Widget HTML Atas

Contoh Soal Menentukan Isi Teks Eksplanasi

1. Kelompok Pergunjingan

Pergunjingan merupakan bagian dari kehidupan sosial manusia sebagai sarana untuk meluapkan kekecewaan seseorang dalam interaksi sosialnya. Ruang gunjing selalu tercipta bahkan menjadi rutinitas. Dalam pergunjingan terpendam hasrat dan kepuasan ketika bisa mengorek aib kehidupan orang lain, termasuk menikmati kehancuran orang lain dalam interaksi sosial. Umumnya setiap agama mengutuk perbuatan bergunjing ini. Sebenarnya, mengapa dan bagaimana pergunjingan itu dapat terjadi dalam kehidupan sosial?
Salah satu penyebab menjamurnya kelompok pergunjingan dalam interaksi sosial adalah adanya pikiran menganggur yang tidak mendapat pekerjaan tepat. Kondisi yang demikian, akan mendorong interaksi antar manusia untuk saling menjejali pekerjaan pikiran berupa gunjingan aib orang lain, akibat dari kelebihan energi pikirannya.Pergunjingan terjadi begitu saja, tanpa ada sponsor dan moderator. Dalam kesehariannya, manusia saling berbicara tentang berbagai hal ringan. Seperti sekadar berbasa-basi dan bertukar canda. Ketika seseorang telah merasakan kekecewaan pada objek yang sama dengan orang lain, mereka akan dengan mudah membentuk kelompok sosial yang tujuannya adalah sebagai wahana pencurahan atas kekecewaannya tadi. Kelompok tersebut disebut kelompok pergunjingan.Setelah terbentuk kelompok pergunjingan atas dasar perasaan senasib sepenanggungan tersebut, individu secara personal akan mengungkapkan rasa kekecewaannya dengan rinci tanpa ada yang tertinggal. Masing-masing individu akan saling menyetujui, meyakinkan, dan mengiyakan semua hal yang mereka anggap benar dalam forum pembicaraan tidak resmi itu. Di sini, ruang gunjing sangat memberi dampak positif bagi si pelaku pergunjingan, karena secara tidak langsung dapat meringankan kepenatan sosial.
Dengan demikian, pergunjingan terjadi dengan diawali adanya pikiran yang menganggur. Kemudian terjadi interaksi sosial yang didukung perasaan senasib sepenanggungan atas dasar kekecewaan yang sama, serta sikap egois yang akan mendorong terbentuknya interaksi sosial antar manusia untuk saling menjejali pikiran masing-masing dengan berupa gunjingan aib orang lain.
Berikut ini adalah isi dari teks eksplanasi tersebut …
a. Pergunjingan terjadi karena pikiran yang menganggur dan adanya kekecewaan terhadap orang lain.
b. Pergunjingan adalah hal yang dilarang oleh agama mana pun tetapi banyak orang yang masih melakukannya karena menggunjing orang bisa membuat orang tersebut merasa puas mencurahkan isi hatinya.
c. Pergunjingan adalah bagian dari kehidupan sosial manusia yang terjadi karena pikiran yang menganggur dan bertujuan untuk meluapkan kekecewaan seseorang terhadap orang lain.
d. Pergunjingan harus dihentikan karena bukanlah hal yang baik dan dilarang oleh agama.

Bacalah kutipan teks berikut ini!

Benarkah semua awan berada di langit? Sesungguhnya, tidak semua awan berada di langit. Ada juga awan yang menyentuh permukaan bumi. Awan yang menyentuh permukaan bumi disebut mega atau halimun.
Udara mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas dalam bentuk uap air tidak mampu ditahan jika udara yang lengas dan hangat itu menjadi dingin. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air yang memutih. Tetes-tetes air kecil yang memutih ini disebut awan.
Awan di langit didesak oleh udara. Namun, jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Kemudian, tetesan kecil itu bertambah besar kateran terdapat banyak lengas. Jika tetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi.
Awan dapat terbentuk di berbagai tingkat ketinggian di atas bumi. Jenis awan pun dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat ketinggiannya masing-masing, yaitu kelompok awan tinggi, kelompokawan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.

2. Teks eksplanasi tersebut membahas...
a. Proses terjadinya awan
b. Proses hujan turun di bumi
c. Tingkat ketinggian awan di langit
d. Pergerakan awan di langit

3. Pernyataan sesuai dengan isi teks eksplanasi tersebut adalah....
a. Sesungguhnya semua awan berada di langit
b. Tetes-tetes air kecil yang memutih disebut awan.
c. Awan di langit didesak oleh angin kencang.
d. Awan terbentuk berdasarkan tiupan angin di bumi.

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!