Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Pengertian Internet dan Sejarah Internet-- Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network (jaringan yg saling terhubung). Internet adalah jaringan komputer global yang menghubungkan berjuta-juta komputer di seluruh dunia melalui jalur telepon kabel atau satelit.

Awal mula berkembangnya internet dari departemen pertahanan Amerika Serikat, yaitu Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yg mengadakan riset yang dikenal dg nama Arpanet ttg bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan pada tahun 1969.
Tahun 1970 sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan. Lalu tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yg ia ciptakan setahun sebelumnya. Kemudian pada tahun 1973, jaringan Arpanet mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Semakin banyaknya komputer yang membentuk jarinan sehingga kemudian diciptakanlah sebuah protokol resmi pada tahun 1982 yaitu TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). Lalu untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang ada pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain yg kini dikenal dengan DNS (Domain Name System). Pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yg bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya yg membentuk jaringan itu yang dinamakan www atau world wide web. Akhirnya pada tahun 1992 muncullah istilah surfing the internet.

Tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA) dibentuk tugasnya melakukan penelitian jaringan komputer mempergunakan teknologi packet switching. Jaringan pertama dibangun membutuhkan 4 tempat yaitu : UCLA, UTSB, UTAH dan SRI International. Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut sebagai ARPANet. ARPANet kemudian menjadi backbone internetworking institusi pendidikan, penelitian, indutri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNet).

Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National science Fondation (NFS) kemudian membiayai pembongkaran backbone ARPANet 2 menjadi backbone Internet komersial dan dikelola oleh Advanced Network Service (ANS). Andrew S. Tanenbaum (1996) : andil besar dalam perwujudan internet adalah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN (Jaringan Fisika Energi Tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eroa dan dipergunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link translantik yang beroprasi pada 64 Kbps – 2Mbps pada tahun 1998.

Posting Komentar untuk "Pengertian Internet dan Sejarah Internet"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!