Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019) Film Dilan 1991 merupakan film lanjutan (sekuel) Dilan 1990 yang sukses menjadi film Indonesia kedua terlaris sepanjang masa. Tahun 2018, Dilan 1990 meraih 6,3 juta penonton.

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

DMCA.com Protection Status
Loading...
Teks Ulasan merupakan teks yang berisi ulasan mengenai suatu karya. Namanya juga ulasan, di dalamnya terdapat opini-opini pribadi penulisnya. Opini itu ditulis untuk mengulas fakta yang dijadikan ulasan.
Teks Ulasan memiliki struktur:
1) Identitas karya, berisi data-data identitas secara umum.
2) Orientasi, berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (buku, lagu, film, dan drama) yang akan diulas. Gambaran umum ini menyiapkan "latar belakang" bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.
3) Sinopsis, berisi gambaran detail mengenai sebuah karya yang diulas, misalnya bagian-bagian dari hasil karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan sebagainya.
4) Evaluasi, berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Hal ini dilakukan setelah melakukan tafsiran yang cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagran ini penulis akan menyebutkan bagian yang bernilai (kelebihan) atau bagian yang kurang bernilai (kekurangan) dari suatu karya.
5) Rekomendasi, berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai/berkualitas atau tidak untuk ditonton/disaksikan.

Di Kurikulum 2006, teks ulasan dikenal dengan istilah resensi. Resensi biasanya dibuat oleh seseorang untuk mengulas suatu karya yang kemudian dimuat di media cetak. Selain resensi buku, ada juga resensi buku, kaset, atau film.

Berikut contoh teks ulasan album lagu:

Judul album: Heaven of Love
Penyanyi: ADA Band
Produksi : EMI

Suguhan Irama Manis bagai Surga
Tahun 2004 lalu, ADA Band kembali menampilkan album terbaru mereka dengan tajuk Heaven of Love. Heaven of Love merupakan album musik keenam karya ADA Band. Dirilis pada 28 Oktober 2004. Album ini merupakan album pertama ADA Band tanpa drummer Rama Yaya Moektio, yang keluar pada awal 2004 silam karena kecelakaan mobil, meski begitu dirinya tetap mengisi drum di beberapa lagu saja.

Seperti pada album-album sebelumnya (Methamorphosis, TBO/Discography), lagu-lagu yang mereka tawarkan tetap sederhana, ringan, dan mudah ditangkap telinga. Band yang personelnya terdiri dari Khrisna (kibor), Donny (vokal), Marshal (bas),n Dika (gitar), dan additional drum Rere - yang menggantikan drummer sebelumnya, Rama - inipun berupaya mempertahankan ciri-ciri lagu-lagu mereka yang terdengar manis.
Bedanya, di album ini setiap personel memberikan kopntribusi penuh dalam penulisan lagu maupun liriknya.

Heaven of Love sendiri, diambil sebagai judul karena bagiu mereka surga (heaven) merupakan penyempurnaan tertinggi dari proses dan kecintaan pada apa yang mereka miliki. Baik keluarga, teman, dan juga sesama. Kecintaan ini pula yang mampu membuat mereka menghadirkan lagu-lagu yang bisa dinikmati masyarakat.
Simak saja lagu Manusia Bodoh yang menjadi tembang andalan di album ini, terdengar sangat familiar karena memang tidak banyak berubah dari tembang-tembang mereka sebelumnya. Selain itu ada pula lagu Yang Terbaik Bagimu, yang dinyanyikan Donny duet dengan Gita Gutawa, putri musisi ternama Erwin Gutawa.

Ada sekitar 10 lagu lainnya di dalam album ini, dan kesemuanya sudah pasti menawarkan lirik dan irama manis bagai surga yang terdengar di telinga Anda.

Struktur:
1) Identitas karya: "Judul...."
2) Orientasi: "Tahun 2004 lalu...."
3) Sinopsis: "Seperti pada album-album...."
4) Evaluasi: "Heaven of Love sendiri...."
5) Rekomendasi: "Ada sekitar 10 lagu...."

loading...
Demikian artikel Contoh Teks Ulasan Album Lagu. Jika ada pertanyaan, silakan beri komentar, atau via Whatsapp untuk respon cepat (gunakan ponsel). Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini. Terima kasih.
Bagikan:

Loading...
Blog Pelajaran Bahasa Indonesia
loading...