Loading...

Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor

DMCA.com Protection Status
Loading...
Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor-- Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terbentuk/terjadinya suatu fenomena baik alam maupun sosial.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Berikut contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor (tanpa struktur interpretasi).
Pikiranrakyat.com merilis berita bahwa pada hari Kamis 26 April 2018 bencana tanah longsor menerjang pemukiman warga di Kampung Kuta Leubak, RT 03/05, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi. Material gerusan tanah dan batu yang menerjang sungai Cibandung dikhawatirkan akan berdampak bencana banjir.
Apakah sesungguhnya longsor itu? Dikutip dari wikipedia, longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh:

Erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat gempa bumi menyebabkan getaran, tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu getaran dari mesin, lalu lintas, penggunaan bahan-bahan peledak, dan bahkan petir berat yang terlalu berlebihan, misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju.

Sumber teks: wikipedia, tribunnews.com
Baca contoh lainnya: Contoh Teks Eksplanasi tentang Angin Topan
Tags: #contoh teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam #contoh teks eksplanasi singkat #contoh teks eksplanasi sosial #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam
contoh teks eksplanasi beserta strukturnya #contoh teks eksplanasi kompleks #contoh teks eksplanasi dan karakteristiknya #struktur teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi singkat tentang angin puting beliung #teks eksplanasi tentang angin topan beserta strukturnya #karangan yang bertema peristiwa angin topan #teks eksplanasi tentang tornado api #interpretasi angin puting beliung #kerangka teks eksplanasi angin puting beliung #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam gunung meletus #teks eksplanasi awan cumulonimbus #contoh teks eksplanasi tentang badai pasir
Terima kasih sudah membaca Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.