Contoh Soal Meringkas Teks Eksplanasi

loading...
1. Simaklah kutipan teks eksplanasi berikut:
Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami"). Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.
Ringkasan teks tersebut adalah . . . .
a. "Tsunami" berasal dari bahasa Jepang. "tsu" (pelabuhan) dan "nami" (gelombang), yaitu rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.
b. Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami")
c. Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang berasal dari bahasa Jepang.
d. Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar

2. Simaklah kutipan teks eksplanasi berikut:
Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan. Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
Ringkasan teks tersebut adalah . . . .
a. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat menimbulkan tenaga gelombang yang mengalir deras ke daratan yang sangat berbahaya bagi manusia.
b. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan tenaga gelombang yang mengalir deras ke daratan, Gelombang inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
c. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar patahan yang terjadi, semakin besar gelombang yang di hasilkan. Gelombang inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
d. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut menimbulkan patahan dan tenaga gelombang yang sangat berbahaya bagi manusia.

3. Simaklah kutipan teks eksplanasi berikut:
Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelombang besar yang membanjiri daratan. Gelombang ini ketika mengenai pemukiman manusia akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang, korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
Ringkasan teks tersebut adalah . . . .
a. Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia seperti mengenai pemukiman dan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang, korban jiwa yang terjadi karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
b. Tsunami selalu membawa korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami.
c. Tsunami selalu membawa kerusakan besar. Gelombangnya yang besar bergerak membanjiri daratan dan ketika mengenai pemukiman manusia, akan menyeret apa saja yang dilaluinya seperti benda-benda dan lumpur. Inilah yang kadang menjadi penyebab manusia sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
d. Tsunami disebabkan oleh gelombang besar yang membanjir daratan. Gelombang ini mengenai pemukiman manusia dan korban jiwa karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.

4. Bacalah kutipan teks berikut ini!
Benarkah semua awan berada di langit? Sesungguhnya, tidak semua awan berada di langit. Ada juga awan yang menyentuh permukaan bumi. Awan yang menyentuh permukaan bumi disebut mega atau halimun.
Udara mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas dalam bentuk uap air tidak mampu ditahan jika udara yang lengas dan hangat itu menjadi dingin. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air yang memutih. Tetes-tetes air kecil yang memutih ini disebut awan.
Awan di langit didesak oleh udara. Namun, jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Kemudian, tetesan kecil itu bertambah besar kateran terdapat banyak lengas. Jika tetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi.
Awan dapat terbentuk di berbagai tingkat ketinggian di atas bumi. Jenis awan pun dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat ketinggiannya masing-masing, yaitu kelompok awan tinggi, kelompokawan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.

Ringkasan tepat berdasarkan teks eksplanasi tersebut adalah...
a. Awan tidak hanya berada di langit. Awan dapat pula berada di permukaan bumi. Awan berada di udara yang mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air kecil yang memutih. Tetes-tetes air yang memutih tersebut disebut awan. Awan di langit didesak oleh udara. Jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Awan dapat dibedakan berdasarkan tingkat ketinggiannya dari bumi.
b. Semua wwan berada di langit. Awan di langit terbentuk karena udara mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Jika jumlah uap air di langit berlebihan dapat membentuk tetes-tetes air kecil. Tetesan air tersebut disebut awan. Awan dapat dibedakan berdasarkan ketinggiannya dari bumi. Berdasarkan ketinggian dari bumi awan dapat dibedakan yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.
c. Awan adalah benda langit. Awan berasal dari uap air yang terkena tiupan angin. Jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Jika atetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi. Berdasarkan ketinggian dari bumi awan dapat dibedakan yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menenagah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.
d. Tidak semua awan menghasilkan hujan. Awan berubah menjadi hujan jika didesak oleh udara. Jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Jika tetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi. Berdasarkan ketinggian dari bumi awan dapat dibedakan yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.

Kunci : A B C
Bagikan:
ADVERTISEMENT
loading...