Widget HTML Atas

Kemendikbud: Bocoran Kunci Jawaban UN Palsu Semua

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan Daryanto mengatakan pihaknya telah mengantisipasi isu-isu kebocoran kunci jawaban ujian nasional. Ia yakin sudah tidak ada lagi pelaku yang membocorkan karena di tahun-tahun sebelumnya pelaku ditindak tegas.
"Tahun-tahun kemarin pelaku kan ada yang ditangkap, siswa yang ketahuan juga sudah diberi sanksi," kata Daryanto saat inspeksi mendadak kesiapan UN di SMAN 70 Jakarta, Senin, 4 April 2016.

Daryanto meminta para siswa tidak terpengaruh dengan isu beredarnya kunci jawaban ujian nasional. Ia menegaskan kunci tersebut palsu semua. "Yang beredar sekarang palsu semua. Itu bahaya untuk anak-anak sekolah, dan itu kan membuat keuntungan pihak tertentu," ucapnya.

Daryanto menambahkan, rumor kunci jawaban UN tahun ini hanyalah sekadar sensasi. Pemerintah menerapkan pengawasan tiga lapis yang dianggap meminimalisasi terjadinya kebocoran soal. Pengawasan tersebut mulai dari percetakan, penyimpanan di gudang, hingga distribusi soal ke sekolah. "Tim kami bekerja 24 jam, semua dari Irjen kami sebar ke seluruh provinsi."

Ia menuturkan pihaknya telah menyiapkan tim hacker untuk memantau jalannya UN berbasis komputer. Tim ini tersebar di seluruh provinsi dan bekerja mengantisipasi adanya kecurangan.

UN berbasis kertas digelar 4-7 April 2016 untuk jenjang SMA sederajat. Adapun UN berbasis komputer 4-7 dan 11-12 April 2016.
Untuk tahun ini, jumlah sekolah penyelenggara UN computer based test naik delapan kali lipat dari tahun sebelumnya. Tercatat tahun lalu hanya 554 sekolah, sekarang 4381.

Sumber: tempo.co.id
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!