Widget HTML Atas

Kisi-kisi Soal Ujian Sekolah 2016 Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kompetensi Dasar dan Indikator:
Mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
1. Disajikan ilustrasi perilaku seseorang yang mencerminkan pengamalan nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. peserta didik dapat menentukan asmaul husna yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
2. Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan satu nama malaikat beserta tugasnya , peserta didik dapat menentukan perilaku terpuji yang mencerminkan keimanan kepada malaikat tersebut
3. Menampilkan sikap mencintai al-Qur’an iman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari Disajikan beberapa ilustrasi perilaku terhadap al-Qur’an, peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
4. Disajikan beberapa perilaku terhadap al-Qur’an, peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai al-Qur’an

Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
1.Dipaparkan secara singkat kisah nabi Muhamad Saw, peserta didik dapat mengkorelasikan kisah tersebut dengan salah satu sifat wajib bagi rasul
2. Disajikan cuplikan kisah salah seorang nabi yang mendapat gelar ulul azmi. Peserta didik dapat menentukan nilai yang terkandung dari cuplikan kisah tersebut.

Menceritakan proses kejadian kiamat sughra / kubra dan peristiwa setelah hari kiamat menurut al-Qur’an dan hadits
1.Diilustrasikan peristiwa terjadinya hari kiamat, siswa dapat menentukan ayat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
2. Ditampilkan ayat al-Qur’an tentang peristiwa setelah hari kiamat, peserta didik dapat menentukan nama peristiwa yang berkaitan dengan ayat tersebut.

Mengidentifikasi hubungan antara qada dan qodar dalam kehidupan sehari-hari
1.Disajikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan takdir, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk takdir mubram/muallaq
2. Disajikan sebuah kasus yang menggambarkan sikap yang bertentangan dengan qada dan qadar Allah Swt, peserta didik dapat menentukan sikap dan alasan yang tepat dalam menyikapi kasus tersebut berdasarkan ajaran Islam.

Menerapkan perilaku terpuji (tawadhu’, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari- hari.
1. Disajikan beberapa ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ilustrasi yang merupakan contoh perilaku terpuji (tawadhu' atau taat).
2. Disajikan beberapa ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ilustrasi yang merupakan contoh perilaku terpuji (sabar).

Menerapkan perilaku terpuji (kerja keras, ulet) dalam kehidupan sehari-hari.
* Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet).

Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari.
* Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji sesuai dengan contoh tersebut (zuhud atau tawakal).

Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari.
*Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang berkaitan dengan sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan dampak negatif dari sifat tersebut.

Menerapkan adab makan dan minum dalam ke- hidupan sehari-hari.
*Disajikan satu ilustrasi tentang perilaku makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum.

Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari
1.Disajikan ilustrasi akibat dari perilaku dendam peserta didik dapat menentukan sikap yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.
2.Disajikan ilustrasi akibat dari perilaku munafik, peserta didik dapat menentukan sikap yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.

Menyebutkan contoh perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh ) dalam kehidupan sehari-hari.
*Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh) sesuai contoh tersebut.

Menunjukkan dalil tentang perilaku terpuji (qana'ah dan tasamuh).
*Disajikan beberapa dalil perilaku sifat terpuji, peserta didik dapat menentukan salah satu dalil sifat terpuji yang terkandung di dalamnya (qanaah dan tasamuh).

Menerapkan perilaku terpuji (qana'ah dan tasamuh).
*Disajikan ilustrasi perilaku sifat terpuji dalam kehidupan sehari-hari , peserta didik dapat meneladani sikap yang terkandung dari ilustrasi tersebut (qanaah dan tasamuh).

Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
*Disajikan suatu kasus yang aktual tentang perilaku takabur, peserta didik dapat menentukan sikap untuk menghindari perilaku tersebut.

Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah”
*Disajikan beberapa potongan ayat Al-Qur’an yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah, peserta didik dapat mengklasifikasikan hukum bacaan “Al” Syamsiyah atau “Al” Qamariyah.

Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
*Disajikan tabel tentang hukum nun mati/tanwin dan contoh bacaannya, peserta didik dapat menentukan pasangannya

Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
*Disajikan ayat Al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan mim mati, peserta didik dapat menyebutkan jumlah hukum bacaan mim mati tersebut.

Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat Al-Quran.
*Disajikan tabel tentang potongan ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan qalqalah, peserta didik dapat mengklasifikasikan hukum bacaannya

Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Quran.
1.Disajikan ayat al Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan mad di dalamnya
2.Disajikan ayat al-Quran yang mengandung tanda waqaf, peserta didik dapat menentukan nama tanda waqaf tersebut.

Menjelaskan makna QS. At-Tiin.
1.Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengaitkan perilaku tersebut dengan makna salah satu ayat dalam Q.S. al- Tin.
2.Disajikan beberapa pernyataan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap terpuji yang sesuai dengan kandungan Q.S. al-Tin

Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
*Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengaitkan perilaku tersebut dengan makna salah satu ayat dalam Q.S. al Insyirah

Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
*Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap terpuji sebagaimana terkandung dalam Q.S. al Insyirah

Menjelaskan ketentuan mandi wajib
*Disajikan tabel tentang contoh hadast kecil dan hadast besar, peserta didik dapat menentukan penyebab mandi wajib dengan tepat.

Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat wajib
*Disajikan beberapa pernyataan tentang gerakan dan bacaan shalat peserta didik dapat mengidentifikasi rukun shalat dengan tepat.

Menjelaskan shalat jama’ dan qashar
*Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang melakukan shalat dalam perjalanan jauh, peserta didik dapat menentukan cara mengerjakan shalat jamak, qashar atau jama’ dan qashar dengan tepat

Menjelaskan ketentuan puasa sunah senin – kamis, syawal dan arafah
*Disajikan beberapa keutamaan puasa sunah peserta didik dapat menunjukkan keutamaan salah satu puasa sunah

Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.
*Disajikan ilustrasi tentang jumlah harta tertentu yang telah mencapai nishab dan haul. peserta didik dapat menghitung besarnya zakat mal yang harus dikeluarkan

Menjelaskan jenis jenis hewan yang halal dan haram dimakan
*Disajikan gambar binatang yang haram peserta didik dapat menetukan penyebab keharamannya berdasarkan dalil naqli

Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban
*Disajikan beberapa pernyataan tentang aqiqah dan kurban, peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan aqiqah atau kurban

Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
1.Disajikan ilustrasi amalan dalam pelaksanaan ibadah haji, peserta didik dapat menentukan hikmah dari amalan tersebut.
2.Disajikan ilustrasi seseorang yang mengerjakan thawaf, peserta didik dapat membedakan jenis-jenis thawaf (thawaf qudum, thawaf ifadhah, thawaf sunnah, thawaf wada)

Mengidentifikasi shalat sunnah berjamaah dan munfarid.
* Disajikan ilustrasi pelaksanaan shalat sunah berjamaah, peserta didik dapat mengidentifikasi nilai nilai positif dari pelaksanaaan shalat sunah tersebut

Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW pada periode Mekkah
* Disajikan tabel tentang peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. serta para sahabat dan kata kunci yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Peserta didik dapat menentukan pasangannya.

Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, mem- bangun manusia mulia dan bermanfaat.
* Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan-pernyataan yang merupakan misi dakwah Nabi Muhammad SAW.

Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat mela- lui kegiatan ekonomi dan perdagangan pada periode Madinah.
* Disajikan narasi tentang langkah-langkah Rasulullah SAW dalam membangun kota Madinah melalui kegiatan perekonomian dan perdagangan, Peserta didik dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dari narasi tersebut.

Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam.
1.Disajikan tabel yang berisi para ilmuwan Muslim dan karyanya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat.
2.Disajikan ilustrasi sejarah perkembangan ilmu pengetahuan Islam pada masa khalifah Bani Abbasiyah, peserta didik dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dan dikembangkan pada saat ini.

Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
* Disajikan deskripsi proses masuknya Islam di nusantara, peserta didik dapat menentukan cara masuknya Islam di Nusantara sesuai dengan deskripsi tersebut (perdagangan, sosial, atau pendidikan).

Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
* Disajikan deskripsi peran kerajaan Islam di Nusantara dalam dakwah, pendidikan, ekonomi, dan kebudayaan serta penentangan terhadap penjajahan, peserta didik dapat menentukan nilai yang patut diteladani dari peran kerajaan tersebut dalam kehidupan

Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
* Disajikan salah satu contoh tradisi yang bernuansa Islam di Indonesia, peserta didik dapat meneladani nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut.

Posting Komentar untuk "Kisi-kisi Soal Ujian Sekolah 2016 Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI)"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!