Definisi, Ciri, Tujuan, Isi, dan Struktur Teks Hasil Observasi (Teks LHO)

Artikel Terbaru:
loading...
loading...
Teks Laporan Hasil Observasi atau biasa juga disebut Teks Hasil Observasi adalah teks yang memberi penjelasan tentang sesuatu hal dari segi ilmiah. Fungsinya untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/ penelitian secara sistematis.
Informasi yang disajikan adalah fakta yang apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis sehingga dapat menjelaskan suatu hal secara terperinci dan dari sudut pandang keilmuan. Laporan hasil Observasi bisa berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep/ ekosistem tertentu.

Ciri Tujuan dan Isi Teks Hasil Observasi
Teks Hasil Observasi menjelaskan sesuatu hal dari sudut pandang ilmu secara rinci, baik definisi, klasifikasi, maupun ciri objeknya. Isinya tentang ilmu tentang suatu objek/ konsep tertentu dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

Ciri bahasa:
- Teks hasil observasi menggunakan istilah-istilah tertentu sesuai bidang ilmu
- memuat kalimat definisi dan kalimat klasifikasi
- Strukturnya terdiri atas: Difinisi umum/ gambaran umum, Deskripsi bagian, dan Simpulan.

Definisi Umum
Memuat definisi, kelas/ kelompok, keterangan umum, atau informasi tambahan tentang objek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan). Ciri bahasa Teks Laporan Hasil Observasi adalah menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu, definisi menggunakan adalah dan merupakan. Penggunaan kata yang sebagai pembeda pada kalimat definisi.

Deskripsi Bagian
Memuat perincian bagian- bagian hal yang dilaporkan. Kalau binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau tumbuhanberupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain.Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek. Ciri bahasa menggunakan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan (memerinci). Deskripsi bagian menggunakan istilah dalam bidang ilmu, kata baku, dan kalimat efektif. Kata sambung yang digunakan: yaitu, dan, selain itu, di samping itu, dari segi ...., rincian jenis kelompok pertama, kedua, dan lain-lain.

Simpulan
Memuat ringkasan umum hal yang dilaporkan (simpulan ini boleh ada dan boleh tidak ada).

loading...
Artikel Lainnya:
.