Loading...

Contoh Soal USBN Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

DMCA.com Protection Status
Loading...
A. PILIHAN GANDA

1. Cermati teks berikut!
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertekad membangun sekitar 300 jembatan gantung diberbagai daerah seluruh Indonesia pada tahun 2018-2019. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa kehadiran jembatan gantung disambut baik oleh masyarakat karena manfaatnya nyata. Oleh karena itu, Kementerian PUPR menargetkaan membangun 134 jembatan pada tahun 2018 dan 166 jembatan pada tahun 2019. Pembangunan jembatan tersebut juga melibatkan masyarakat lokal. Selain untuk pemberdayaan masyarakat, diharapkan masyarakat juga dapat mempunyai rasa memiliki dan menjaga kondisi jembatan yang ditargetkan rampung Desember 2018. Menteri Basuki belum merinci jumlah anggaran yang diperlukan untuk membangun sekitar 300 jembatan gantung tersebut.
Disadur dari: http://mediaindonesia.com/read/detail/200431-
Pemerintah-bangun-300-jembatan-gantung-pada-2018-2019, 27 November 2018
Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah . . . .
A. Mengapa Kementerian PUPR memberdayakan masyarakat lokal dalam pembangunan jembatan gantung?
B. Bagaimana cara kementerian PUPR memperbaiki kondisi jembatan yang sudah tidak layak pakai oleh masyarakat?
C. Mengapa Menteri Basuki belum merinci jumlah anggaran yang diperlukan untuk membangun sekitar 300 jembatan gantung?
D. Bagaimana kondisi jembatan yang akan dibangun dan diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat?

2. Cermati teks berikut!
Gerhana bulan adalah fenomena alam ketika bulan terhalang bayangan bumi. Banyak ahli meneliti dan mempelajari proses terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan dapat muncul jika bulan dan matahari saling beroposisi. Namun, tidak semua oposisi ini mengakibatkan gerhana karena bulan memiliki bidang orbit yang miring sebesar 5 derajat terhadap bidang ekliptika.
Perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan menghasilkan dua titik yang dikenal dengan ‘node’. Terjadinya gerhana bulan adalah ketika bulan beroposisi dengan matahari terhadap node, tepatnya di posisi 16,5 derajat dari node (di sebelah timur ataupun sebelah barat).
Tidak semua gerhana bulan yang terjadi akan membuat bulan tidak dapat terlihat sementara. Beberapa fenomena gerhana bulan justru menampakkan bulan dengan cahaya seperti merah, tembaga, maupun jingga. Hal ini disebabkan masih ada cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. Cahaya yang dapat dibelokkan atmosfer bumi ini seringkali mempunyai spektrum cahaya berwarna merah.

Pernyataan yang merupakan isi teks tersebut adalah ...
A. Oposisi antara bulan dan matahari selalu menyebabkan gerhana bulan.
B. Gerhana bulan akan terjadi bila bulan dan matahari beroposisi terhadap node.
C. Bulan tidak terlihat untuk waktu yang lama ketika gerhana terjadi.
D. Gerhana bulan dapat menyebabkan bulan berwarna merah jingga.

3. Bacalah paragraf berikut!
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi berstatus level II atau waspada. Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar ke arah hulu Kali Gendol. BPPTKG menambahkan jarak luncur guguran maksimal 300 meter terjadi pada pukul 19.05 WIB. Intensitas guguran rendah dengan potensi material yang kecil sehingga belum membahayakan penduduk.
Disadur dari: http://sains.kompas.com/read/2018/11/25/
110135423/gunung-merapi-keluarkan-guguran-lava-pijar-ini-sebabnya-menurut-pvmbg,
Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah . . . .
A. Kaitan B. Tingkat C. Jumlah D. Tataran

4. Cermatiparagraf berikut!
Biji pepaya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat melancarkan pencernaan. Kandungan zat papain dalam biji pepaya sangat baik untuk membantu enzim membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, biji pepaya dapat berfungsi membersihkan hati. Enzim proteolytic yang terdapat pada biji pepaya dapat membantu meringankan pencernaan di hati, bahkan dapat meringankan sirosi, yaitu penyakit kronis pada hati.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. manfaat biji pepaya C. kandungan biji pepaya
B. cara memperlancar pencernaan D. fungsi enzim proteolytic

5. Bacalah teks berikut!
Manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi. Kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi, baik sarana komunikasi yang sederhana maupun yang modern. Kebudayaan dan peradaban manusia tidak akan dapat maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi C. sarana komunikasi yang sederhana
B. kebudayaan dan peradaban manusia D. sarana komunikasi sederhana dan modern

6. Cermatiparagraf berikut!
Masalah yang dihadapi pemerintah Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam mencanangkan Banjarmasin sebagai pusat pertumbuhan bagi Kalsel sangatlah banyak. Sebagai kota pusat aktivitas, Kota Banjarmasin tidak bisa mengelak dari arus urbanisasi. Penduduk berdatangan dari berbagai pelosok di Kalimantan dengan bertujuan mengadu keberuntungan. Kehadiran mereka justru memunculkan berbagai persoalan kota. Salah satunya terbentuknya pemukiman-pemukiman kumuh baru, penertiban yang berlangsung tanpa henti ternyata bukan menjadi hambatan untuk masuknya penduduk dari luar kota.
Simpulan dari teks diatas adalah….
A. Urbanisasi memunculkan pemukiman-pemukiman kumuh
B. Masalah yang dihadapi pemerintah Kalimantan selatan untuk menjadikan Banjarmasin sebagi kota pusat aktivitas
C. Penduduk yang berdatangan merupakan hambatan bagi kota Banjarmasin
D. Penertiban tidak menyelesaikan masalah
7. Cermati kutipan teks berikut!
Teks 1 Teks 2
Karimunjawa di Jepara berada di sebelah utara Pulau Jawa. Lokasi wisata bahari yang satu ini sejak dulu sudah menjadi salah satu alternatif liburan yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Fasilitas di sana sangat lengkap. Bahkan, banyak juga backpacker yang berani untuk berwisata ke sana dengan budget rendah. Kota Batu identik sebagai Kota Apel. Karena besarnya jumlah pengunjung untuk berwisata di Kota Batu, potensi perkebunan apel juga dikembangkan sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar. Saat ini perkebunan apel yang tersebar di Kota Batu telah menjadi salah satu objek wisata favorit, terutama bagi wisatawan lokal.

Persamaan isi kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. menggambarkan objek wisata domestik C. menguraikan jenis wisata bahari di Jawa
B. membahas penelitian pengembang wisata D. menjelaskan ketertarikan wisatawan luar negeri

8.Bacalah kutipan teks laporan observasi berikut!

TEKS 1
Gajah sumatera adalah subspecies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatera. Gajah sumatera berpostur lebih kecil daripada species gajah India. Sekitar 2000 – 2700 gajah sumatera tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni.
Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan.
TEKS 2
Kelinci adalah hewan mamalia. Dahulu hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya tahun1972 kelinci diklasifikasikan dalam ordo logomorph. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili yakni ochtonidae dan laporidae. Kelinci berasal dari bahasa belanda. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat nusantara mulai mengenali kelinci saat masa kolonial. Padahal di Pulau Sumatera ada satu spesies kelinci sumatera yang baru ditemukan pada tahun 1972.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah …
Teks 1 Teks 2
A Habitat kelinci sumatera Habitat gajah sumatera
B Perkembangan gajah sumatera Populasi kelinci sumatera
C Pembagian jenis gajah sumatera Sejarah penemuan kelinci sumatera
D Populasi gajah sumatera Perkembangan kelinci sumatera

9.Bacalah kutipan teks laporan observasi berikut!
Gajah sumatera adalah subspecies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatera. Gajah sumatera berpostur lebih kecil daripada species gajah India. Sekitar 2000 – 2700 gajah sumatera tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni.Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan.
Peta konsep yang tepat untuk teks di atas adalah …

10. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Kau masih baru tamat sekolah. Kau belum pantas berpacaran. Aku tak ingin kau berhubungan dengan si tukang kredit itu.”
Uni Ida hanya diam dengan menekukkan wajah ke lantai. Tak berani menatap wajah Abak. “Aku tak ingin lagi mendengar bila kau berjumpa dengannya. Aku merasa dia bukan orang baik-baik. Jangan pernah berhubungan dengan orang yang tak tau asal-usulnya. Kau mengerti?”
Uni Ida tak menyahut kata-kata Abak. Mulutnya membisu. Tubuhnya kaku. Ia serupa patung. Tapi air mata Uni Ida tumpah. Membasahi pipinya. Dan Abak tidak memikirkan tentang air mata. Bagi Abak, Keputusannya tak boleh dilanggar. Mak tak berani menyahut. Mak hanya diam. Tapi diakhir pertemuan malam itu, Abak sempat menyalahkan Mak.
Dikutip dari: Farizalsikumbang, “Penagih Hutang Bersepeda Kumbang ”
dalam Kasur Tanah, Jakarta, Buku Kompas, 2018
Konflik kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A. Tokoh Uni Ida dilarang berhubungan dengan tokoh tukang kredit.
B. Tokoh Abak memarahi tokoh Mak yang suka kredit barang.
C. Tokoh Uni Ida seperti patung yang membisu sambil menangis.
D. Tokoh Abak memiliki masalah dengan tukang kredit.

11. Bacalah kutipan cerita berikut!
Di sebuah desa hiduplah sebatang kara seorang kakek tua yang buta. Istrinya telah lama meninggal dan ia tak punya seorang anak. Setiap hari, kakek tersebut hanya mengandalkan tenaganya sebagai tukang pijat dan mendapat penghasilan yang tak seberapa. Orang-orang sekitar memanggil kakek tua itu dengan sebutan Ompung.
Dikutip dari: Dini Ayu, “Ompung dan Seekor Beo Nias” dalam Fabel Nusantara, Jakarta, Wahyumedia, 2017
Makna kata ungkapan sebatang kara dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A. Tidak mempunyai ayah dan ibu C. Tidak memiliki tempat tinggal
B. Tidak mempunyai sanak saudara D. Tidak memiliki sahabat

12. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Aku tahu lelaki itu sedang bersenandung di hatinya. Di atas batu besar di tengah sawah yang sudah selesai dipanen. Kira-kira jam sepuluh dia akan beristirahat melepas lelah di sana. Kadang-kadang ia pulang sebentar ke rumah untuk salat Dhuha. Aku juga tahu ada sebuah harapan yang sedang meledak-ledak di dalam dirinya. Tidak pernah tergugat di dahi hitamnya segaris keputusasaan. Dan sebagai seorang adik, suatu keharusan bagiku untuk membantunya mengusahakan harapan itu.

Tema kutipan cerpen tersebut ...
A. Keputusan seseorang terhadap masalah yang ia hadapi.
B. Kegigihan seseorang untuk mewujudkan harapan dan cita-cita.
C. Keberanian seseorang melawan aturan yang mempersulit hidupnya.
D. Kekecewaan seseorang terhadap perbuatan orang yang disayanginya

13. Perhatikan kutipan fabel berikut!
Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bernama Kanca dan Manggut. Kedua ekor kancil itu bersaudara. Manggut adalah kakak dari Kanca. Sebaliknya Kanca adalah adik dari Manggut. Walaupun mereka bersaudara, tetapi sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati. Sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman-temannya.
Kutipan teks cerita tersebut termasuk struktur teks fabel pada bagian ....
A. Orientasi B. Komplikasi C. Resolusi D. Koda

14. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Lalu terlintas di benak kuda itu untuk menakuti hewan-hewan hutan.
2) Lalu dia menunggu hewan hutan yang akan melewatinya.
3) Tidak lama kemudian beberapa domba gunung berjalan ke arah dirinya.
4) Kuda itu bergegas mencari tempat untu bersembunyi
5) Tempat itu harus terlihat gelap dan sering ilalui oleh beberapa hewan hutan.
6) Akhirnya dia menemukan semak-semak yang cukup gelap untuk bersembunyi dan kuda itu pun masuk ke semak-semak dengan menggunakan kulit harimaunya.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi teks fabel yang baik adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6 B. 1-2-4-5-6-3 C. 1-4-2-3-5-6 D. 1-4-5-6-2-3

15. Bacalah kutipan cerpen di bawah ini!
1) Kebiasaan itu berlangsung terus.
2) Kakek mesti membawakan sesuatu untuk cucunya.
3) Cucu, demikian ia memanggil anak saya.
4) Kadang-kadang, anak saya tidak terbangun, misalnya karena terlalu lelah.
5) Terpaksalah saya berdiri sendiri di serambi menantikan Kakek itu.
Bukti tokoh kakek suka memberi ditunjukkan oleh kalimat nomor . . . .
A. 5) B. 4) C. 2) D. 1)

16. Cermati kutipan fabel berikut!
Harimau, kerbau, dan gajah mulai dari pagi sampai sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap hewan lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis makanan dikumpulkan, mulai dari buah-buahan sampai hewan-hewan hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung banyaknya makanan dan membagi tiga dengan adil. Sang harimau merasa tidak adil dan marah, akhirnya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu, harimau menunjuk gajah untuk membagi makanannya. Karena harimau merasa masih kurang, ia juga menerkam gajah. Harimau tersebut serakah karena merasa kekurangan makanan.
Keunggulan kutipan teks fabel tersebut adalah ...
A. Konflik antara ketiga hewan sangat didramatisasi.
B. Pesan cerita menarik dan disampaikan secara tersirat dan jelas.
C. Pengenalan tokoh diungkapkan dengan sangat detail.
D. Penyelesaian cerita yang bahagia digambarkan dengan lugas.


17. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Penyakit adalah kendala yang sangat ditakuti pembudi daya lele. Penyakit menjadi faktor utama penyebab kematian lele dan kegagalan panen. Kemunculan penyakit pada lele disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya air yang kotor atau jarang diganti. [ … ] pakan berlebih, benih yang sakit sejak dibeli, fasilitas budi daya yang tercemar penyakit dan kesalahan penanganan.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. Penebaran B. Pemberian C. Penyaluran D. Penanganan
18. Cermati teks berikut!
Pantai Nembrala adalah sebuah pantai dengan […] indah dan belum tercemar. Pasir, ombak, dan birunya air laut terhampar di lokasi ini. Hal ini membuat para […] dalam dan luar negeri berkunjung ke sini. Pantai ini terdapat di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. visualisasi, peneliti C. pemandangan, pendatang
B. panorama, wisatawan D. ekosistem, pelancong

19. CermatiKalimat-kalimat di bawah ini!
1. Padahal sebelumnya harga sapi hanya Rp. 55.000,00 per kilogram
2. Harga sapi kurban naik antara 15%-20%
3. Menjelang Hari raya Idul Adha 21 Agustus 2018 harga sapi naik.
4. Sekertaris Jenderal Perhimpunan Peternak Sapi Kerbau Indonesia (PPSKI) Rochadi Tawaf, mengungkapkan saat ini harga sapi kurban bisa mencapai RP. 60.000,00- RP. 65.000,00 per kilogram.
Susunan tepat teks berita di atas adalah….
A. 3- 2-4-1 B. 1-2-3-4 C. 3-4-2-1 D. 3-2-1-4
20. Cermati teks berikut!
Petunjuk membuat batik tulis:
(1) Mencelupkan kain yang sudah diberi lilin ke dalam pewarna.
(2) Menutupi bagian kain putih yang ditebalkan dengan lilin yang tidak akan diwarnai.
(3) Melukis kembali dengan canting pada motif yang warnanya beda.
(4) Setelah membuat pola batik, menebalkan motif menggunakan lilin yang dicairkan.
(5) Menghilangkan lilin dengan mencelupkan kain yang sudah diberi warna berbeda.
(6) Membuat pola batik pada kain putih sesuai motif yang diinginkan.
(7) Tahap terakhir adalah mencuci kain batik dengan air bersih dan menjemurnya.

Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat tersebut tersusun padu adalah ....
A. (2) – (3) – (1) – (5) – (6) – (4) – (7) C. (6) – (7) – (1) – (5) – (2) – (3) – (4)
B. (2) – (6) – (4) – (3) – (7) – (1) – (5) D. (6) – (4) – (2) – (1) – (3) – (5) – (7)

21. Cermati teks berikut!
Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Jika gigi Anda mengalami karang gigi, sebaiknya tidak usah cemas. Karena ada cara mudah dan murah untuk mengatasinya. Berikut caranya:
1. Sediakan satu atau dua kulit jeruk yang sudah dibersihkan.
2. Sebelum tidur, gosokkan langsung pada gigi sampai rata.
3. Diamkan satu malam tanpa dibersihkan.
4. Setelah bangun tidur, bersihkan dengan cara menyikat gigi atau berkumur.
5. Lakukan setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang maksimal.

Teks eksposisi yang tepat sesuai dengan teks tersebut adalah ...
A. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Pada umumnya, karang gigi membuat orang merasa tidak percaya diri. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasinya, di antaranya menggunakan kulit jeruk. Dengan kulit jeruk, karang gigi dapat hilang dalam semalam.
B. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan dapat membuat orang merasa cemas serta tidak percaya diri. Namun, kini kita tidak perlu cemas. Penelitian terbaru membuktikan bahwa kulit jeruk dapat menghilangkan karang gigi jika digosokkan pada gigi sebelum tidur secara berkala. Tingkat keberhasilannya mencapai 90 persen.
C. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan tidak berbahaya. Meski begitu, karang gigi harus dibersihkan demi kenyamanan diri. Solusi yang mudah dan murah adalah dengan kulit jeruk. Caranya dengan menggosokkan kulit jeruk yang sudah dibersihkan ke area karang gigi dan diamkan dalam satu malam. Jika dilakukan setiap malam, karang gigi akan lenyap.
D. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan cukup mencemaskan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan pembersihan gigi dari karang gigi. Sikat gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan karang gigi. Kita harus rutin menggunakan kulit jeruk karena bahan alaminya terbukti ampuh mengangkat plak pada gigi. Tertarik mencobanya?

22. Bacalah teks berikut!
(1) Hari itu matahari bersinar dengan terik, sekan-akan sang raja siang itu ingin membakar semua yang ada di bawahnya. (2) Namun, di tengah-tengah panasnya hari tersebut, seorang anak laki-laki sedang menjajakan kuenya. Dia adalah Doni, seorang anak kurus dengan rambut hitam yang sedikit ikal.
Variasi kalimat yang sesuai dengan kalimat nomor (1) tersebut adalah . . . .
A. Hari itu matahari bersinar dengan terik, seakan-akan ada api yang membakar semua yang ada di bawahnya
B. Hari itu matahari bersinar dengan terik, seakan-akan matahari itu ingin membakar semua yang ada di bawahnya
C. Pada siang hari yang sangat panas, raja siang mengamuk seakan-akan ingin membakar semua yang disinarinya
D. Raja siang bersinar sangat terik, sehingga semua yang ada di bawahnya terbakar oleh panasnya matahari

23.Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Setiap hari aku juga membuat asap seperti emak. Sore hari, aku dan dua temanku, Enggar dan Halim, suka sekali membakar sampah di belakang rumah. Sebelumnya, kami kumpulkan sampah berupa daun-daun kering dan sampah dari dalam rumah. Kami mengumpulkan dan membakar ramai-ramai. Asap kemana-mana, sebelum membubung ke langit. Kami bertiga sepakat memberi nama tempat itu ‘[….]’ karena seluruh udara putih kental. Mirip negeri dongeng yang pernah emak ceritakan.
Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen di atas adalah ….
A. Negeri dongeng B. Negeri asap C. Negeri sampah D. Negeri udara

24. Cermatilah Kalimat berikut!
Kekeringan yang terjadi terlalu lama dapat berdampak pada turunnya......tanaman dan merugikan petani.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah.....
A. Produksi B. Konsumen C. Produsen D.Konsumsi

25 Cermati kutipan cerpen berikut!
Ibu terus membangunkan Kiki dan mengajaknya ke kamar mandi. Setelah mandi dan sarapan, Kiki berangkat ke sekolah diantar ayah, sementara ibu tetap di rumah. Memang dalam keluarga ini, ayah adalah kepala keluarga sekaligus […] keluarga. Ayah bertugas mencari nafkah untuk memenuhi keperluan keluarga, sementara ibu mendampinginya dan mendidik anak-anak dengan baik.

Majas yang tepat untuk melengkapi kutipan cerita tersebut adalah ....
A. tulang punggungB.banting tulangC. kaki tanganD.tangan kanan

26. Cermati kutipan cerpen berikut!
Sore itu Aldi sedang berjalan pulang menuju rumahnya. Aldi melihat dompet seorang ibu terjatuh di jalan. Aldi memanggil ibu tersebut, tetapi ibu itu tidak mendengar. Kemudian Aldi mengambil dompet itu. Aldi mencari kartu identitas ibu tersebut. Aldi memutuskan untuk mengebalikan dompet tersebut kepada pemiliknya. Aldipun menuju rumah si pemillik dompet. Aldi ingin menyerahkan dompet tersebut. Ibu itu sangat berterimakasih kepada Aldi. […….]. Namun, Aldi menolak. Aldi ikhlas menyerahkan dompet itu tanpa mengharap imblan.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah….
A. Ibu tadi menjamu Aldi dengan segelas teh hangat
B. Ibu tadi memberi imbalan sejumlah uang
C. Ibu tadi meminta Aldi masuk ke rumahnya
D. Ibu tadi sangat senang karena dompetnya kembali

27. Perhatikan larik-larik pantun berikut!
Ikan laut enak rasanya
Bila dimasak dan dimakan.
Mendapat kawan senang rasanya
Tentu boleh kita berkenalan.

Variasi bentuk sampiran dari kutipan pantun tersebut adalah . . .
A. Lihatlah awan biru warnanya, C. Beli duku di pasar minggu,
Ramai berarak seolah berjalan. Jangan lupa membeli baju.
B. Berkawan itu enak rasanya, D. Indahnya dunia persahabatan,
Kawan lama jangan dilupakan. Selamanya tak kan terlupakan.

28. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dahulu kala, ada seorang gadis remaja yang bernama Cinderela. Ia tinggal bersama ibu tiri dan kedua saudara tirinya, yang juga gadis remaja.
Kutipan cerpen di atas merupakan bagian . . . .
A. orientasi B. komplikasi C. resolusi D. penyelesaian

29.Perhatikan Teks Fabel Berikut!
Menjelang senja, seekor kelalawar mulai keluar dari sarangnya. Sepasang bola matanya menyapu pemandangan di sekitar lembah dan perbukitan.

Pernyataan dalam teks fabel tersebut sering digunakan pengarang pada tahap.....
A. Resolusi B. Koda C. Orientasi D. Identifikasi

30. Bacalah teks deskripsi berikut!
Wisata alam yang ada di Kecamatan Jaro yaitu Goa Liang Tapah. Terdiri dari dua kata yaitu “Liang” dan “Tapah”. Dalam bahasa Banjar liang berarti; lubang atau trowongan, sedangkan tapah adalah salah satu jenis ikan besar yang ada di Pulau Kalimantan bahasa ilmiahnya Cat fish Wallago. Jadi, Liang Tapah bisa diartikan sebagai Lubang/trowongan tempat tinggalnya ikan Tapah.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur teks....
A. deskripsi umum B. deskripsi bagian C. deskripsi manfaat D. Simpulan

31.Perhatikanteks prosedur berikut ini!
Cara Membuat Telur Mata Sapi
(A) Nah, mudah bukan. Selamat mencobanya.
(B) Telur mata sapi adalah makanan yang paling disukai oleh anak-anak. Makanan ini juga sangat mudah dibuatnya. Berikut adalah cara membuat telur mata sapi.
(C) Bahan-bahan:
1. Siapkan telur satu buah
2. Siapkan garam secukupnya
3. Siapkan juga mentega atau minyak goreng
Alat:
1. Siapkan kompor
2. Siapkan penggorengan seperti wajan atau tefon
3. Siapkan juga spatula
4. Siapkan piring
(D) Cara Membuat:
1. Untuk langkah pertama, nyalakan api dengan ukuran yang sedang saja.
2. Kemudian langkah yang selanjutnya ialah dengan meletakkan wajan dan Tefon di atas kompor tersebut. Masukan mentega dan tunggu hingga meleleh dan panas.
3. Lalu pecah telur dan tuangkan isi telur ke dalam wajan, jangan lupa untuk menambah garam secukupnya.
4. Agar telur dapat matang secara sempurna, Anda bisa membalik telur dengan menggunakan spatula.
5. Jika telur sudah matang, angkat lalu tiriskan sebentar agar nantinya minyak dapat hilang. Kemudian letakkan di atas piring, dan telur mata sapi pun sudah siap untuk di sajikan.
Urutkan teks prosedur di atas sesuai dengan struktur teks prosedur yang tepat …
A. B – C – D – A B. A – B – D – C C. B – D – C – A D. D – B – C – A
32.Perhatikan data berikut ini!
1) Identitas karya 2) Orientasi 3) Analisis 4) Evaluasi 5) Rekomendasi
Berdasarkan data di atas termasuk struktur teks ….
A. Fabel B. Eksplanasi C. Cerita Fantasi D. Ulasan

33. Cermati paragraf berikut!
Sebagai kota metropolitan, kota surabaya tidak pernah melupakan lahan hijau di tengah-tengah pembangunan gedung-gedung bertingkat. Di seantero Surabaya, tersebar sangat banyak taman dan lahan hijau yang mampu mengurangi kota tersebut panas. Udara di Kota Surabaya tetap sejuk. Di sebelah timur Kota Surabaya, tepatnya di daerah Wonorejo, terdapat hutan mangrove Surabaya yang sangat luas. Hutan mangrove sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Surabaya untuk mengurangi abrasi dipantai timur Surabaya.
Alasan kesalahan penggunaan kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut adalah . . . .
A. Pilihan kata yang digunakan dalam kalimat tersebut tidak tepat sehingga sulit dipahami pembaca.
B. Kalimat tersebut tidak berkaitan satu dengan yang lain untuk mendukung gagasan utama sehingga paragraf tidak padu.
C. Kalimat tersebut terlalu pendek dibanding dengan kalimat-kalimat sebelum dan sesudahnya sehingga tidak padu.
D. Kalimat tersebut seharusnya menggunakan kalimat majemuk seperti kalimat lain agar paragraf menjadi padu.

34. Cermati teks berikut!
Sampah yakni bahan terbuang atau sengaja dibuang yang berasal dari hasil aktivitas manusia maupun proses dari alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Definisi lain sampah yakni sisa material yang tidak diinginkan dan ciri dari berakhirnya suatu proses. Sampah dapat berasal dari alam, manusia, nuklir, industri, dan pertambangan. Berdasarkan sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan dan sampah yang mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, dan dedaunan kering. Sementara itu, sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan dan tidak akan membusuk, seperti plastik dan kayu.

Alasan kesalahan bagian teks laporan hasil observasi tersebut adalah ...
A. Penggunaan kata penghubung pada definisi sampah tidak sesuai fungsinya.
B. Pendeskripsian sampah tidak memberikan gambaran tentang manfaat sampah.
C. Penjabaran jenis sampah tidak menggambarkan detail masing-masing objek.
D. Penguraian asal sampah tidak tergambar dengan jelas dan rinci.
35.Bacalah teks deskripsi berikut!
Kemegahan Islamic Center Tanjung
Indah, megah, dan nyaman. Tiga kata pertama untuk megambarkan kekaguman terhadap kompleks Islamic Centerini. Lima menara yang dimiliki oleh masjid ini menambah kemegahan bangunan masjid tersebut. Desainnya yang terbuka, membuat kita yang didalamnya merasa nyaman, karena tanpa pendingin udara ruangan masjid tetap terasa sejuk.
Sinonim kata yang bercetak miring di atas adala...
A. Mewah pusat, dan bentuk C. Sederhana, pusat, bentuk
B. Mewah, Pusat dan jenis D Ramai, Tengah, Bentuk

36.Bacalah teks berikut!
(1) Perpustakaan adalah suatu tempat yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaankoleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari,maupun dibicarakan.(2) Perpustakaan terbagi menjadi tiga kelompok berdasarkan bentuknya, yaitu perpustakaanruang, perpustakaan online, dan perpustakaan berjalan. (3) Perpustakaan ruang adalah perpustakaan yang ada di sebuah ruangan dengan buku-buku yang disimpan rapi dalam rak buku yang tersedia, contohnya perpustakaan di sekolah. (4) Perpustakaan online adalah perpustakaan yang berada di dunia maya dan secara fisik tidak menyediakan informasi berbentuk buku, tetapi data atau tulisan karya orang-orang pengguna internet, contohnya situs Wikipedia. Adapun perpustakaan berjalan adalah perpustakaan yang ada di sebuah mobil yang berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, contohnya Pustaka Kelana.
Kalimat yang menyatakan definisi pada teks tersebut adalah......
A. Kalimat (1) B. Kalimat (3) C. Kalimat (2) D. Kalimat (4)
37.Bacalah paragraf berikut ini!.
Kegiatan pramuka diadakan pada hari sabtu pukul 13.00 wita. Kegiatan pramuka ini dimulai dengan upacara pembukaan. Upacara dilakukan di halaman SMPN 1 tanta. Setelah upacara, anggota pramuka kembali ke kelas untuk mendapat pengarahan dari pembina pramuka tanda baca
Kesalahan penggunaan ejaan pada paragraf di atas adalah …
A. Penggunaan huruf Kapital C. Penggunaan tanda koma
B. Penggunaan kata depan D. Penggunaan tanda baca

38.Perhatikan kalimat berikut ini!
Biaya pengurusan surat kendaraan naik sampai tiga kali lipat sangat melukai masyarat.
Kata bercetak miring pada kalimat di atas terdapat kesalahan …
A. Penggunaan kata B.Penggunaan istilah C. Penggunaan ejaan D. Penggunaan frasa

39. Kesalahan penggunaan ejaan terdapat pada kalimat . . . .
A. Saya suka mennton tayangan film Sang Penari
B. Film Surga Yang Tak Dirindukan dibintangi oleh Laudya Chintya Bella
C. Tokoh film Bulan Terbelah Di Langit Amerika adalah Hanum
D. Film Cinta Suci Zahrana diangkat dari novel karangan Habibburrahman El Shirazy

40. Cermati teks berikut!
Minum air garam yang sudah ditakar bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air garam, proses methabolisasi terbantu sehingga air bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Air garam bisa menstimulasi sisteamsekresi usus sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Air garam yang diperlukan tubuh manusia setiap hari paling tidak sebanyak 8 gram. Minum air garam yang cukup dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat terhindar dari penyakit cronis.

Perbaikan yang tepat terhadap kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ....
A. metabolisme, sistim, khronis
B. methabolisme, sistem, chronis
C. metabolisme, sistem, kronis
D. methabolisme, sistim, kronis

B. URAIAN
41. Perhatikan cuplikan novel Sang Pemimpi
Novel Sang Pemimpi yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan. Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas.
Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi hanya sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di Novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.
Tulislah keunggulan dan kelemahan cuplikan novel di atas!




42. Perhatikan teks observasi berikut!
Hasil pengamatan terhadap tanaman mawar yang berada di lingkungan sekolah diantaranya sebagai berikut :
Ciri-Ciri Daun Bunga Mawar
1. Daun berwarna hijau tua
2. Anak daun berbentuk lonjong
3. Bentuk daun menyirip
Ciri-Ciri Bunga Mawar
1. Berwarna merah, merah muda, dan juga putih
2. Mempunyai kelopak, mahkota, serta putik dan benang sari
Ciri-Ciri Batang Mawar
1. Batang mawar berkayu, tegak serta bercabang
2. Batang tanaman mawar penuh dengan duri.

Ubahlah teks di atas menjadi teks laporan!

43. Perhatikan cuplikan cerpen di bawah!
1)Teman-teman Hasan bersorak gembira. (2)Colik terkulai lemas karena layang-layangnya putus. (3)............ 4) Senja pun tiba. (5) Ketika terdengar suara adzan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (6) Berita kemenangan Hasan atas Colik semakin menambah keyakinan anak-anak kampung itu bahwa layang-layang milik Hasan memang sakti. (7) Hasan menjadi semakin tinggi hati.
Lengkapilah kalimat rumpang di atas dengan kalimat bermajas!

44. Bacalah teks berikut!
Ayah banyak bercerita perihal sepeda motor padaku. Aku menikmatinya. “Kalau adik sudah besar nanti, mau jadi apa?” tanya ayah padaku. “Aku mau jadi pembalap, Yah, kayak Valentino Rossi,” jawabku spontan. Ayah pun memujiku, lalu mengajukan pertanyaan padaku.
“Tapi pembalap mesti mengerti anggota yang terpenting dari sepeda motor. Adik tahu apa itu?” Aku pun berpikir sepanjang hari itu, apa ya yang paling penting? Keesokan harinya ketika sarapan, aku menjawab pertanyaan ayah kemarin. Menurutku, bagian yang terpenting dari sepeda motor adalah roda karena tanpa roda, motor tidak mampu berjalan. Mendengar jawabanku, ayah berkata, “Wah pintarnya, namun sayangnya bukan itu, sayang,” jawab ayah. Aku pun tidak menyerah dan memikirkan kembali jawabannya.

Tulislah teks drama antara 8-12 kalimat dialog berdasarkan kutipan cerpen tersebut dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antardialog, dan ejaan dan tanda baca!

45. Perhatikan teks berikut ini!
Resiko kelebihan berat badan bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengkonsumsi kerupuk dan mie instan. Mie instan adalah hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat. Sementara, gorengan kerupuk adalah makanan pendamping dengan kadar lemak yang tinggi
Tulislah tiga kata yang salah pemakaian ejaan dalam paragraf tersebut!

Kunci Soal Pilihan Ganda:


Terima kasih sudah membaca Contoh Soal USBN Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

3 Responses to "Contoh Soal USBN Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013"

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.