Loading...

Mengapa Tendangan Pisang (Banana Kick) Disebut Menggunakan Efek Magnus?

DMCA.com Protection Status
Loading...
Mengapa Tendangan Pisang (Banana Kick) Disebut Menggunakan Efek Magnus?--
Tendangan pisang (banana kick) hanya dapat dilakukan jika sebelumnya pemain sudah banyak makan pisang. Lho? Serius? Haha, tidak! Seorang pemain bola yang melakukan tendangan pisang sehingga sulit diantisipasi penjaga gawang tim lawan karena lesatannya yang melengkung itu dilakukan dengan mengambil prinsip teori Bernoulli. Rahasia banana kick terletak pada perputaran bolanya. Karena bola berputar, udara di sekeliling bola ikut berputar. Akibatnya, timbul perbedaan tekanan udara. Arah perputaran bola dan arah gerak bola berbeda-beda tergantung bagaimana cara kita menendangnya. Jika memakai kaki bagian dalam, bola akan belok ke dalam. Jika memakai kaki bagian luar, bola akan bengkok ke luar.

Prinsip tersebut berdasarkan teori Bernoulli. Bernoulli merupakan ilmuwan berkebangsaan Swiss yang menemukan prinsip bahwa 'tempat yang aliran udaranya cepat maka tekanannya rendah, tempat yang aliran udaranya lambat, tekanannya tinggi'. Karena prinsip inilah, saat berputar searah jarum jam, bola akan membelok ke sebelah kanan dari tempat yang tekanan udaranya tinggi, yaitu sebelah kiri.
Orang yang meneliti gerak lengkung bola adalah seorang ilmuwan Jerman yang bernama Magnus sehingga efek tadi disebut sebagai 'Efek Magnus'.

Sumber: Buku Suplemen Milo
Terima kasih sudah membaca Mengapa Tendangan Pisang (Banana Kick) Disebut Menggunakan Efek Magnus?
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Mengapa Tendangan Pisang (Banana Kick) Disebut Menggunakan Efek Magnus?"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.