Contoh Soal Menentukan Struktur Teks Cerita Inspiratif

Simak kutipan cerita berikut untuk soal no. 1 dan 2!
....
(1) "Bu, aku malu kepada Allah! Dia hanya menerima 10 ribu tapi begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu namun sedikitpun aku tak berucap hamdalah?”

(2) Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba.
(https://www.gomuslim.co.id/read/hikmah/2017/06/03/4272/sebuah-kisah-tentang-10-ribu-rupiah-membuat-anda-mengerti-cara-bersyukur.html )

1. Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ....
a. Orientasi
b. Perumitan peristiwa
c. Komplikasi
d. Resolusi

2. Paragraf nomor (2) tersebut merupakan bagian ....
a. Perumitan peristiwa
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda

Simak kutipan cerita berikut untuk soal no. 3 dan 4!
....
(1) Suatu ketika, hiduplah seorang tua yang bijak. Pada suatu pagi, datanglah seorang anak muda yang sedang dirundung banyak masalah. Langkahnya gontai dan air muka yang ruwet. Tamu itu, memang tampak seperti orang yang tak bahagia.

(2) Tanpa membuang waktu, orang itu menceritakan semua masalahnya. Pak Tua yang bijak, hanya mendengarkannya dengan seksama. Ia lalu mengambil segenggam garam, dan meminta tamunya untuk mengambil segelas air. Ditaburkannya garam itu kedalam gelas, lalu diaduknya perlahan. “Coba, minum ini, dan katakan bagaimana rasanya..”, ujar Pak tua itu.

“Pahit. Pahit sekali”, jawab sang tamu, sambil meludah ke samping.

Pak Tua itu, sedikit tersenyum. Ia, lalu mengajak tamunya ini, untuk berjalan ke tepi telaga di dalam hutan dekat tempat tinggalnya. Kedua orang itu berjalan berdampingan, dan akhirnya sampailah mereka ke tepi telaga yang tenang itu.

3. Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ....
a. Orientasi
b. Perumitan peristiwa
c. Komplikasi
d. Resolusi

4. Paragraf nomor (2) tersebut merupakan bagian ....
a. Orientasi
b. Perumitan peristiwa
c. Komplikasi
d. Koda

Simak kutipan cerita berikut untuk soal no. 5 dan 6!
....
(1) Perjalanan kami lanjutkan, hingga akhirnya kami menemukan tukang tambal ban yang sedang menambal ban sebuah motor. "Untunglah...." batinku dengan rasa senang yang luar biasa, sambil menuntun motor tuaku dengan semangat.

(2) Sambil menunggu tukang tambal ban menyelesaikan pekerjaannya, saya merenung, betapa mulianya pekerjaan bapak tukang tambal ban tersebut, ... karena saya baru merasakan bahwa sangat berharganya keberadaan mereka...! Coba kalau tidak ada mereka...?

5. Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ....
a. Orientasi
b. Perumitan peristiwa
c. Komplikasi
d. Resolusi

6. Paragraf nomor (2) tersebut merupakan bagian ....
a. Perumitan peristiwa
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda

Simak kutipan cerita berikut untuk soal no.7 dan 8!
....
(1) Pada masa dahulu, ada seorang tukang bangunan yang telah bertahun-tahun lamanya bekerja ikut pemborong. Ia bermaksud mengajukan pensiun karena ingin memiliki banyak waktu untuk keluarganya.
Si Pemborong berkata, "Saya setujui permohonan pensiun Anda dengan syarat Anda bangun dahulu satu rumah terakhir sebelum Anda pensiun."
......
......
Sang pemborong pun tersenyum dan berkata, "Rumah ini adalah hadiah untukmu, karena telah lama bekerja bersamaku."
Terkejutlah tukang bangunan itu, ada rasa sesal mengapa rumah yang akhirnya hendak ia tempati itu, dikerjakannya secara asal-asalan.
(2) Sesungguhnya ibadah yang kita kerjakan di dunia ini, tak lain adalah rumah yang sedang kita bangun untuk kita tempati nanti setelah pensiun dari kehidupan dunia. Jangan sampai kelak kita menyesal karena kita menempati rumah yang kita bangun asal-asalan.

7. Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ....
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda

8. Paragraf nomor (2) tersebut merupakan bagian ....
a. Perumitan peristiwa
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda

KUNCI JAWABAN

1 komentar untuk "Contoh Soal Menentukan Struktur Teks Cerita Inspiratif"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!