Widget HTML Atas

Latihan Menulis Paragraf dengan Berbagai Pola Pengembangan

Latihan Menentukan Pola Pengembangan Paragraf--- Yang dimaksud dengan pola pengembangan adalah bentuk pengembangan kalimat utama ke dalam kalimat-kalimat penjelas.

Salinlah kalimat rumpang berikut dan lengkapilah bagian yang rumpang!

A. Rincian
Ada beberapa cara untuk mengatasi banjir di Jakarta. Pertama,........................................................................................ Kedua,.......................................................................... Ketiga,......................................................................... Keempat,.................................................................... .

B. Sebab-akibat
Gelombang tsunami dahsyat melanda Aceh dan Sumatera Utara. Bangunan dan fasilitas kota sebagian besar hancur................................................................................................................................................................ Ratusan ribu orang meninggal dan hilang ..................................................... .

C. Akibat-sebab
Kedisplinan dan sopan santun para pengendara di jalan raya rendah. Jumlah dan aneka jenis kendaraan yang sangat banyak ........................ .................................. Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan kemacetan di Jakarta terus terjadi dan sulit diatasi.

D. Analogi
Kemajuan di bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat Indonesia tidak berbeda dengan kereta api bermesin uap yang menarik puluhan gerbong dengan muat ............................................ .

E. Perbandingan
Ada perbedaan yang mencolok antara murid yang rajin dan murid yang malas. Murid yang rajin ........... Murid yang malas .......................... .

F. Generalisasi
Remaja zaman sekarang lebih mendambakan dan menghargai kebebasan. Remaja Indonesia pun tidak terlepas dari pola dan gaya hidup seperti itu. ................ .
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!