Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019) Film Dilan 1991 merupakan film lanjutan (sekuel) Dilan 1990 yang sukses menjadi film Indonesia kedua terlaris sepanjang masa. Tahun 2018, Dilan 1990 meraih 6,3 juta penonton.

Soal Menentukan Makna Konjungsi dalam Kutipan Teks Eksposisi

DMCA.com Protection Status
Loading...
Simak kutipan teks berikut.
Lingkungan Sekolah

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM. Selain itu, kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih. Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini dibuktikan masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.
Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disetiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada saat ini.
Akibatnya, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk dan serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan nenimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru.
Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswa memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya.

“Namun masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah” (paragraf 1). Makna dari kata penghubung (konjungsi) dari kata yang bergaris bawah tersebut adalah….
a. Hubungan argumental
b. Menyatakan hubungan kronologis (keterangan waktu)
c. Menyatakan keterangan penyerta
d. Menyatakan pertentangan/perbandingan


loading...
Demikian artikel Soal Menentukan Makna Konjungsi dalam Kutipan Teks Eksposisi. Jika ada pertanyaan, silakan beri komentar, atau via Whatsapp untuk respon cepat (gunakan ponsel). Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini. Terima kasih.
Bagikan:

Loading...
Blog Pelajaran Bahasa Indonesia
loading...