.

Contoh Soal Materi Pokok Teks Berita

Artikel Terbaru:
loading...
loading...
1. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru, Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan untuk tidak melalui jalur Puncak. Pengguna kendaraan diminta mencari jalan alternatif. Hal itu untuk menghindari kemacetan di jalur Puncak.

Teks Berita 2
Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang menuju kota Bandung dan sekitarnya tidak melalui jalur Puncak. Para pengguna kendaraan diminta melalui tol Cipularang atau lewat jalur Sukabumi.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A. Pengguna kendaraan diminta tidak melewati jalur Puncak.
B. Rencana pemberlakuan satu jalur di Puncak menjelang tahun baru.
C. Pengalihan tujuan pengguna kendaraan yang menuju Bandung.
D. Padatnya pengguna kendaraan dan rencana pengalihan pada akhir tahun

2. Teks 1
Salah satu dari dua mesin pesawat Boeing 737-800 milik Cina Airlines (Taiwan) meledak dan membakar seluruh badan pesawat di Bandara Naha, Okinawa, Jepang, Senin (20/8). Ledakan terjadi beberapa saat setelah pesawat tiba dari Taiwan. Seluruh 165 penumpang dan awak pesawat selamat.
Teks 2
Akibat mengabaikan peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika, dua kapal motor, KM Fajar Mas dan KM Mutiara Indah, Kamis dan Jumat (20/7) pekan ini, tenggelam di perairan Majene, Sulawesi Barat. Semua awak kapal selamat, namun kemarin dua nakhoda kapal motor berikut para awaknya masih dimintai keterangan oleh aparat Polres Majene. Mereka dinilai mengabaikan aspek-aspek keselamatan pelayaran.
. . . .
Persamaan berita di atas adalah . . . .
a. kecelakaan
b. pesawat meledak
c. kecelakaan transportasi
d. tenggelamnya kapal motor

3. Teks 1
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya maintenance dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi mengenai penerbangan sipil karena tidak ada sanksi tegas regulator.

Teks 2
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. “Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca. Karena itu, 70% dominan faktor manusianya, jadi tidak bisa 100% menyalahkan alat-alat yang dianggap kurang akurat,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . .
a. penyebab hilangnya pesawat Adam Air
b. jumlah korban kecelakaan pesawat
c. tiga faktor penyebab kecelakaan pesawat
d. dua faktor penyebab kecelakaan Adam Air

4. Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.

5. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.

6. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa

7. Pahami informasi berikut!
1) Peristiwa yang terjadi: unjuk rasa petani tembakau.
2) Orang yang mengalami peristiwa: para petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK, Jawa Tengah.
3) Tempat terjadinya peristiwa: Kendal
4) Waktu terjadinya peristiwa: Kamis, 22 Desember 2011
5) Penyebab terjadinya peristiwa: pemerintah kurang memperhatikan nasib petani tembakau
6) Proses terjadinya peristiwa: Para petani menutup Jalan Waleri, Kendal. Mereka menutup jalan sebagai wujud ketidakpuasan petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

Teks berita yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah . . . .
a. Hingga saat ini ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
b. Petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
c. Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa dilakukan pada Kamis (22/12/2011). Unjuk rasa dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
d. Ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, Kamis (22/12/2011), melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

8. Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.

9. Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.

10. Striker Flamengo yang juga mantan bintang Inter Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga di Eropa. Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan gemilang si Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru. “Saya tak menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah kebahagiaan dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir panjang dan membicarakannya dengan beberapa teman, “ ungkapnya.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B. Adriano dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo di Liga Brasil.
C. Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di Eropa.
D. Flamengo telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa dan Amerika.

11. Bacalah penggalan teks berita berikut !
Mendiknas M. Nuh mengatakan, pengintegrasian Unas tidak bermaksud untuk menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Akan tetapi, itu bertujuan mengintegrasikan ujian dari jenjang pendidikan SD hingga Perguruan Tinggi (PT). ”Kalau ujian SD bisa dipakai masuk SMP, terus ujian SMP bisa untuk masuk SMA, mengapa ujian SMA tidak bisa digunakan untuk masuk PT? Hanya, memang lebih ketat, ”ujar Nuh di Depdiknas kemarin. Karena itu, dia meminta PTN merumuskan ujian tersebut.
Simpulan penggalan teks berita di atas adalah...
a. Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri akan di hapus
b. Tidak ada rencana untuk menyamakan teknik masuk PT dengan SMP dan SMA
C. Unas SMA bisa digunakan untuk masuk PT seperti Unas SD yang bisa digunakan untuk masuk SMP, dan unas SMP yang bisa digunakan untuk masuk SMA.
d. Ujian masuk PT akan lebih ketat lagi.

12. Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama menyambut baik Cina untuk bertemu dengan utusannya. Dalai Lama juga mengatakan, kedua belah pihak memang perlu berbicara serius mengenai bagaimana pemecahan masalah yang telah memicu kerusuhan di Tibet bulan lalu.
Sumber : Kompas, 28 April 2008
Simpulan dari teks berita di atas adalah ...
a. Dalai Lama adalah pemimpin spiritual Tibet
b. Dalai Lama dan Cina telah melakukan dialog.
c. Cina merasa perlu mengajak dialog Dalai Lama.
D. Dalai Lama bersedia berunding dengan pemeritah Cina.

KUNCI JAWABAN : A C A D A D D C B B C D
Artikel Lainnya:
.