drum pencucian ke dalam drum sebelahnya untuk membuang sisa-sisa air berlebihan yang terserap kain. Segera keluarkan cucian dari mesin cuci dan gantung untuk mengeringkannya.
c. Masukkan pakaian kotor dan detergen secukupnya. Isi tabung dengan air sesuai kebutuhan. Jalankan siklus pencucian dan keluarkan airnya melalui selang yang tersedia pada bagian belakang mesin. Isi kembali tabungnya dengan air bersih, lalu jalankan siklus pembilasan. Seusai siklus pembilasan, pakaian Anda semestinya sudah bersih. Pada mesin cuci semi otomatis, pindahkan cucian dari drum pencucian ke dalam drum sebelahnya untuk membuang sisa-sisa air berlebihan yang terserap kain. Segera keluarkan cucian dari mesin cuci dan gantung untuk mengeringkannya.
d. Masukkan pakaian kotor dan detergen secukupnya ke dalam tabung mesin cuci. Isi tabung dengan air sesuai kebutuhan. Jalankan siklus pencucian. Setelah siklus pencucian selesai, keluarkan airnya melalui selang yang tersedia pada bagian belakang mesin. Isi kembali tabungnya dengan air bersih, lalu jalankan siklus pembilasan. Seusai siklus pembilasan, pakaian Anda semestinya sudah bersih. Pada mesin cuci semi otomatis, pindahkan cucian dari drum pencucian ke dalam drum sebelahnya untuk membuang sisa-sisa air berlebihan yang terserap kain. Segera keluarkan cucian dari mesin cuci dan gantung untuk mengeringkannya.

8. Safira mewakili sekolah mengikuti lomba membuat poster. Ia mendapat petunjuk dari guru seni bagaimana prosedur yang tepat dalam membuat poster. Prosedur yang diberikan guru Safira adalah ...
a. Tentukan objek atau tema poster. Rumuskan kata-kata atau pesan yang akan disampaikan dalam poster. Susunlah gambar yang jelas dan bermakna. Pilih gambar yang unik sehingga mudah diingat. Perhatikan paduan kalimat saat membuat poster.
b. Tentukan judul. Rumuskan kata-kata atau pesan yang akan disampaikan dalam poster. Susunlah kalimat singkat dan jelas, padat, dan bermakna. Pilih gambar yang unik sehingga mudah diingat. Perhatikan paduan warna saat membuat poster.
c. Tentukan alat lukis/ alat gambar. Rumuskan kata-kata atau pesan yang akan disampaikan dalam poster. Susunlah kalimat singkat dan jelas, padat, dan bermakna. Pilih gambar yang unik sehingga mudah diingat. Perhatikan paduan warna saat membuat poster.
d. Tentukan objek atau tema poster. Rumuskan kata-kata atau pesan yang akan disampaikan dalam poster. Susunlah kalimat singkat dan jelas, padat, dan bermakna. Pilih gambar yang unik sehingga mudah diingat. Perhatikan paduan warna saat membuat poster.

9. Ananta mendapat tugas meringkas isi buku yang dibaca. Agar efektif, ia harus berpedoman pada langkah-langkah yang tepat, yaitu ....
a. Membaca beberapa sumber atau judul buku bacaan. Pahami semuanya dan beri tanda penting setiap pembahasan yang penting serta keterkaitan antara judul bab dan sub judul. Catat gagasan utamanya. Setelah membaca, tulis bagian bacaan penting yang sudah dipahami dan berpedoman pada judul serta daftar isi pada buku.
b. Membaca sumber bacaan. Pahami isi bacaan dan beri catatan pembahasan yang penting serta keterkaitan antara judul bab dan sub judul. Catat gagasan utamanya. Setelah membaca, tulis bagian bacaan penting yang sudah dipahami dan berpedoman pada judul serta daftar isi pada buku.
c. Membaca sumber bacaan. Pahami isi bacaan dan beri tanda penting setiap pembahasan yang penting serta keterkaitan antara judul bab dan sub judul. Catat gagasan utamanya. Setelah membaca, tulis bagian bacaan penting yang sudah dipahami dan berpedoman pada judul serta daftar isi pada buku.
d. Membaca sumber bacaan. Pahami dan beri tanda penting setiap pembahasan yang penting serta keterkaitan antara judul bab dan sub judul. Catat gagasan utamanya. Setelah membaca, tulis bagian bacaan kurang penting yang sudah dipahami dan berpedoman pada judul serta daftar isi pada buku.

10. Joni mendapat tugas membuat makalah. Prosedur yang harus ia kerjakan adalah ....
a. Menentukan judul. Mengumpulkan bahan referensi. Membaca referensi makalah dengan tema sejenis. Menulis makalah secara sistematis. Menambahkan kutipan. Melakukan pengguntingan makalah.
b. Menentukan tema. Menentukan judul. Mengumpulkan bahan referensi. Membaca referensi makalah dengan tema sejenis. Menulis makalah secara sistematis. Menambahkan kutipan. Melakukan penyuntingan makalah.
c. Menentukan tema. Mengumpulkan bahan referensi. Membaca referensi makalah dengan tema berbeda. Menulis makalah secara sistematis. Menambahkan kutipan. Melakukan penyuntingan makalah.
d. Menentukan tema. Menentukan judul. Mengumpulkan bahan referensi. Membaca referensi makalah dengan tema berbeda. Menulis makalah secara sistematis. Menambahkan kutipan. Melakukan penyuntingan makalah.

KUNCI JAWABAN
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!