Widget HTML Atas

Trik (Cara) Membuka Password pada Excel Sheet

Membuat password excel dengan maksud melindungi file/data penting sah2 saja bagi pemilik file. Tapi seiring banyaknya file yang tersimpan dan diisi password protect membuat kadang kita lupa password yang sudah kita buat dan file tersebut tidak bisa diedit kembali. Pengalaman admin, hehe. Nah ! kalo password sudah lupa yang ada di pikiran adalah bagaimana cara membuka password excel yang sudah di protect? Pada kesempatan ini admin ingin share dengan rekan-rekan semua bagaimana cara unprotect sheet/membuka protect sheet dari file Excel yang di protect, atau mungkin juga anda pernah mendapat aplikasi/pernah mendownload file excel yang sheet-nya di protect, untuk itu admin ingin sedikit berbagi bagaimana caranya membuka protect sheet suatu file excel atau cara membuka password excel sheet.

Sebelumnya perlu di ketahui ada berbagai cara yang di pergunakan untuk membuka protect sheet Excel, mulai dari mempergunakan software / software open office atau dengan script Visual Basic Editor (VBA), cara script VBA adalah cara yang digunakan admin dengan alasan kompabilitas dengan program microsoft excel yang memang menyediakan perintah bahasa pemrograman modul VBS secara defaultnya, mengingat juga beberapa software yang admin coba errors/gagal terus, sedangkan untuk menggunakan open office mengharuskan kita untuk menginstal, berbicara install pasti berbicara kapasitas yang cukup berat dan dapat berdampak pada lambatnya kinerja pada saat membuka atau menjalankan, langsung aja ketahapan membuka password protect sheet :

Step by step trik membuka password excel sheet

1. File excel yang sheet-nya di protect biasanya tidak bisa di edit sama sekali, semua click seolah tidak berfungsi, pada tab “review” admin rasa anda sudah lebih berpengalaman, apabila ada icon file excel bertuliskan unprotect sheet, itu tandanya sheet tersebut di protect oleh pemilik/suhunya atau protect dalam keadaan aktif, untuk lebih jelasnya lihat screen shoot berikut ini, gambar di bawah ini memperlihatkan file excel yang sheetnya di protect sehingga kita tidak bisa meng-editnya :

2. Untuk memasukan script VBA lihat bagian sebelah bawah kiri pada tab sheet yang di protect, klik kanan dan pilih “view code” akan terbuka jendela baru secara otomatis (Microsoft visual basic), atau bisa juga dengan cara menekan tombol kombinasi “Alt + F11″ di lanjutkan klik insert/module, apabila di bagian tengah sudah muncul jendela baru/module berarti langkah anda sudah benar cara membuka password excel sheet.

3. Selanjutnya trik membuka password excel sheet Pada jendela module, copy pastekan kode berikut ini (copy dan paste mulai dari ” Sub InternalPasswords()” sampai dengan “end sub”) :
Sub InternalPasswords()

Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer

On Error Resume Next

For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126

ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)

ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)

If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then

If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then

If ActiveSheet.ProtectContents = False Then

Exit Sub

End If

End If

End If

Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next

End Sub

4. Membuka password excel sheet selanjutnya Lihat bagian kiri atas lembar kerja, highlight atau klik pada sheet yang akan kita buka protectnya.

5. Klik tab Tool/Macros/Internal Password/run/langsung klik F5

6. Tunggu beberapa saat dan klick icon Microsoft Excel di pojok kiri atas atau “Alt + F11″ untuk kembali ke lembar kerja, dan kini file excel yang di protect tersebut sudah bisa di edit sesuka hati anda ! lihat juga pada tab “review” kini icon sheet sudah bertuliskan protect sheet sebagai tanda sudah tidak di protect lagi.

Sumber: abufathan

Posting Komentar untuk "Trik (Cara) Membuka Password pada Excel Sheet"

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!