Contoh Soal Melengkapi Teks Fabel dengan Kata Depan

1. Bacalah fabel berikut ini! Pada zaman dahulu kala di dalam hutan tinggal seekor tikus kecil [. . .] lubang dalam gua. Di dalam lubang gua yang sama juga tinggal seekor singa besar yang buas. Suatu hari ketika singa sedang tidur, tikus menghampirinya. Singa terbangun [. . . ] tidurnya karena merasa terusik. Ia mengaum, “Berani sekali kamu menganggu tidurku! Aku bunuh kamu!”
Si tikus mencicit. “Oh, jangan bunuh aku! Aku akan berterimakasih padamu dan membantumu kapan pun kamu membutuhkan aku.”
Sang singa tertawa keras, “Buat apa sang raja hutan membutuhkan bantuan [. . . ] seekor tikus kecil?” Lalu ia menyambung, “Tapi aku akan melepaskanmu karena telah membuatku tertawa.”
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. di, dari, dan dari
b. dari, pada, dan di
c. di, dari, dan pada
d. pada, di, dan dari

2. Bacalah fabel berikut ini!
[. . .] hutan belantara hiduplah seekor landak. Namanya Landa. Jarang sekali dia bermain dengan binatang lain. Si Landak tidak mau bermain dengan binatang lain karena khawatir duri yang ada [. . .] tubuhnya akan menusuk temannya.
Setiap hari Landa bermain sendiri. Mencari makan pun dia hanya berani [. . .] malam hari di saat binatang lain tidur pulas. Hatinya sedih karena tidak mempunyai teman yang bisa diajak berbicara dan bermain.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. Pada, di, dan di
b. di, di, dan pada
c. di, pada, dan dari
d. dari, di, dan pada

3. Bacalah fabel berikut ini!
Dikisahkan [. . .] suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan [. . .] taman itu. Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya [. . .] tempat yang aman. Kepompong hanya bisa menggantung di ranting itu.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. di, ke, dan pada
b. pada, ke, dan di
c. ke, pada, dan dari
d. di, ke, dan pada

4. Bacalah fabel berikut ini!
[. . .] sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang singa ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang [. . .] sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya.
[. . .] hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta maaf kepada sang singa yang ganas itu.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. di, di, dan pada
b. pada, di, dan di
c. ke, di, dan dari
d. di, ke, dan pada

5. Bacalah fabel berikut ini!
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang [. . .] atas ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi tidak menemukannya. Tiba-tiba ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang [. . .] bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya.ia senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu berusaha memasukkan kepalanya [. . .] dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu terlalu sempit untuk kepalanya. Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. di, di, dan ke
b. di, ke, dan ke
c. ke, di, dan di
d. di, ke, dan di

6. Bacalah fabel berikut ini!
[. . .] suatu pagi, sang Semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat [. . .] mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh [. . .] dalam Lumpur. Sang Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. pada, di, dan di
b. di, ke, dan pada
c. pada, di, dan ke
d. di, pada, dan ke

7. Bacalah fabel berikut ini!
[. . .] hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bernama Kanca dan Manggut. Kedua ekor kancil itu bersaudara. Manggut adalah kakak [. . .] Kanca. Sebaliknya, Kanca adalah adik dari Manggut. Walaupun mereka bersaudara, tetapi sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati. Sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman-temannya.
[. . .] suatu hari Manggut kelaparan. Tetapi Manggut malas mencari makan. Akhirnya Manggut mencuri makanan Kanca. Waktu Kanca menanyai kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. di, pada, dan dari
b. pada, di, dan pada
c. pada, di, dan ke
d. di, dari, dan pada

8. Bacalah fabel berikut ini!
[. . .] suatu hari yang cerah, terdapat seekor binatang yang terkenal sangat licik di dalam hutan, yaitu adalah Si Kancil. [. . .] hari itu, Kancil sedang bersantai [. . .] bawah pohon besar dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat Kancil menjadi mengantuk.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. di, pada, dan dari
b. di, pada, dan pada
c. di, ke, dan dari
d. di, pada, dan di

9. Bacalah fabel berikut ini!
[. . .] suatu hari Kancil sedang berjalan-jalan di hutan. Tiba-tiba perutnya terasa lapar. Lalu ia melihat ada banyak buah segar yang ada [. . .] seberang sungai deras. Kancil pun bingung, bagaimana caranya ia dapat melewati sungai untuk mendapatkan makanan.
Akhirnya, Kancil menemukan ide cemerlang untuk dapat menyeberangi sungai. Lalu Kancil pun memanggil seekor buaya yang tinggal [. . .] dalam sungai.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. pada, pada, dan dari
b. pada, ke, dan dari
c. pada, di, dan di
d. pada, pada, dan di

10. Bacalah fabel berikut ini!
[. . .] suatu hari, Kancil pergi berjalan-jalan melewati pinggir hutan. Semalam hujan sangat deras, banyak sekali kubangan yang tidak terlihat. Sehingga, Kancil harus berjalan dengan cara melompat-lompat untuk menghidar dari kubangan-kubangan tersebut. Tiba-tiba, muncullah seekor Kuda. Tubuh Kuda tersebut sangat besar, kuat dan gagah. Ia berlari menuju Kancil. [. . .] saat sampai [. . .] depan Kancil kakinya mengenai kubangan lumpur tersebut. Sehingga, ia menciprati Kancil.
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel di atas adalah. . . .
a. pada, ke, dan dari
b. pada, pada, dan di
c. pada, pada, dan dari
d. pada, dari, dan di

KUNCI JAWABAN
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!