Widget HTML Atas

Contoh Soal Menentukan Struktur Teks Eksposisi

Disajikan sebuah kutipan teks eksposisi, siswa dapat menentukan/ mengidentifikasi struktur teks tersebut.

1. Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut:
Ada beberapa keunggulan dari penelitian yang dilakukan itu. Metode penelitiannya oleh para juri sudah dinilai baik. Kreativitas yang dilakukan tinggi. Di samping itu, idenya juga dianggap orisinal dan hasil penelitiannya mudah diaplikasi. Pada saat menyajikan hasil penelitiannya di depan dewan juri, kedua siswa Indonesia ini mendapat pujian.
Kutipan tersebut merupakan bagian dari struktur:
a. Tesis
b. Argumentasi
c. Penegasan ulang
d. Deskripsi bagian

2. Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut:
Siswa Indonesia sangat berprestasi. Prestasi itu telah dibuktikan oleh siswa Indonesia yang meraih medali pada kategori Lingkungan Hidup. Prestasi itu diraih di antaranya oleh siswa yang berasal dari sekolah siswa SMA Kharisma Bangsa, Banten. Penelitian yang mereka lakukan adalah mengelola limbah hewan yang terdapat pada kulit udang dan kepiting yang mengandung bahan anti bakteri. Kedua siswa itu secara kreatif memanfaatkannya untuk industri garmen.
Kutipan tersebut merupakan bagian dari struktur:
a. Tesis
b. Argumentasi
c. Penegasan ulang
d. Deskripsi bagian

3. Lingkungan Sekolah

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM. Selain itu, kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih. Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini dibuktikan masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.
Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disetiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada saat ini.
Akibatnya, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk dan serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan nenimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru.
Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswa memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya.

Paragraf kelima dari teks diatas termasuk struktur teks bagian….
a. Tesis
b. Rangkaian Argumen
c. Penegasan Kembali
d. Rangkaian fakta
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!