Contoh Teks Pidato Persuasif Kelas 9

Assalaamualaikum wr.wb
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang saya hormati, bapak/ibu guru, serta teman-teman yang berbahagia.
Marilah kita memanjatkan rasa puji dan syukur kita kepada Tuhan Semesta Alam karena atas rahmat sehat dan hidayah-Nya, kita semua bisa berkumpul pada pagi hari yang cerah ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan sedikit pun.

Hadirin yang berbahagia,
Pada pagi hari yang cerah ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul "Marilah Kita Pelihara Persatuan dan Kesatuan Bangsa".

Hadirin yang berbahagia,
Lebih dari beberapa puluh tahun lalu para pejuang berperang mengorbankan segalanya untuk kemerdekaan Indonesia. Mereka berjuang dengan pikiran dan tenaga untuk membawa negeri ini, lepas dari cengkraman penjajah. Bahkan, para pahlawan rela mengorbankan harta, benda, dan nyawanya untuk mengangkat senjata bertempur langsung dalam medan pertempuran. Alhasil, banyak pahlawan kita yang gugur demi mewujudkan cita-cita bangsa ini.

Hadirin yang saya hormati,
Kini, apa yang menjadi mimpi-mimpi mereka telah tercapai. Kita semua telah keluar dari belenggu penjajah. Namun, ha1 ini bukan berarti perjuangan telah usai. Kitalah yang menerima tongkat estafet ini untuk mempertahankan bangsa. Apa yang telah kita dapatkan ini merupakan tangggung jawab besar karena pada dasarnya mempertahankan adalah hal yang jauh lebih sulit daripada mendapatkan. Jangan sampai perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan kita menjadi sia-sia.

Untuk itulah, sebagai pemuda bangsa, kita harus mencintai dan mempertahankan keutuhan bangsa ini. Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemeredekaan Indonesia sebagai wujud cinta akan tanah air, di antaranya:
1. Berprestasilah dalam bidang yang kita kuasai. Dengan meraih prestasi, kita bisa membawa bangsa ini dan mensejajarkannya dengan bangsa lain. Jangan sampai sebagai pemuda kita malah lemah semangat karena sesungguhnya nasib bangsa ini ada pada tangan para pemudanya. ]ika bersemangat dalam meraih mimpi-mimpi, itu sama saja kita membangun bangsa ini.
2. Selain dengan cara berprestasi, jauhilah narkoba dan pergaulan bebas. Narkoba dan pergaulan bebas adalah dua hal yang menjadi racun bagi para pemuda. Benda-benda itu bisa menghancurkan pemuda suatu bangsa sehingga hancur pula bangsa itu. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali menventuh atau mengenal barang ini karena hal itu akan menghancuran diri kita sendiri.
3. Kemudian, marilah kita menjaga semangat persatuan antarsesama bangsa. Sebagai pemuda, jangan sampai kita mudah terpengaruh oleh pihak-pihak lain yang ingin memecah-belah kita. Apabila kita sudah terpecah, maka pihak lain akan masuk dengan mudah dan mengambil alih bangsa ini. Oleh karena itu, marilah kita bangun kembali semangat persatuan yang sempat hilang dari dalam diri kita. Jangan lagi ada perselisihan antarsuku dan agama karena sesungguhnya kita adalah satu, yaitu bangsa Indonesia.

Hadirin, yang berbahagia,
Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan kali ini. Namun, sebelum mengakhiri pidato ini, saya mengajak seluruh pemuda dan pemudi bangsa Indonesia untuk mencintai bangsa ini dan juga kembali ke dalam semangat persatuan.
Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan. Semoga pidato yang saya sampaikan bisa menggugah hati kita untuk mencintai bangsa ini.
Jika ada kata yang salah ataupun menyingung dalam penyampaian pidato ini, saya mohon maaf.
Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalaamualaikum wr.wb

Tonton videonya di SINI

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Persuasif Kelas 9"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!