Widget HTML Atas

Pengertian Sinopsis, Ciri-ciri, dan Contoh Sinopsis Preman Pensiun 5

Sinopsis adalah ringkasan isi atau ringkasan cerita yang menggambarkan isi dari buku, film, atau pementasan dari awal hingga akhir.

Ciri-ciri sinopsis :
  • Umumnya isi naskah relatif lebih pendek.
  • Mengajak pembaca untuk memahami isi cerita.
  • Alur naskah dibuat sama dengan alur cerita aslinya. Tetapi rincian kronologis cerita dibuat jadi singkat.
  • Memancing penasaran pembaca dengan menampilkan konflik yang singkat atau menggantung.
  • Isi ringkasan bersifat persuasif artinya bertujuan agar pembaca atau penonton tertarik untuk membaca atau melihat karya aslinya.

Sekarang saya akan contohkan sebuah sinopsis sinetron.

Kita sudah menyaksikan akhir cerita yang menggantung di PP 4 kemudian ‘diselesaikan’ di FTV spesial ultah RCTI dengan judul “PP Kesempatan Kedua”.
Diceritakan, usaha Tony cs meneror anak buah Willy makin gencar. Namun Willy cs memutuskan tidak akan mundur dan siap berperang. Setelah waktu berlalu, Bubun kemudian keluar penjara lebih cepat dan langsung mengambil alih terminal. Willy cs dihadapi seorang diri sementara Tony cs cukup menonton saja. Bubun pun kembali menguasai terminal.
Diceritakan pula, usaha Kicimpring Kang Mus lebih mapan dan sudah bisa membeli sepatu adinda yg gambarnya daun singkong tiga untuk selamatan ultah kejutan buat Emak (yg bertepatan dg ultah RCTI). Selain dibumbui kisah Saep dan komplotan copetnya serta munculnya trio TOP Ojak, Purnomo, dan Tisna, Kesempatan kedua sebenarnya bercerita tentang Kang Pipit yang sakit karena komplikasi jantung, paru2, dan batu ginjal. Kisah ini sendiri terinspirasi dari kisah nyata Kang Pipit. Sempat dinyatakan meninggal, Kang Pipit ternyata ‘hidup’ lagi.
FTV Kesempatan Kedua ditutup dengan berkumpulnya Kang Mus dan anak buahnya termasuk Kang Pipit yg sudah sembuh di markas besar.

Tahun ini, PP memasuki season ke-5. Tentu nanti akan diceritakan bagaimana nasib usaha kicimpring Kang Mus setelah bekerja sama dengan Serena, termasuk pula Bagaimana pula kisah ‘tumbuhnya benih cinta’ antara Ujang dan Serena. Ada pula cerita lanjutan mengenai hutang Willy pada Silvia yang belum terbayar, serta Apa yg dilakukan Willy dan teman-temannya setelah terdepak dari terminal.
Sementara itu Darman cs pun diceritakan menagih bayaran kepada Bubun ketika diminta mengusir Cecep dari termnal. Bubun tentu belum cukup uang utk membayarnya. Darman pun marah dan bermaksud mengambil alih terminal sebagai gantinya. Bubun tak mau diam. Ia lantas meminta bantuan Bang Edi, penguasa jalanan, untuk membantu melawan Darman cs.
Sementara itu, posisi Taslim dan Mawardi yg menjadi penguasa pasar digoyang juga oleh pihak lain. Siapakah mereka?

Nah, jika kita daftarkan pertanyaan2 lain, ada beberapa pertanyaan yg mungkin kita akan temukan jawabannya di PP season ke-5 ini:
  • Bagaimana petualangan bos copet Saep dalam perekrutan anggota baru demi meramaikan ‘khazanah percopetan di kota ini’?
  • Bagaimana pula nasib Mira dan Gugum setelah upayanya keluar dari cengkraman Saep?
  • Bagaimana kisah Cecep setelah meninggalkan terminal yg sempat dikuasainya? Bagaimana pula kisah mantan preman lainnya yang telah pensiun
  • Apakah niat Kang Murad untuk mengelola lahan pertanian di Lembang bisa terwujud setelah sempat hampir kehilangan duit karena ditipu Darsa?
  • Bagaimana cara sutradara/ penulis cerita ‘menghilangkan’ tokoh Kang Pipit yang pemerannya (Kang Ica Naga) meninggal dunia saat produksi season ke-5 ini masih syuting? Apakah diceritakan pergi merantau atau meninggal juga?

Posting Komentar untuk "Pengertian Sinopsis, Ciri-ciri, dan Contoh Sinopsis Preman Pensiun 5"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!